Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
57Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
laporan PKL balai tanah 2007

laporan PKL balai tanah 2007

Ratings: (0)|Views: 5,223|Likes:
Published by reffariy

More info:

categoriesTypes, Research
Published by: reffariy on Jun 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/14/2013

pdf

text

original

 
1
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Praktik Kerja Industri
Pembangunan merupakan suatu program yang terus berjalan di negara-negara berkembang, begitu juga di Indonesia. Pembangunan bertujuan untuk mencapaikemakmuran di berbagai bidang. Salah satu pembangunan yang semakin pesat peningkatannya adalah bidang industri. Tentu saja hal ini harus didukung oleh tenagakerja yang terampil di bidangnya. Sejalan dengan meningkatnya pembangunan disektor industri maka tidak dapat dielakan lagi sekolah-sekolah kejuruan, khususnyaSekolah Menengah Analis Kimia Bogor (SMAK Bogor) harus mampu menghadapituntutan dan tantangan yang senantiasa muncul dalam kondisi seperti sekarang ini.Mengingat tuntutan dan tantangan masyarakat industri di tahun-tahun yang akandatang semakin meningkat dan bersifat padat pengetahuan dan keterampilan, maka pengembangan pendidikan menengah kejuruan khususnya rumpun kimia analisisharus difokuskan kepada kualitas lulusan. Pola pengembangan yang digunakan dalam pembinaan sistem pendidikan sangat penting.Pengetahuan dan keterampilan yang menjurus pada satu bidang pekerjaanyang diperoleh melalui pendidikan kejuruan, secara khusus memerlukan media yang bersifat melatih penerapannya dan memperjelas fungsi yang sebenarnya.
 
2Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) dilakukan pada semester terakhir sebagai syarat kelulusan. Lokasi tempat Prakerin yang menjadi sasaranadalah lembaga-lembaga penelitian, perusahaan industri yang mempunyailaboratorium kimia analisis maupun laboratorium mikrobiologi.Dengan melaksanakan Prakerin siswa dapat melihat, mempelajari, danmempraktikkan prosedur atau peralatan modern yang tidak mungkin melakukannyadi sekolah. Pelaksanaan Prakerin tidak dibatasi pada praktik laboratorium saja tetapi juga praktik pengenalan lingkungan kerja yang sesungguhnya, termasuk penerapandisiplin kerja dalam membangun kerjasama antar individu. Pada kesempatan ini siswa pun dapat belajar menyesuaikan dengan lingkungan kerja sehingga bila lulus nantiakan menjadi seorang analis kimia yang terampil, kreatif, dan berakhlak mulia.
B. Tempat Praktik Kerja Industri
Salah satu lembaga yang dapat dijadikan tempat Prakerin bagi siswaSMAKBo adalah Balai Penelitian Tanah yang memiliki alamat di Jalan Ir. H. Juanda No. 98 Bogor. Lembaga ini merupakan bagian dari Balai Besar Penelitian danPengembangan Sumber Daya Lahan Pertanian, Departemen Pertanian. Mempunyaitugas mengkoordinasi, membina, dan melaksanakan penelitian pemanfaatan lahan pertanian berdasarkan kebijakan Kepala Bidang Litbang dan Pertanian.
C.Tujuan Praktik Kerja Industri
 
3Tujuan Praktik Kerja Industri ialah :1. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa sebagai bekal kerjayang sesuai dengan program studi kimia analisis.2. Mengembangkan dan memantapkan sikap professional siswa dalamrangka memasuki lapangan kerja.3. Meningkatkan wawasan siswa pada aspek-aspek yang potensial dalamdunia kerja, antara lain : struktur organisasi, disiplin, lingkungan, dan sistemkerja.4. Meningkatkan pengetahuan siswa dalam hal penggunaan instrumentkimia analisis yang lebih modern, dibandingkan dengan fasilitas yang tersediadi sekolah.5. Memperoleh masukan dan umpan balik guna memperbaiki danmengembangkan pendidikan di Sekolah Menengah Analis Kimia.6. Memperkenalkan fungsi dan tugas seorang analis kimia (sebutan bagilulusan Sekolah Analis Kimia) kepada lembaga-lembaga penelitian dan perusahaan industri di tempat pelaksanaan Prakerin (sebagai konsumen tenagaanalis kimia).Setelah pelaksanaan Prakerin siswa wajib membuat laporan yang merupakansyarat untuk mengikuti ujian akhir pada semester VIII. Tujuan penulisan laporanadalah memantapkan pengembangan dan penerapan pelajaran sekolah di tempat prakerin, maupun mencari alternatif lain dalam pemecahan masalah analis kimia

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->