Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
36Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengaruh Olahraga Terhadap Kesehatan

Pengaruh Olahraga Terhadap Kesehatan

Ratings: (0)|Views: 4,361 |Likes:
Published by azeroth24

More info:

Published by: azeroth24 on Jun 10, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/22/2013

pdf

text

original

 
Olahraga dan Kesehatan
Kata Pengantar
 Puji dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan YME. Atas berkat-Nya lah makalah ini dapatdiselesaikan tepat pada waktunya. Topik tentang olahraga ini dipilih agar masyarakat sadar akan besarnya pengaruh dan pentingnya olahraga dalam kehidupan. Makalah ini berisi berbagai penelitian tentang olahraga dan manfaat-manfaatnya.Data-data yang dimuat dalam makalah ini berasal dari berbagai situs internet. Kelompok kami berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin data-data terbaik untuk diberikan kepada Andasemuanya. Dan jika ada kekurangan atau kesalahan di dalam isi makalah ini, kami mohon maaf.Diharapkan masyarakat sadar akan pentingnya berolahraga dan dapat meningkatkan aktifitasolahraga mereka.
Daftar Isi
 Kata Pengantar Daftar isiBab I PendahuluanA. Latar BelakangB. PermasalahanC. Tujuan PenulisanD. Metode Pengumpulan DataE. Kegunaan PenulisanBab II Manfaat OlahragaA. Jenis Olahraga dan Manfaat-manfaatnya1. Jogging2. Berenang & Aquarobik 3. Yoga4. Aerobik & Anaerobik B. Manfaat Olahraga bagi PersalinanC. Manfaat Olahraga bagi Anak-anak 1. Manfaat Olahraga bagi Pertumbuhan Anak-anak 2. Manfaat olahraga bagi Anak Penderita Kelainan JantungD. Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Secara UmumBab III PenutupA. KesimpulanB. SaranDaftar Pustaka
BAB I
 
Pendahuluan
 
A. Latar Belakang
 Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga yang harus dijaga agar kita dapat terus bertahan hidup di dunia ini. Kesehatan sangatlah penting, karena kesehatan itu tidak dapat dibelidengan uang. Kita sendirilah yang harus bertanggungjawab atas kesehatan kita. Oleh karena itu,kita harus selalu menjaga kesehatan. Salah satu cara menjaga kesehatan ialah dengan berolahragasecara teratur. Selain olahraga, pola hidup juga dapat mempengaruhi kesehatan.Olahraga merupakan kegiatan yang dilakukan sedemikian rupa sehingga jantung cukup terbebani.kesehatan.
 
 Walaupun olahraga itu penting, tetapi masih banyak orang yang belum menyadarinya. Banyak  penyakit yang bersumber dari pola hidup yang salah, seperti kurang bergerak dan berolahraga,serta kurang istirahat dan lupa makan. Orang-orang beralasan, mereka terlalu sibuk untuk  berolahraga. Padahal olahraga sangat dibutuhkan. Olahraga juga dapat menghilangkan stres.Yoga misalnya, olahraga ini dapat menimbulkan ketenangan batin. Karena itulah, dalam makalahini akan dituliskan betapa pentingnya berolahraga, agar masyarakat sadar dan merubah polahidupnya.
B. Permasalahan
 Banyak orang yang tidak sadar akan pentingnya olahraga. Namun banyak juga yang sadar, tapiada saja alasan mereka untuk tidak berolahraga. Alasannya beragam, ada yang sibuk, malas, danada juga yang bilang olahraga itu hanya membuang-buang tenaga dan waktu saja. Pemikiranseperti itu harus dihilangkan, karena hal itu salah besar. Oleh karena itu, dalam makalah ini akanditunjukkan pentingnya berolahraga.
C. Tujuan Penulisan
 Tujuan makalah ini dibuat adalah untuk memberitahu masyarakat luas akan banyaknya manfaatolahraga dan olahraga apa saja yang bemanfaat.
D. Metode Pengumpulan Data
 Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil data dari internet.
E. Kegunaan Penulisan
 Kegunaan makalah ini bagi masyarakat ialah untuk memberitahukan pada masyarakat olaharagaapa saja yang bermanfaat bagi kesehatan.
BAB II
MANFAAT OLAHRAGA
 
A. Jenis Olahraga dan Manfaat-manfaatnya
 1. Jogging
 Jogging merupakan salah satu olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan. Tidak  perlu punya keahlian khusus agar dapat melakukan jogging. Semua orang dari segala usia dapatmelakukan jogging. Oleh karena itu, jogging termasuk salah satu olahraga yang paling banyak dilakukan. Dengan melakukan jogging, banyak manfaat yang bisa diperoleh, antara lain :a) Membuat jantung kuat, dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan. b) Mempercepat sistem pencernaan dan membantu menyingkirkan masalah pencernaan.c) Menetralkan depresi.d) Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif.e) Membantu membakar lemak dan mengatasi kegemukan.f) Dapat membantu mengatasi masalah dengan selera makan.g) Mengencangkan otot kaki, paha dan punggung.h) Membuat tidur lebih nyenyak.Selain manfaat-manfaat di atas, jogging juga dapat memberikan kesenangan secara fisik maupunmental. Apabila jogging dilakukan dengan benar, kelelahan tidak akan terasa meskipun telahmenyelesaikan satu tur lebih dari yang dilakukan sebelumnya. Manfaat yang dirasakan ialahmerasa nyaman di otot selama jogging dan setelahnya.Sebelum jogging, lakukan peregangan terlebih dahulu. Dalam memulai jogging, sebaiknya bergerak dengan lambat dengan usaha kecil yang pertama dalam beberapa ratus meter untuk  pemanasan otot. Lalu perlahan-lahan tambahkan kecepatan. Kalau sudah melakukan setengahrute, tingkatkanlah kecepatan berlari sesuai kemampuan. Jika rute cukup panjang, bisamengambil dua atau tiga dorongan dengan kapasitas yang hampir penuh. Untuk jarak ratus meter terakhir lambatkan gerakan. Setelah jogging pun peregangan harus dilakukan, yakni 3-4 menitsetelah jogging berakhir.
 
