Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
232Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Praktikum Fisika Gerak Harmonik

Laporan Praktikum Fisika Gerak Harmonik

Ratings:

1.5

(2)
|Views: 12,928 |Likes:
Published by Yasheive saadi
Laporan tentang Gerak Harmonik
Laporan tentang Gerak Harmonik

More info:

Published by: Yasheive saadi on Jun 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/18/2013

pdf

text

original

 
GERAK HARMONIK I.
 
TUJUAN
1.
 
Menganalisis hubungan antara massa benda dengan periode (T)2.
 
Mempelajari hubungan antara panjang tali () dengan periode (T)
II.
 
ALAT DAN BAHAN
1.
 
Statif 2.
 
Benang3.
 
Stopwatch4.
 
Beban ( 3 macam )5.
 
Mistar 1 meter 
III.
 
DASAR TEORI
Setiap gerak yang terjadi secara berulang dalam selang waktu yang sama disebut gerak  periodik. Karena gerak ini terjadi secara teratur maka disebut juga sebagai gerak harmonik/harmonis. Apabila suatu partikel melakukan gerak periodik pada lintasan yangsama maka geraknya disebut gerak osilasi/getaran. Bentuk yang sederhana dari gerak periodik adalah benda yang berosilasi pada ujung pegas. Karenanya kita menyebutnya gerak harmonissederhana. Banyak jenis gerak lain (osilasi dawai, roda keseimbangan arloji, atom dalammolekul, dan sebagainya) yang mirip dengan jenis gerakan ini, sehingga pada kesempatan inikita akan membahasnya secara mendetail.Dalam kehidupan sehari-hari, gerak bolak balik benda yang bergetar terjadi tidak tepatsama karena pengaruh gaya gesekan. Ketika kita memainkan gitar, senar gitar tersebut akan berhenti bergetar apabila kita menghentikan petikan. Demikian juga bandul yang berhenti berayun jika tidak digerakan secara berulang. Hal ini disebabkan karena adanya gaya gesekan.Gaya gesekan menyebabkan benda-benda tersebut berhenti berosilasi. Jenis getaran seperti inidisebut getaran harmonik teredam. Walaupun kita tidak dapat menghindari gesekan, kitadapat meniadakan efek redaman dengan menambahkan energi ke dalam sistem yang berosilasi untuk mengisi kembali energi yang hilang akibat gesekan, salah satu contohnyaadalah pegas dalam arloji yang sering kita pakai. Pada kesempatan ini kita hanya membahasgerak harmonik sederhana secara mendetail, karena dalam kehidupan sehari-hari terdapat banyak jenis gerak yang menyerupai sistem ini.
 
GERAK HARMONIS SEDERHANA
 Gerak harmonis sederhana yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalahgetaran benda pada pegas dan getaran benda pada ayunan sederhana. Kita akanmempelajarinya satu persatu.Gerak Harmonis Sederhana pada AyunanKetika beban digantungkan pada ayunan dan tidak diberikan gaya maka benda akandiam di titik kesetimbangan B. Jika beban ditarik ke titik A dan dilepaskan, maka beban akan bergerak ke B, C, lalu kembali lagi ke A. Gerakan beban akan terjadi berulang secara periodik, dengan kata lain beban pada ayunan di atas melakukan gerak harmonik sederhana.
Besaran fisika pada Gerak Harmonik Sederhana pada ayunan sederhana
 Periode (T)Benda yang bergerak harmonis sederhana pada ayunan sederhana memiliki periodealias waktu yang dibutuhkan benda untuk melakukan satu getaran secara lengkap. Bendamelakukan getaran secara lengkap apabila benda mulai bergerak dari titik di mana bendatersebut dilepaskan dan kembali lagi ke titik tersebut.Pada contoh di atas, benda mulai bergerak dari titik A lalu ke titik B, titik C dankembali lagi ke B dan A. Urutannya adalah A-B-C-B-A. Seandainya benda dilepaskan darititik C maka urutan gerakannya adalah C-B-A-B-C.
 
Jadi periode ayunan (T) adalah waktu yang diperlukan benda untuk melakukan satu getaran(disebut satu getaran jika benda bergerak dari titik di mana benda tersebut mulai bergerak dankembali lagi ke titik tersebut ). Satuan periode adalah sekon atau detik.Frekuensi (f)Selain periode, terdapat juga frekuensi alias banyaknya getaran yang dilakukan oleh benda selama satu detik. Yang dimaksudkan dengan getaran di sini adalah getaran lengkap.Satuan frekuensi adalah 1/sekon atau s-1. 1/sekon atau s-1 disebut juga hertz, menghargaiseorang fisikawan. Hertz adalah nama seorang fisikawan tempo doeloe. Silahkan baca biografinya untuk mengenal almahrum eyang Hertz lebih dekat.
Hubungan antara Periode dan Frekuensi
 Frekuensi adalah banyaknya getaran yang terjadi selama satu detik/sekon. Dengandemikian selang waktu yang dibutuhkan untuk melakukan satu getaran adalah :Selang waktu yang dibutuhkan untuk melakukan satu getaran adalah periode. Dengandemikian, secara matematis hubungan antara periode dan frekuensi adalah sebagai berikut :
Gerak Harmonis Sederhana pada Pegas
 

Activity (232)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Laliluleloha liked this
Herman Wattimena liked this
DanangAtmaja liked this
Herman Wattimena liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->