Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
12Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RPP+Matematika+Kelas+VII+6

RPP+Matematika+Kelas+VII+6

Ratings: (0)|Views: 2,559|Likes:
Published by Nanang Siswanto

More info:

Published by: Nanang Siswanto on Jun 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/14/2012

pdf

text

original

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
 Nama Sekolah:SMP Negeri 6 PasuruanMata Pelajaran:MatematikaKelas : VII (Tujuh)Semester:2 (Dua)
Standar Kompetensi
:
GEOMETRI
6.Memahami konsep segi empat dan segitiga sertamenentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar
:6.1.Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisidan sudutnya.
Alokasi Waktu
:2 jam pelajaran (1 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dan besar sudutnya.
B.Materi Ajar
Segitiga dan Segi Empat:- Menemukan jenis-jenis segitiga.-Menggunakan hubungan sudut dalam dan sudut luar segitiga.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D.Langkah-langkah KegiatanPertemuan Pertama
Pendahuluan:-Menyampaikan tujuan pembelajaran.-Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai jenis- jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dan besar sudutnya, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku MatematikaSMP dan MTs Kelas VII Semester 2, hal. 224-230 mengenai mengenal sudut, hal.284 mengenai menemukan jenis-jenis segitiga dan hal 285-290 mengenai menggunakanhubungan sudut dalam dan sudut luar segitiga).
 b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai satuansudut yang sering digunakan, cara mengukur besar sudut dan menggambar sudut denganmenggunakan busur derajat, mengenai jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dan besar sudutnya.
 RPP Matematika Kelas VII (SMP Negeri 29 Bekas)
82
 
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket padahal. 285-287 mengenai cara menentukan besar sudut-sudut dalam segitiga.
d.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 284mengenai pengukuran sudut-sudut serta panjang sisi segitiga, hal. 285 mengenai penentuan besar jumlah sudut dalam segitiga, hal. 286 mengenai penentuan besar jumlahsudut luar segitiga, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.e.Peserta didik mengerjakan soal “Quiz“ dalam buku paket hal. 287.
f.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang MelaluiLatihan“ hal. 287-290 mengenai jenis-jenis segitiga dan hubungan sudut dalam dansudut luar segitiga, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.Penutupa.Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
 b.
Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi BerkembangMelalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 287-290 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.
E. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :-Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 2, hal. 284-290.-Buku referensi lain.Alat :-Laptop-LCD-OHP
F. Penilaian
Indikator PencapaianTeknik PenilaianBentuk InstrumenInstrumen/ Soal
Menjelaskan jenis-jenissegitiga berdasarkansisi-sisinyadan besar sudutnya.
TestertulisTesuraian
1. Diketahui segitiga dengan besar tiap-tiapsudutnya
oo
6050
,
, dan
o
70
. Segitigaapakah itu? Jelaskan.2. Dari segitiga
PQR
diketahui sisi
 PQ = QR
.Segitiga
 PQR
merupakan segitiga ......Pasuruan,......................................Mengetahui, Guru Mata Pelajaran MatematikaKepala Sekolah _______________________NANANG SISWANTO, S.pd NIP.NIP. 198211292009041003
 RPP Matematika Kelas VII (SMP Negeri 29 Bekas)
83
 
Kompetensi Dasar
:6.2.Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi,trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang.
Alokasi Waktu
:2 jam pelajaran (1 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
a.
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belahketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya. b.Peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat segi empat ditinjau dari sisi, sudut, dandiagonalnya.
B.Materi Ajar
a.Mengingat segi empat. b.Mengidentifikasi sifat-sifat segi empat.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D.Langkah-langkah KegiatanPertemuan Pertama
Pendahuluan:-Menyampaikan tujuan pembelajaran.-Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.-Membahas PR.Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya serta mengenai sifat-sifat segi empat ditinjau dari sisi, sudut,dan diagonalnya, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut(Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 2, hal.243-250 mengenai mengenal hubungan antar sudut, hal. 250-252 mengenai menjelaskankedudukan dua garis, hal. 252-255 mengenai menggambar garis sejajar, hal. 255-256mengenai membagi garis menjadi n sama panjang, dan hal. 257-263 mengenaimenemukan sifat-sifat garis dan sudut).
 b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layangmenurut sifatnya serta mengenai sifat-sifat segi empat ditinjau dari sisi, sudut, dandiagonalnya.
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket padahal. 277 mengenai penentuan panjang sisi-sisi dan besar sudut-sudut dari sebuah jajargenjang, penentuan besar sudut-sudut tertentu dalam sebuah belah ketupat, hal. 279mengenai penentuan besar sudut-sudut tertentu dalam sebuah trapesium, dan hal 280mengenai penentuan besar sudut-sudut tertentu dalam sebuah layang-layang.
d.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal.272-273 mengenai penamaan bangun datar berdasarkan bentuk bangun datar, pengisiansifat-sifat yang terdapat pada jajargenjang, peregi, persegi panjang, dan belah ketupat,
 RPP Matematika Kelas VII (SMP Negeri 29 Bekas)
84

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->