Dengan melakukan jogging setiap dua hari sekali, itu sudah cukup untuk meningkatkan kondisidan daya tahan tubuh.
2
. Berenang & Aquarobik 
 Berenang merupakan salah satu olahraga air yang sangat populer bahkan sangat digemari olehsiapapun karena gerakannya hampir melibatkan hampir semua otot tubuh, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan menjaga tubuh tetap bugar.Berenang sangat baik bagi kesehatan, karena apabila kita melakukan satu gerakan saja, misalnyagaya bebas, maka hampir seluruh otot tubuh terlibat, sehingga olahraga ini sangat bermanfaat bagi mereka yang mengutamakan kesegaran jasmani.Meski begitu, jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan untuk mencegah kramotot. Selain itu, walaupun melakukan olahraga di dalam air, jangan lupa minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi yang mungkin terjadi. Tabir surya juga perlu digunakan, terutama jika berolahraga ketika sinar matahari belum tenggelam.Disamping itu, olahraga ini adalah pilihan yang tepat, sebab selain dilakukan di lingkungan yangdingin namun tetap efektif untuk membakar lemak.Pendapat keduanya adalah benar sebab, saat berenang, misalnya, tubuh harus bergerak melawanair. Berenang jarak pendek sekalipun sudah cukup melibatkan sebagian besar otot-otot tubuh,yang sama artinya dengan membakar lemak yang ada dalam tubuh. Menurut penelitian, sekitar 25% kalori bisa terbakar dengan melakukan olahraga renang.Selain itu dengan melakukan olahraga air ini, keuntungan lain yang didapat adalah berkurangnyaketegangan pada sendi-sendi. Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga di dalam air denganketinggian sebatas pinggang dapat mengurangi ketegangan sendi hingga 50%, dan 75% jikadalamnya air sebatas dada.Berenang juga baik untuk ibu hamil. Air yang menopang berat badan si ibu hamil amat bergunadi trimester terakhir kehamilan, untuk memudahkan proses persalinan kelak.Olahraga air, terutama renang juga bermanfaat sebagai terapi untuk penderita asma. Renangmembantu menguatkan otot-otot organ pernapasan, sehingga gejala asma bisa berkurang.Bagi orang yang dapat berenang maka olahraga aquarobik dapat menjadi pilihan yang tepat.Berasal dari kata aqua dan aerobik atau aerobik di dalam air. Olahraga ini merupakan salah satuolahraga kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).Olahraga ini dasarnya adalah aerobik hanya saja tempatnya berbeda yaitu di kolam renang, dimana tidak ada ekstra beban terhadap sendi-sendi, tulang dan otot yang rapuh. Kondisi air yangtanpa tekanan dapat mengeliminasi risiko cidera yang kadang bisa terjadi pada daratan.Aquarobik sangat cocok bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan persendian, cidera padatulang otot, para lansia, kelebihan berat badan dan wanita hamil. Jadi, olahraga ini cocok bagisemua orang-pemula atau mahir perenang atau yang bukan perenang.Walaupun olahraga ini juga bisa dilakukan oleh yang tidak bisa berenang, tapi bisa menimbulkanrasa tak nyaman. Oleh karena itu, lebih baik berlatih pada kolam yang dangkal sehingga lebihleluasa. Olahraga dalam air ini adalah pengalaman yang menyenangkan karena membuat badantetap dingin dan rileks, serta tetap fit.
3. Yoga
 Yoga merupakan perpaduan olahraga dengan meditasi. Peminatnya kebanyakan ialah kaumwanita. Bahkan bagi sebagian orang, yoga menjadi gaya hidup baru. Apalagi dalam perkembangannya, aktivitas yang satu ini memiliki image yang eksklusif.Kata Yoga berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti ÝOKE, atau membawa harmonisasi antara pikiran, tubuh dan jiwa. Mendisiplinkan pikiran dan tubuh, dan juga berhubungan dengan jiwaadalah tujuan utama dari gaya hidup yoga.Selain untuk membugarkan tubuh, yoga juga berfungsi sebagai media pelepasan stres. Karena ituyoga sangat cocok bagi mereka yang memiliki kesibukan, terutama pekerjaan yang mudah

Activity (36)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nenden ERnesh liked this
Husni Irchy liked this
Eric Tan Belin liked this
SabRina KhaNsa liked this
Andin Dini liked this
Endah Wahyuni liked this
Fagta Mungkinkah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->