Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ringkasan manusia dan kebutuhan doktrin agama

ringkasan manusia dan kebutuhan doktrin agama

Ratings: (0)|Views: 1,933|Likes:
Published by taslimdanwahyudin

More info:

Published by: taslimdanwahyudin on Jun 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/23/2012

pdf

text

original

 
MANUSIA DAN KEBUTUHAN DOKTRIN AGAMAA. Kebutuhan Manusia Terhadap Agama
Secara naluri, manusia mengakui kekuatan dalam kehidupan ini di luar dirinya.Ini dapat dilihat ketika manusia mengalami kesulitan hidup, musibah, dan berbagai bencana. Ia mengeluh dan meminta pertolongan kepada sesuatu yang serba maha, yangdapat membebaskannya dari keadaan itu. Naluriah ini membuktikan bahwa manusia perlu beragama dan membutuhkan Sang Khaliknya.Rasa takut adalah salah satu pendorong utama tumbuh suburnya rasakeberagaman. Tetapi itu merupakan benih- benih yang ditolak oleh sebagian pakar lain.Freud ahli jiwa berpendapat bahwa benih agama dari kompleks oedipus. Mula-mulaseorang anak merasakan dorongan seksual terhadap ibunya kemudian membunuhayahnya sendiri. Namun pembunuhan ini menghasilkan penyesalan diri dalam jiwa sanganak sehingga lahirlah penyembahan terhadap ruh sang ayah. Di sinilah bermula rasaagama dalam jiwa manusia. Jadi agama muncul dari rasa penyesalan seseorang. Namun bukan berarti benih agama kemudian menjadi satu-satunya alasan bahwa manusiamembutuhkan agama. Karena kebutuhan manusia terhadap agama dapat disebabkankarena masalah prinsip dasar kebutuhan manusia. Untuk menjelaskan perlunya manusiaterhadap agama sebagai kebutuhan. Ada empat faktor yang menyebabkan manusiamemerlukan agama. Yaitu:1. Faktor Kondisi Manusia2. Faktor Status Manusia3. Faktor Struktur Dasar KepribadianSelain faktor yang dimiliki manusia dalam memerlukan agama ada juga alasan mengapamanusia perlu beragama. Dalam buku yang ditulis Yatimin juga Abudin Nata bahwa adatiga alasan yang melatarbelakangi perlunya manusia terhadap agama. Yaitu:
 
1. Fitrah Manusia2. Adanya An Nafs3. Tantangan Manusia
B. Fungsi agama dalam kehidupan
Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendirian, karena ada sekian banyak kebutuhan yang tidak dapat dipenuhinya sendiri. Hidup manusia bagaikan lalulintas, masing-masing ingin selamat dan cepat sampai tujuan. Akan tetapi karenakebutuhan mereka berlainan, maka apabila tidak ada peraturan lalu lintas kehidupan, pasti akan terjadi benturan dan tabrakan. Dengan demikian manusia membutuhkan peraturan lalu lintas kehidupan, tapi siapakah yang mampu mengatur lalu lintaskehidupan itu?. Jika hanya sekelompok manusia maka ada dua kelemahan yang dimilikimanusia, yang pertama keterbatasan pengetahuan dan yang kedua adalah sifat egoismemanusia yang ingin memenuhi kepentingannya sendiri.Dengan demikian yang seharusnya mengatur kehidupan lalu lintas adalah Diayang paling mengetahui sekaligus tidak mempunyai kepentingan sedikit pun. Allah yangmenetapkan peraturan –peraturan tersebut baik secara umum yang berupa nilai-nilai,maupun secara spesifik khususnya spesifikasi itu tidak dapat dijangkau oleh penalaranmanusia. Aturan-aturan itulah yang kemudian disebut dengan agama.Fungsi agama juga sebagai pencapai tujuan luhur manusia di dunia ini. Yaitu cita-cita manusia untuk mendapatkan kesejahteraan lahir dan batin.Kemudian jika dari segi pragmatisme, seseorang menganut suatu agama adalahdisebabkan oleh fungsinya. Bagi kebanyakan orang, agama itu berfungsi untuk menjagakebahagiaan hidup. Tetapi dari segi sains sosial, fungsi agama mempunyai dimensi yanglain seperti :a. Memberi pandangan dunia kepada satu-satu budaya manusia.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nur Jannah liked this
andarusman liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->