Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
22Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Saluran Pemasaran

Saluran Pemasaran

Ratings: (0)|Views: 4,621|Likes:
Published by ophie

More info:

Published by: ophie on Jun 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/17/2013

pdf

text

original

 
I.1 Definisi Saluran Pemasaran
 Banyak produsen yang membuat suatu produk tidak menjual secaralangsung produknya kepada konsumen akhir (end user), pertimbangan biaya distribusi biasanya menjadi faktor utama perusahaan memilih tidak mendistribusikanya sendirian kekonsumen akhir terutama untuk wilayah pemasaran yang belum tercover oleh perusahaan.Diantara produsen dan konsumen ada sekelompok perantara yang menyalurkan produk diantara mereka. Perantara ini sering disebut dengan saluran pemasaran. Saluran pemsaranadalah organisasi ± organisasi yang saling tergantung yang tercakup dalam proses yangmembuat produk dan jasa menjadi tersedia untuk digunakan atau dikonsumsi olehkonsumen.
1
Perangkat ini lah yang menjadi alur lintas produk dari produsen ke konsumensetelah diproduksi.Perantara pemasaran produk ini bermacam macam dan biasanya bertigkat. Untuk tingkat pertama biasanya di tempati perwakilan wilayah yang biasanya perusahaan sendirimenanganinya. Kemuadian ada agen tunggal yang mencangkup daerah pemasaran lebihkecil. Perlu diingat agen juga merupakan perwakilan perusahaan juga karena bisa bertindak atas nama perusahaan Selanjutnya biasanya disusul oleh pedagang biasa yang menjual tidak hanya satu produk perusahaan. Di tingkat ini bisanya sudah sampai ke konsumen akhir tetapiada juga yang disalurkan ke tingkat yang lebih kecil lagi seperti warung ±warung yangkemudian bisa dipakai langsung oleh konsumen akhir.
 
Selain perantara distribusi ada satu lagi perantara penting walaupun tidak melakukan penjualan langsung namun punya andil dalam menyampaikan barang ke konsumen yaitufasilitator seperti agen iklan, distributor, bank dan lain ±lain.Keputusan memilih saluran pemasran adalah salah satu keputusan penting dalam pemasaran.Saluran pemasaran salah satu yang mementukan keputusan pemasaran yang lainnya sepertidalam hal penetapan harga produk (pricing) sangat ditentukan keputusan ini. Ketika perusahaan memilih memasarkan di toko terbatas pasti harganya pun tinggi karena ada nilaieksklusifitas. Berbeda ketika perusahaan memasarkan di toko secara massal pasti harganya pun lebih murah Perlu diingat juga saluran pemasaran tidak hanya melayani pasar tetapi jugamenciptakan pasar.
2
 I.1.1 Strategi Saluran PemasaranMenurut Kottler (2006) dalam bukunya manajemen pemasaran mengemukakan ada duastrategi yang sering digunakan perusahaan dalam mengelola saluran pemasaran terutamadalam penciptaan saluran pemasaran baru, yaitu strategi dorong dan strategi tarik. Pemakaianstrategi ini tergantung keputusan perusahaan terutama tergantung popularitas produk  perusahaan tersebut.Strategi dorong dalam pelaksanaanya adalah mencoba membujuk perantara agar maumemasarkan produknya dengan memberikan fasilitas fasilitas tertentu misal potongan yangtinggi dalam pembelian produk. Strategi ini cocok dilakukan untuk produk yang loyalitasmereknya masih rendah dan pilihan merek dilakukan ditoko. Strategi ini cocok untuk produk  baru yang mempunyai dana promosi terbatas, sehingga mencoba menggunakan salauran pemasaran yang sudah berpengalaman dalam memasarkan berbagai produk.
 
Strategi tarik dalam pelaksanaanya adalah dengan cara perusahaan membangun positioning produk melalui promosi ke konsumen seperti iklan media cetak, elektronik atau melalui eveneven. Sehingga dengan fokus kepada promosi akan membuat konsumen tertarik untuk mencoba. Permintaan konsumen terhadap produk yang diiklankan biasanya menarik banyak  perusahaan ingin menjadi agenatau salah satu saluran pemasaranya. Apabila sudah demikian perusahaan akan mempunyaidaya tawar terhadap perantara. Karena banyaknya calon agen yang mengajukan sebagai perntara produk, membuat perusahaan bisa memilih calon agen yang mempunyai cakupanwilayah pemasaran yang luas seingga produk akancepat menyebar. Jadi bedanya, strategi inidengan strategi dorong adalah permintaan menyalurkan produk berasal dari perantara sendirisebagai dampak dari permintaan konsumen terhadap produk.
I. 2. Peran Saluran Pemasaran
 Ada beberapa hal yang mendorong perusahaan membuat keputusan mendelegasikan sebagiantugas penjualanya kepada perantara. Namun perusahaan mendapatkan keuntungan darikeputusan tersebut yakni:
y
Banyak produsen tidak memiliki sumberdaya keuangan untuk melakukan pemasaranlangsung sehingga hanya bisa fokus ke produksi
y
Para produsen yang memang mendirikan saluranya sendiri sering dapat memperolehlaba yang lebih besar dengan meningkatkan investasinya dalam bisnis utamanya dari pada mengeluarkan biaya untuk pemasaran produknya
y
Dalam beberapa kasus pemasaran langsung sama sekali tidak dapat dilakukan menjualsecara eceran langsung ke konsumen

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Thantri Loyal liked this
Imedia Net liked this
Yoana Vera liked this
Marius Sandi liked this
Mul Yadi liked this
Heavient EnTetdz liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->