P. 1
Sistem Modulasi Analog Dan Digital

Sistem Modulasi Analog Dan Digital

Ratings: (0)|Views: 9,405 |Likes:
Published by rusdi ariawan
Sistem Modulasi Analog Dan Digital
Sistem Modulasi Analog Dan Digital

More info:

Published by: rusdi ariawan on Jun 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/06/2013

pdf

text

original

 
SISTEM MODULASI ANALOG DAN DIGITAL
DASAR SISTEM KOMUNIKASI
PUTU RUSDI ARIAWAN(0804405050)JURUSAN TEKNIK ELEKTROFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS UDAYANABUKIT JIMBARAN2010
 
PUTU RUSDI ARIAWAN
1
BAB IPENDAHULUAN1.1Latar belakang
Inovasi di dalam teknologi telekomunikasi berkembang dengan cepat danselaras dengan perkembangan karakteristik masyarakat modern yang memilikimobilitas tinggi, mencari layanan yang fleksibel, serba mudah dan memuaskandan mengejar efisiensi di segala aspek.Seiring dengan pesatnya perkembanganilmu pengetahuan dan teknologi, menyebabkan sektor–sektor industri semakinbanyak yang menggunakan fasilitas atau peralatan dengan teknologi yangcanggih guna mendapatkan hasil yangoptimal dan effisien.Aktifitas kehidupan sehari-hari banyak tergantung dari penggunaaninformasi. Bentuk-bentuk informasi adalah beraneka ragam, antara lain dalambentuk bahasa lisan, tertulis atau data tertulis/gambar. Informasi bisa diolah,disimpan dan disalurkan. Teknologi-teknologi baru telah dikembangkan untukmelakukan hal-hal tersebut. Salah satu sarana yang paling penting dalampenyaluran informasi adalah dengan mengkonversikan informasi ke dalambentuk sinyal listrik dan mentransmisikannya dalam jangkauan jarak tertentumenggunakan suatu media komunikasi.Modulasi adalah suatu proses dimana properti atau parameter darisuatu gelombang divariasikan secara proporsional terhadap gelombang yanglain. Parameter yang diubah tergantung pada besarnya modulasi yang diberikan.Proses modulasi membutuhkan dua buah sinyal yaitu sinyal pemodulasi yangderupa dinyal informasi yang dikirim, dan sinyal carrier dimana sinyal informasitersebut ditumpangkan. (Krauss, H.L, Raab, F.H. 1990)Modulasi memiliki dua macam jenis, yaitu modulasi sinyal analog danmodulasi sinyal digital. Contoh modulasi sinyal analog adalah
Frequency Modulation
(FM) dan Amplitude
Modulation
(AM). Sementara modulasi sinyaldigital antara lain
 Amplitude Shift Keying 
(ASK),
Phase Shift Keying 
(PSK), dan
Frequency Shift Keying 
(FSK).
 
PUTU RUSDI ARIAWAN
2
1.2Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas maka dapat dirumuskan masalahnya adalahbagaiamana sistem modulasi analog dan digitalserta apasaja keuntungan dankekurangan dari sistem tersebut.
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan tugas ini adalah untuk memahami sistem modulasianalog dan digital, beserta keuntungan dan kerugiannya.
1.4 Manfaat Penulisan
Manfaat dari penulisan tugasini diharapkan dapat menjadi acuan dalamperkembangan teknologi telekomunikasi khususnya teknologi modulasi dimasadepan.
1.5 Ruang Lingkup dan Batasan Masalah
Dalam penulisan tugasini permasalahan hanya dibatasi pada sistemmodulasi analog dan digital, beserta keuntungan dan kerugiannya.
1.6Sistematika Pembahasan
Pada penulisan laporan kerja praktek 1 ini sistematika pembahasandibagi menjadi beberapa bab, yaitu sebagai berikut :BAB I PENDAHULUANPada bab ini dibahas mengenai latar belakang, rumusan masalah, tujuan,manfaat, serta ruang lingkup dan batasan masalah.BAB II PEMBAHASANDalam pembahasan ini meliputi teori-teori yang berhubungan denganpermasalahanmodulasiyang dibahas serta teori-teori pendukungnyaBAB III PENUTUPBab ini berisikan kesimpulan dan saran.

Activity (215)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
myudisuhendar liked this
Salman Lubis liked this
Zulkarnaen Ahmad liked this
Faishal Fawwaz added this note
Izin me-reference ya.. Thanks
iklan_anda liked this
Aisyah Novfitri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->