Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
45Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tata Tertib Siswa

Tata Tertib Siswa

Ratings: (0)|Views: 8,018|Likes:
Published by Johnson Hutagaol

More info:

Published by: Johnson Hutagaol on Jun 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/11/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan formal tempatberlangsungnya kegiatan belajar, mengajar, pengembangankreativitas, dan pendidikan untuk membentuk kepribadian, kecakapan,dan keterampilan bagi siswa sesuai dengan tujuan pendidikan. Terlaksana dan tercapainya tujuan pendidikan perlu adanya tata tertibyang mendukung dan kondusif, sehingga dapat menciptakan suasanalingkungan pendidikan yang terarah dan tertib.Sekolah yang tertib, aman, dan teratur merupakan syarat agar siswadapat belajar secara optimal. Kondisi semacam ini dapat terjadi jikadisiplin di sekolah berjalan dengan baik. Kedisiplinan siswa dapattumbuh dan berkembang jika situasi dan kondisi sekolahmendukungnya. Yang dimaksud dengan tata tertib siswa adalah peraturan yangmengatur aktivitas belajar dan pengembangan kreativitas siswa dilingkungan SMA Negeri 4 Bandung.
BAB IITUJUAN
 Tujuan dibuatnya tata tertib siswa di sekolah agar siswa :
-
Membiasakan diri hidup tertib waktu,tertib kegiatan belajar, tertib keseragaman berpakaian, tertib sikapdan berperilaku, dan tertib berorganisasi (OSIS).
-
Memahami hak dan kewajiban siswaserta larangan-larangan dan jenis sanksinya.
-
Membudayakan sikap hidup berdisiplin,sopan santun, berperilaku jujur dalam beraktivitas dan pengembangankreativitas.
-
 Terciptanya
lingkungan sekolah yangkondusif.
BAB IIITERTIB WAKTUPasal 1
Siswa wajib hadir di sekolah setiap hari efektif belajar 10 menitsebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Waktu KBM dimulai pukul07.30 s.d. 13.15.
Pasal 2
a. Siswa yang terlambat hadir lebih dari 10 menit, wajib lapor kepadaguru petugas piket dan baru diizinkan masuk kelas pada jampelajaran berikutnya setelah diberi sanksi akademis dari gurupetugas piket.b Siswa yang terlambat hadir 3 kali atau lebih dalam satu semesterakan mendapat sanksi khusus sesuai kebijakan sekolah dan
 
dikonfirmasikan kepada orang tua/wali siswa melalui pengirimansurat secara resmi dari sekolah.
Pasal 3
Siswa yang berhalangan hadir wajib menyampaikan pemberitahuantertulis atau melalui telepon yang disertai surat susulan yang sah dariorang tua/waliApabila 3 hari tidak masuk sekolah tanpa ada alasan yang jelas makaakan mendapat sanksi akademis, bahkan dapat dikembalikan kepadaorang tuanya setelah ada musyawarah dengan orang tua /walinya.
Pasal 4
Siswa yang karena sesuatu hal tidak dapat mengikuti kegiatan belajarsampai selesai waktu KBM, wajib memberi tahu kepada guru kelas,wali kelas, dan guru piket dengan membawa surat pemberitahuan dariorang tua /wali (surat atau telepon). Jika tidak demikian maka akanmendapat sanksi akademis dari sekolah.
Pasal 5
Siswa yang sakit dan tidak dapat mengikuti kegiatan belajar sampaiakhir waktu KBM, diizinkan untuk istirahat di UKS atau pulang setelahmendapat izin dari guru yang mengajar pada saat itu dan guru petugaspiket dengan membawa surat pengantar dari sekolah yang harusdikembalikan kepada petugas piket setelah ditandatangani orangtua/wali.
Pasal 6
Siswa tidak diperkenankan pulang untuk mengambil tugas/PR yangtertinggal di rumah.
Pasal 7
Siswa tidak dibenarkan berada di lingkungan sekolah setelah jambelajar intra kurikuler selesai tanpa ada kegiatan yang jelas, agar tidakmengganggu kegiatan yang sudah diprogramkan sekolah.
BAB IVTERTIB KEGIATAN BELAJARPasal 1
Setiap hari kegiatan belajar diawali dan diakhiri dengan do’a bersamasecara khusyu dan khidmat.
Pasal 2
Siswa wajib mengikuti kegiatan belajar yang diatur oleh sekolah secarasungguh-sungguh dengan bimbingan guru mata pelajaran masing-masing sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan untukmeningkatkan prestasi dan nama baik sekolah.
Pasal 3
Apabila 10 menit setelah jadwal KBM, guru mata pelajaran belumhadir atau tidak hadir, maka ketua kelas wajib melaporkan kepadaguru piket untuk mendapat petunjuk atau tugas, dan seluruh siswatetap berada di dalam kelas dengan tertib dan tidak menggangguketenangan kelas lain.
 
Pasal 4
Apabila ada kegiatan belajar di luar kelas di lingkungan sekolah siswawajib menjaga ketertiban dan ketenangan lingkungan sekolah sertatidak mengganggu kelas lain.
Pasal 5
Setiap siswa berhak memanfaatkan seluruh fasilitas belajar yang adadi lingkungan sekolah, mendapatkan pelajaran, mengikutiulangan/tes/remedial/ujian sekolah/ujian nasional, menerima hasilnyadan berkewajiban membayar SPP, DSP tepat pada waktunya,memelihara seluruh fasilitas yang ada di sekolah dan melaksanakantata tertib sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku di SMANegeri 2 Pangururan 
Pasal 6
Apabila ada fasilitas belajar yang hilang atau rusak karena kelalaianatau kecerobohan siswa, maka siswa tersebut harus bertanggung jawab dan wajib mengganti atau memperbaikinya.
Pasal 7
Siswa tidak dibenarkan jajan, makan dan minum di kantin sekolah ataudi luar sekolah atau di dalam kelas selama KBM berlangsung.
Pasal 8
Siswa tidak diperkenankan ke luar dari lokasi sekolah selama KBMberlangsung kecuali ada izin khusus dari sekolah.
Pasal 9
Apabila siswa hendak ke toilet untuk buang air kecil atau besar ketika jam pelajaran sedang berlangsung harus minta izin terlebih dahulukepada Ibu atau Bapak guru yang sedang mengajar di kelas itu.
Pasal 10
Siswa dilarang main sepak bola di lapangan upacara, kecuali padawaktu pelajaran penjaskes setelah mendapat izin dari guru penjaskesatau kepala sekolah .
Pasal 11
Siswa yang melanggar tata tertib sekolah akan mendapat sanksi yangsesuai dengan kebijakan sekolah dan selanjutnya akan dikonfirmasikankepada orang tuanya.
BAB VTERTIB KESERAGAMAN BERPAKAIANPasal 1
Siswa wajib berpakaian seragam dengan ketentuan sebagai berikut :
Kemeja putih dengan satu saku di dada sebelah kiri danatribut SMA N.2 Pangururan yang lengkap.
Untuk siswa putra celana panjang berwarna abu-abu denganukuran lingkaran bagian bawah minimal 20 cm dan untuk siswa

Activity (45)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
joharialink liked this
Liaa Liudd liked this
yuyunnovita liked this
Anang Sutisna liked this
Edy Jembel liked this
Mont Beii liked this
muh-arwani-9038 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->