Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
16Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
rokok fix

rokok fix

Ratings: (0)|Views: 2,166|Likes:
Published by ika nur fajriyani

More info:

Published by: ika nur fajriyani on Jun 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/07/2012

pdf

text

original

 
KONTROVERSI ROKOK DI INDONESIABAB IPENDAHULUAN
Rokok merupakan suatu masalah yang cukup controversial di Indonesia. Negara dan beberapa aliran agama melarang adanya rokok. Sementara, masyarakatumum banyak juga yang menentang dilarangnya rokok di Indonesia. Karena merekamenganggap bahwa diri mereka membutuhkan rokok dan rokok juga memiliki segi positif. Tidak sedikit devisa negara yang dihasilkan rokok. Tidak sedikit juga tenagakerja yang diserap oleh perusahaan rokok.Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-dauntembakauyang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkanmembara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lain. Rokok biasanyadijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasankertasyang dapat dimasukkandengan mudah ke dalam kantong. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkusan- bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnyakanker paru-paruatauserangan jantung(walapun pada kenyataanya itu hanya tinggal hiasan, jarang sekali dipatuhi).Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsaIndian di Amerika, untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. Pada abad16, Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari para penjelajahEropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau keEropa. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa.Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual, di Eropaorang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Abad 17 para pedagangSpanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negaraIslam.
1
 
BAB IIPEMBAHASANA.Sejarah rokok 
Sejarah rokok dimulai saat warga asli benua Amerika (Maya, Aztec danIndian) mengisap tembakau pipa atau mengunyah tembakau sejak 1000 sebelummasehi. Tradisi membakar tembakau kemudian dimulai untuk menunjukkan persahabatan dan persaudaraan saat beberapa suku yang berbeda berkumpul, sertasebagai ritual pengobatan. Kru Columbus membawa tembakau beserta tradisimengunyak dan membakar lewat pipa ini ke “peradaban” di Inggris. Namundemikian, seorang diplomat dan petualang perancis-lah yang justru paling berperandalam menyebarkan popularitas rokok di seantero Eropa, orang ini adalah Jean Nicot,darimana istilah Nikotin (dari Nicot) berasal. Versi sejarah lain mengatakan, tradisirokok dan merokok yang lebih tua berasal dari Turki semenjak periode dinastiOttoman.Setelah permintaan tembakau meningkat di Eropa, budidaya tembakau mulaidipelajari dengan serius terutamatembakau Virginiayang ditanam di Amerika. JohnRolfe adalah orang pertama yang berhasil menanam tembakau dalam skala besar,yang kemudian diikuti oleh perdagangan dan pengiriman tembakau dari AS ke Eropa.Secara ilmiah, buku petunjuk bertanam tembakau pertama kali diterbitkan di Inggris pada tahun 1855.Di Indonesia, Haji Jamahri dari Kudus adalah orang yang pertama kalimeramu tembakau dengan cengkeh pada tahun 1880. Tujuan awal Jamahri adalahmencari obat penyakit asma yang dideritanya, namun pada akhirnya rokok racikanJamahri menjadi terkenal. Istilah Kretek adalah sebutan khas untuk menamai rokok asal Indonesia, istilah ini berasal dari bunyi rokok saat disedot yang diakibatkan olehletupan cengkeh (kretek..kretek..)
2
 
Dari anggapan sebagai obat penyembuh, lambang persahabatan dan persaudaraan, rokok kemudian berkembang menjadi simobol kejantanan pria. Hal iniditandai sejak dijadikannya rokok sebagai ransum wajib setiap prajurit saat PerangDunia Pertama.Karena fakta bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan belumterbukti, rokok pada jamannya pernah diiklankan dengan menggunakan beragammodel, dari bayi hingga dokter.Cerita roller coaster bernama rokok dalam gambar, sebuah industri yangmakin kontroversial didunia dan juga menjadi dilema bagi pemerintah Indonesia.Pernah berjaya dan sebentar lagi mungkin akan semakin tertekan karena efek yangditimbulkannya. Simbol rokok sebagai kejantanan lelaki makin menguat sejak iklanMarlboro Man. Iklan ini juga menjadi simbol kebangkitan Philip Morris sebagai produsen rokok terbesar didunia dengan bendera Marlboro. Dengan iklan ini,Marlboro mengubah image dari rokoknya perempuan menjadi rokok laki-laki sejatiIndustri rokok mulai redup sejak 1964, persatuan dokter bedah Amerikamengeluarkan pernyataan rokok mengakibatkan kanker paru-paru. Iklan rokok ditelevisi mulai dilarang sejak 1965 (Inggris) dan 1970 (Amerika). Peringatankesehatan dikemasan rokok mulai muncul sejak 1970, dan makin diperkuat dengan peringatan melalui gambar. Merokok ditempat umum mulai dilarang: 1987 – laranganmerokok di penerbangan, 1993 – larangan merokok ditempat publik mulai dikenal diAmerika dan Iggris, 1994 – McDonald untuk seluruh jaringan restorannya, 2003 – new york, london & irlandia mulai memberlakukan larangan merokok disemuatempat tertutup. Tahun 1998 eksekutif perusahaan rokok terbesar di Amerikamengeluarkan pengakuan bahwa nikotin adalah candu, tuntutan legal terhadap perusahaan rokok mengakibatkan ganti rugi yang mencapai 250 triliun dollar amerika. Pada tahun 2003 larangan iklan rokok di televisi Indonesia berlaku sejak  pukul 17.00 – 21.30. Tahun 2005 larangan merokok ditempat umum disahkan di jakarta.
B.Jenis-jenis rokok 
3

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Iyas Bersinar liked this
Roudhotul Jannah liked this
pancarianastw liked this
A Pink liked this
ayierz liked this
mamatsul liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->