Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
72Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RPP Matematika Kelas VII - 1

RPP Matematika Kelas VII - 1

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 11,341|Likes:
Published by Nanang Siswanto
RPP Matematika SMP Kelas 7
RPP Matematika SMP Kelas 7

More info:

Published by: Nanang Siswanto on Jun 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/28/2014

pdf

text

original

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
 Nama Sekolah:SMP Negeri 6 PasuruanMata Pelajaran:MatematikaKelas : VII (Tujuh)Semester:1 (Satu)
Standar Kompetensi
:
BILANGAN
1.Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
:1.1.Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.
Alokasi Waktu
:18 jam pelajaran (9 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
a.
Peserta didik dapat memberikan contoh bilangan bulat.
 b.
Peserta didik dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
c.
Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.
d.
Peserta didik dapat menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat.
e.
Peserta didik dapat menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar  pangkat tiga bilangan bulat.
f.
Peserta didik dapat memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil.
g.
Peserta didik dapat mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
h.
Peserta didik dapat mengurutkan pecahan.
i.
Peserta didik dapat menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan pecahan dan bilangan desimal.
 j.
Peserta didik dapat menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.
k.
Peserta didik dapat menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
B.Materi Ajar
Bilangan Bulat, yaitu mengenai:
a.
Mengenal bilangan negatif.
 b.
Menjumlah, mengurang, mengali, dan membagi bilangan bulat.c.Menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat
d.
Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.e.Mengingat bilangan pecahan.f.Mengenal pecahan biasa dan campuran.g.Mengenal pecahan yang senilai.h.Mengurutkan pecahan.i.Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya. j.Mengenal persen dan permil dan bilangan desimal.k.Menyelesaikan operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.l.Menyelesaikan perpangkatan pecahan.m.Menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.n.Menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
 RPP Matematika SMP dan MTs untuk Kelas VII Jilid 1
27
 
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D.Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
Pendahuluan:-Menyampaikan tujuan pembelajaran.-Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai contoh bilangan bulat (bilangan asli/bilangan bulat positif, bilangan cacah, serta bilangankurang dari nol/bilangan bulat negatif) dan cara menentukan letak bilangan bulat dalamgaris bilangan, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut(Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 1,hal. 1-6 mengenai mengenal bilangan negatif).
 b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai contoh bilangan bulat (bilangan asli/bilangan bulat positif, bilangan cacah, serta bilangankurang dari nol/bilangan bulat negatif) dan cara menentukan letak bilangan bulat dalamgaris bilangan.
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh penggunaan bilangan bulat, misalkan untuk mencatat suhu suatu daerah yang dingin, posisi kapal selam dari permukaan laut, dsb.
d.
Peserta diminta untuk mencari contoh kegunaan lain dari bilangan negatif.
e.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket padahal. 3 mengenai penggunaan bilangan negatif terkait dengan besar suhu udara dankedalaman laut.
f.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang MelaluiLatihan“ dalam buku paket hal. 3-6 mengenai bilangan bulat (bilangan asli/bilangan bulat positif, bilangan cacah, serta bilangan kurang dari nol/bilangan bulat negatif), penentuan letak bilangan bulat dalam garis bilangan, pengurutan bilangan bulat, dan penggunaan bilangan bulat sebagai tugas individu.
g.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal dari“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 3-6.Penutup
a.
Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
 b.
Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi BerkembangMelalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 3-6 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.
Pertemuan Kedua
Pendahuluan:-Menyampaikan tujuan pembelajaran.-Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.-Membahas PR.Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai caramelakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulattermasuk operasi campuran, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikanmateri tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VIISemester 1, hal. 6-11 mengenai menjumlahkan bilangan bulat (dengan garis bilanganatau model koin), hal. 11-16 mengenai mengurangkan bilangan bulat (dengan garis
 RPP Matematika SMP dan MTs untuk Kelas VII Jilid 1
28
 
 bilangan atau model koin), hal. 16-19 mengenai mengalikan bilangan bulat, dan 19-21mengenai membagi bilangan bulat).
 b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai caramelakukan operasi penjumlahan dan pengurangan (dengan garis bilangan atau modelkoin), perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket padahal. 6-7 mengenai cara menjumlahkan bilangan bulat dengan bantuan garis bilangan,hal. 8 mengenai cara menjumlahkan bilangan bulat dengan model koin, hal. 12 dan 13 berturut-turut mengenai cara mengurangkan bilangan bulat dengan bantuan garis bilangan dan model koin.
d.
Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket hal. 7, 8 berturut-turut mengenai penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan dan model koin, dan hal. 12, 13 berturut-turut mengenai pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan dan model koin.
e.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang MelaluiLatihan“ dalam buku paket hal. 9-11 mengenai penjumlahan bilangan bulat denganmenggunakan garis bilangan dan model koin, serta sifat-sifat pada operasi penjumlahan,hal. 14-16 mengenai pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangandan model koin, serta sifat-sifat pada operasi pengurangan, juga mengenai pertanyaanterbuka, operasi campuran, dan pola bilangan, hal. 17-18 mengenai perkalian bilangan bulat dan operasi pangkatnya, dan hal. 20-21 mengenai pembagian bilangan bulat danoperasi pangkatnya, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
f.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 17mengenai hasil perkalian dua bilangan bulat yang bertanda sama dan berbeda tanda, hal.19 dan 21 mengenai sifat perkalian bilangan berpangkat pada blangan bulat, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.g.Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“ dalam buku paket hal. 19.Penutupa.Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
 b.
Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi BerkembangMelalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 9-11, 14-16, 17-18, dan 20-21 yang belumterselesaikan/dibahas di kelas.
Pertemuan Ketiga
Pendahuluan:-Menyampaikan tujuan pembelajaran.-Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.-Membahas PR.Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai caramenaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan cara menghitung kuadratdan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat, kemudianantara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 1, hal. 21-23 mengenai caramenaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan hal. 23-31 mengenai caramenghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat dengan atau tanpa kalkulator, hal. 31-33 mengenai pemecahan masalah).
 b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai caramenaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan cara menghitung kuadratdan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
 RPP Matematika SMP dan MTs untuk Kelas VII Jilid 1
29

Activity (72)

You've already reviewed this. Edit your review.
Riana Ana Situmeang added this note
10
1 thousand reads
1 hundred reads
Maria Handayani liked this
Susanti Cimuet liked this
Maulizar Moly liked this
Shafa Kamila liked this
Afny Harun liked this
Iksan Iksana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->