Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
49Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
biopros tempe

biopros tempe

Ratings: (0)|Views: 1,474 |Likes:
Published by Eko Nopianto

More info:

Published by: Eko Nopianto on Jun 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/06/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUM BIOPROSES
PRODUK TEMPE
OLEH:Eko NopiantoF34070102
2009DEPARTEMEN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIANFAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIANINSTITUT PERTANIAN BOGOR BOGOR 
I.PENDAHULUAN
 
A.Latar Belakang
Tempe merupakan makanan tradisional yang telah lama dikenal diindonesia. Makanan itu dibuat dengan cara fermentasi atau peragian.Pembuatannya merupakan industri rakyat sehingga hampir setiap orang dapatdikatakan mampu membuat tempe sendiri. Fermentasi merupakan kegiatanmikrobia pada bahan pangan, sehingga dihasilkan produk yang dikehendaki.Mikrobia yang umumnya terlibat dalam fermentasi adalah bakteri, khamir dankapang.Pembuatan tempe membutuhkan bahan baku kedelai. Dalam hal ini,indonesia merupakan penghasil kedelai yang cukup besar, bahkan terbesar diASEAN, meskipun begitu indonesia masih memerlukan impor kedelai.Diperkirakan separuh lebih produksi kedelai dan kedelai impor diolah menjaditempe.Tempe dibuat dari berbagai bahan, namun demikian biasa di kenal sebagaitempe oleh masyarakat pada umumnya ialah tempe yang dibuat dari kedelai.Melalui proses fermentasi, kedelai menjadi lebih enak dan meningkat nilainutrisinya. Rasa dan aroma kedelai memang berubah sama sekali setelah menjaditempe. Tempe lebih banyak diterima untuk dikonsumsi bukan saja oleh orangindonesia, tetapi juga oleh bangsa lain. Tempe yang masih baru (baik) memilikirasa dan bau yang khas dan spesifik, sehingga memudahkan saatmembandingkannya dengan tempe yang sudah rusak.
B.Tujuan
Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui dan mengamati tahapandalam proses pembuatan tempe dari mulai tahap persiapan sampai dengan tahapakhir agar diperoleh suatu produk yang bermutu dan berkualitas tinggi.
II.METODOLOGI
 
A.Alat dan Bahan
Alat-alat yang digunakan dalam praktikum pembuatan tempe adalahkompor, panci, sendok, pengaduk plastik dan daun pisang, sedangkan bahan yangdigunakan adalah kacang kedelai ragi dan air.
B.Metode
a.Membersihkan Butiran KedelaiKedelai dimasukkan dalam ember berisi air segar, setelah semua terendamair, ember diangkat dan mulutnya dimiringkan sedikit demi sedikit di atas bak untuk menuang kedelai yang terbawa aliran air. Apabila airnya habis segera diisilagi, lalu dituang lagi perlahan-lahan. Pekerjaan itu dilakukan berulang-ulangsampai kedelai yang terendam di ember habis.Dengan cara ini butiran- butiran pasir dan kotoran lain yang terbawa aliranair tetap tertinggal di ember. Kumpul kedelai yang tertampung di dalam bak adalah kedelai yang telah bersih dari buritan pasir. b.Menguliti Biji KedelaiSetiap 10 kg kedelai yang telah bersih direndam dalam air bersih selamasatu malam (12 jam) untuk memudahkan pengulitan kulit biji kedelai. Ketikadirendam, pada kulit kedelai berlangsung proses fermentasi oleh bakteri yangterdapat di dalam air, terutama oleh bakteri asam laktat. Pagi hari, air rendamandibuang. Biji kedelai dicuci dan diambil. Selanjutnya, butiran kedelai yang telahdicuci selanjutnya direbus sekitar 1 jam agar diperoleh kedelai setengah matang.Setelah di angkat dari tempat perebusan, kedelai ditiriskan, dan didinginkan. Lalu,kedelai dicuci dengan cara diinjak-injak sampai seluruh kulit bijinya terpecah.c.Merebus Biji KedelaiSetelah kedelai dikupas bersih, keping biji yang sudah tidak berkulit masih perlu direndam air bersih lagi selama 12 jam. Perendaman ini bertujuan untuk agar bau apek pada biji kedelai tersebut hilang. Setelah direndam, biji kedelaidirebus sampai matang atau lunak, lama perebusannya sekitar 30 menit. Dengan

Activity (49)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
musly_adi liked this
Megha Nama Q liked this
Furi_Yippiee_33 liked this
Desy Natalia liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->