Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
297Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Sistem AC Pada Mobil

Makalah Sistem AC Pada Mobil

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 28,150 |Likes:
Published by Ined_Afterlife_4560

More info:

Published by: Ined_Afterlife_4560 on Jun 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/30/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Perkembangan ilmu dan teknologi pada era sekarang sangatlah pesat dari peningkatan kemampuan, keterampilan dan profesionalisme sumber daya manusia.Berbagai usaha peningkatan telah dilakukan pada semua bidang termasuk dalam bidang otomotif. Perkembangan teknologi pada bidang otomotif berperan cukup besar terhadap kemajuan bidang-bidang lainnya. Untuk itu perlu adanya tenaga-tenaga ahli dalam bidang ini, apalagi menghadapi serbuan negara-negara produsenotomotif dengan pemasaran produk mereka memasuki era pasar bebas.Pada masa era globalisasi ini kenyamanan pada mobil sangatlah diperlukan,industri berlomba-lomba menciptakan inovasi baru untuk menambah kenyamananmobil yang mereka produksi salah satunya dengan pengaturan suhu, kelembabanudara, dan kebersihan didalam ruangan.Sistem AC dipergunakan untuk mempertahankan kondisi udara baik suhu dankelembabanya dengan cara sebagai berikut:1.Pada saat suhu ruangan tinggi AC akan menyerap panas dari lingkungan sehinggasuhu di ruangan itu akan turun dan sebaliknya saat suhu ruangan rendah AC akanmelepaskan panas ke udara sehingga suhu akan naik.2.Bersamaan dengan hal itu, kelembaban udara berkurang sehingga kelembabanudara di pertahankan pada tingkat yang nyaman.Prinsip dasar AC adalah proses penyerapan dan pelepasan panas denganmenggunakan suatu zat yang mudah menyerap (refrigerant). Kondisi refrigerant di pengaruhi oleh pengatur dan tekanan yang diberikan kepadanya.
B.Rumusan Masalah
Berdasarkan pemilihan judul di atas maka permasalahan yang diangkat dapatdirumuskan sebagai berikut:
1.
Apa saja komponen-komponen pada sistem AC mobil dan apa fungsinya?2.Bagaimana prinsip kerja sistem AC mobil?3.Apakah refrigerant itu dan apa saja persyaratan untuk refrigerant dan oli pelumas pada sistem AC mobil?4.Apakah mesin 3R itu dan bagaimana prinsip kerjanya?
1
 
5.Bagaimana cara merawat AC mobil?
C.Tujuan
Tujuan penulis menyusun makalah ini adalah sebagai berikut:1.Mengetahui dan memahami komponen-komponen pada sistem AC mobil danfungsinya.2.Mengetahui dan memahami prinsip kerja sistem AC mobil.3.Mengetahui dan memahami apa itu refrigerant dan persyaratan untuk refrigerantdan oli pelumas pada sistem AC mobil.4. Mengetahui dan memahami apa itu mesin 3R dan bagaimana prinsip kerjanya.5.Mengetahui dan memahami bagaimana cara merawat AC mobil.
D.Manfaat
Manfaat yang dapat diberikan dalam penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:1.Makalah ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang lebih tentang sistemAC mobil.2.Sebagai sumber pengetahuan dan pembelajaran untuk dapat memahami danmempelajari fungsi komponen-komponen dan prinsip kerja sistem AC mobil, persyaratan refrigerant dan pelumas yang digunakan, serta tentang mesin 3R.3.Sebagai sumber pengetahuan dan pembelajaran untuk dapat memahami danmempelajari bagaimana cara merawat AC mobil.
BAB IIPEMBAHASAN
2
 
A.Pengetahuan Dasar tentang Air Conditioner (AC)
Air Conditioner 
 
(AC) merupakan suatu perlengkapan yang memelihara danmengkondisikan kualitas udara di dalam kendaraan agar temperatur/suhu, kebersihandan kelembabannya menyenangkan serta nyaman. Apabila di dalam ruangantemperaturnya tinggi, maka panas yang diambil agar temperatur turun disebut pendinginan. Sebaliknya, ketika temperatur di dalam ruangan rendah, maka panasyang diberikan agar temperatur naik disebut pemanasan. Kebanyakan bangunan berukuran sedang dan besar, energi panas dipindahkan dengan menggunakan udara,air dan kadang-kadang refrigerant. Perpindahan energi panas ini seringkali denganmembawa energi tersebut dari suatu ruangan ke suatu penyerap kalor sentral (unitrefrigerasi) atau membawa kalor dari sumber kalor (pemanas atau ketel) ke ruangan.AC
 
 pada mobil pada umumnya terdiri dari cooler 
 
dengan pembersih embun(moisture remover) dan pengatur aliran udara.Pendingin (cooler)
 
akan mendinginkan dan mengurangi kelembaban udara didalam kendaraan sehingga dihasilkan kondisi udara yang nyaman. Prinsip dasar  pendinginan adalah proses penyerapan dan pelepasan panas suatu media denganmenggunakan zat yang mudah menguap (refrigerant). Kondisi refrigerantdipengaruhi oleh temperatur dan tekanan yang diberikan kepadanya.Prinsip pemindahan dan penyerapan panas tersebut secara sederhana dapatdicontohkan pada hal seperti berikut:1.Seseorang akan merasa dingin saat mengoleskan alkohol, alkohol tersebutmenyerap panas dan terjadi penguapan.2.Seseorang akan merasa dingin setelah berenang meskipun saat siang hari. Hal inidisebabkan air di badan menyerap panas dan menguap.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->