Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
9Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Artikel Sistem Operasi (Memory)

Artikel Sistem Operasi (Memory)

Ratings: (0)|Views: 3,412|Likes:
Published by Herawati Hasan

More info:

Published by: Herawati Hasan on Jun 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/14/2012

pdf

text

original

 
TUGAS: SISTEM OPERASI `Oleh : Herawati2KA1410108959 Dosen : DR. Setia wirawan SKom
Manajemen memori yang dapat dilakukan oleh sebuah sistem operasiWindows Vista
Organisasi dan manajemen memori sangat mempengaruhi kinerja komputer. Manajemenmemori melakukan tugas penting dan kompleks berkaitan dengan hal-hal berikut :
 
Memori utama sebagai sumber daya yang harus dialokasikan dan dipakai bersamadiantara sejumlah proses yang aktif. Agar dapat memanfaatkan pemroses danfasilitas masukan/keluaran secara efisien maka diinginkan memeori dapatmenampung proses sebanyak mungkin.
 
Mengupayakan agar pemrogram atau proses tidak dibatasi oleh kapasitas memorifisik disistem computer .Manajemen Memori yang dilakukan oleh sebuah system operasi merfungsi sebagaiberikut :
 
Mengelola informasi mengenai memori yang dipakai dan tidak dipakai system.
 
Mengalokasikan memori ke proses yang memerlukan.
 
Mendealokasikan memori dari proses telah selesai menggunakan
 
Mengelola swapping anta memori utama dan hardisk.Tehnik –tehnik manajemen memori dapat digunakan untuk mengakali kapasitas memoryyang terbatas sehingga dapat dijalankan program yang ukurannya lebih besar dibandingkapasitas memori yang tersedia.
Manajemen Memori berdasarkan keberadaan swapping
Dibagi menjadi 2:1.
 
Manajemen tanpa swapping, yaitu manajemen memori tanpa kemampuan citraproses antara memori utama dan hardisks selama eksekusi.2.
 
Manajemen dengan swapping, yaitu manjemen memori dengan kemampuanmemindahkan citra proses antara memori utama dan hardisk selama eksekusi.
Manajemen Memori berdasarkan Alokasi Memori
Dibagi menjadi 2 :1.
 
Alokasi memori berurutan (Kontigu), yaitu masing-masing proses menempati satublok tunggal lokasi memori yang berurutan.
 
2.
 
Alokasi memori tidak berurutan (Non-Kontigu), yaitu program dibagimenjadi beberapa blok atau segmen. Blok-blok program ditempatkan dimemori dalam potongan-potongan tanpa perlu saling berdekatan.Tehnik ini biasa digunakan pada sistem memori
 
maya (virtual) sebagai alokasi
 
page-page dilakukan secara global.
.
 
Virtual memory
 
Virtual memory pada Windows biasa disebut sebagai swap file atau paging file.Virtual Memory ini berfungsi sebagai memory tambahan untuk mendukung kinerja RAM(Random Access Memory) itu sendiri. File swap memanfaatkan kapasitas hard disk untuk menampung file-file yang bersifat sementara. Semakin banyak Anda menggunakanaplikasi secara bersamaan, file swap yang dibutuhkan juga menjadi semakin besar danbegitu sebaliknya. Sehingga besar kecilnya virtual memory yang dibutuhkan sangattergantung dari cara pemakaian Anda. Walaupun begitu, kecepatan proses pada file swapini tidaklah secepat pada memory aslinya. Hal ini dipengaruhi karena kecepatan putarhard disk itu sendiri juga tidak secepat proses pada RAM. Umumnya kapasitas minimalyang dibutuhkan oleh virtual memory sekitar 1,5 kali dari kapasitas RAM yang Andagunakan. Sedangkan kapasitas maksimal yang dibutuhkan sekitar 2-3 kali dari kapasitasRAM Anda. Untuk memulai pengaturan, perhatikan langkah-langkah berikut ini:1.
 
Buka Control Panel, kemudian klik ganda ikon System.2.
 
Pada tampilan Control Panel, klik ganda pada System . kemudian klik Advancedsystem settings maka akan tampil jendela System Properties. Di jendela ini akanterdapat beberapa pilihan tab yang mempunyai fungsi tersendiri, untuk melihatsistem yang digunakan, nama komputer, kapasitas processor, maupun kapasitasmemori yang digunakan. Pada tab Computer Name, terdapat dua pengaturan,yaituNetwork yang berfungsi untuk membuat domain dalam suatu jaringan komputer
 
dan Change berfungsi untuk mengubah nama komputer dan workgroup. Pada tabHardware terdapat beberapa tombol pengaturan, misalnya device manager akandapatmendeteksihardware-hardware yang ada pada komputer tersebut, dan lainsebagainya. Tab System Restore berfungsi untuk mengaktifkan dan tidaknyasystem restore pada sistem operasi. Dan masih banyak tab-tab lainnya yang bisaAnda gunakan.

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mia Santana liked this
Joy Sipahutar liked this
tya imuts liked this
tya imuts liked this
brucoba liked this
anggalinoseva liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->