Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
34Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
keanekaragaman-hayati

keanekaragaman-hayati

Ratings: (0)|Views: 3,607 |Likes:
Published by Jamal

More info:

Published by: Jamal on Jun 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2013

pdf

text

original

 
KEANEKARAGAMAN HAYATI
KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI
Apabila Anda mendengar kata “Keanekaragaman”, dalam pikiran anda mungkinakan terbayang kumpulan benda yang bermacam-macam, baik ukuran, warna,bentuk, tekstur dan sebagainya. Bayangan tersebut memang tidak salah. Katakeanekaragaman memang untuk menggambarkan keadaan bermacam-macamsuatu benda, yang dapat terjadi akibat adanya perbedaan dalam hal ukuran,bentuk, tekstur ataupun jumlah.Sedangkan kata Hayatimenunjukkan sesuatu yang hidup. Jadikeanekaragaman hayati menggambarkan bermacam-macam makhluk hidup(organisme) penghuni biosfer.Keanekaragaman hayati disebut juga “Biodiversitas”. Keanekaragaman ataukeberagaman dari makhluk hidup dapat terjadi karena akibat adanya perbedaanwarna, ukuran, bentuk, jumlah, tekstur, penampilan dan sifat-sifat lainnya.Sedangkan keanekaragaman dari makhluk hidup dapat terlihat dengan adanyapersamaan ciri antara makhluk hidup. Untuk memahami konsep keseragamandan keberagaman makhluk hidup pergilah Anda ke halaman sekolah. Amatilingkungan sekitarnya! Anda akan menjumpai bermacam-macam tumbuhan danhewan. Jika Anda perhatikan tumbuhan-tumbuhan itu, maka Anda akanmenemukan tumbuhan-tumbuhan yang berbatang tinggi, misalnya: palem,mangga, beringin, kelapa. Dan yang berbatang rendah, misalnya: cabe, tomat,melati, mawar dan lain-lainnya. Ada tumbuhan yang berbatang keras, danberbatang lunak. Ada yang berdaun lebar, tetapi ada pula yang berdaun kecil,serta bunga yang berwarna-warni. Begitu pula Anda akan menemukantumbuhan-tumbuhan yang memiliki kesamaan ciri seperti: tulang daun menyiripatau sejajar, sistem perakaran tunggang atau serabut, berbiji tertutup atauterbuka, mahkota bunga berkelipatan 3 atau 5 dan lain-lain. Begitu pula padahewan-hewan yang Anda temukan, terdapat hewan-hewan yang bertubuh besarseperti kucing, sapi, kerbau, dan yang bertubuh kecil seperti semutserta kupu-kupu. Ada hewan berkaki empat, seperti kucing. Berkaki dua sepertiayam. Berkaki banyak seperti lipan dan luwing. Juga akan tampak burung yangmemiliki bulu dan bersayap.Di samping itu, Anda juga akan menemukan hewan yang hidupnya di air seperti:ikan mas, lele, ikan gurame. Dan hewan-hewan yang hidup di darat sepertikucing, burung dan lain-lain. Ada hewan yang tubuhnya ditutupi bulu sepertiburung, ayam. Ada yang bersisik seperti ikan gurame, ikan mas, dan ada pulayang berambut seperti kucing, kelinci dan lain-lain.Dari hasil pengamatan atau observasi di halaman sekolah, Anda telahmenemukan adanya keseragaman dan keberagaman pada makhluk hidup.Untuk lebih memahami uraian diatas, cobalah Anda kerjakan kegiatan praktikumberikut:
 
1. KEANEKARAGAMAN HAYATI TINGKAT GEN
Keanekaragaman hayati tidak saja terjadi antar jenis, tetapi dalam satu jenispun terdapat keanekaragaman. Adanya perbedaan warna, bentuk, dan ukurandalam satu jenis disebut variasi.Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang tingkatankeanekaragaman hayati, simak uraiannya berikut ini:
1. Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen
Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati tingkat gen? Untukmenemukan jawaban ini, cobalah amati tanaman bunga mawar. Tanaman inimemiliki bunga yang berwarna-warni, dapat berwarna merah, putih atau kuning.Atau pada tanaman mangga, keanekaragaman dapat Anda temukan antara lainpada bentuk buahnya, rasa, dan warnanya.Demikian juga pada hewan. Anda dapat membandingkan ayam kampung, ayamhutan, ayam ras, dan ayam lainnya. Anda akan melihat keanekaragaman sifatantara lain pada bentuk dan ukuran tubuh, warna bulu dan bentuk pial(jengger).
Gambar 1. Keanekaragaman gen pada ayam
Keanekaragaman warna bunga pada tanaman mawar. Bentuk, rasa, warna padabuah mangga, serta keanekaragaman sifat, warna bulu dan bentuk pial padaayam, ini semua disebabkan oleh pengaruh perangkat pembawa sifat yangdisebut dengan gen. Semua makhluk hidup dalam satu spesies/jenis memilikiperangkat dasar penyusun gen yang sama. Gen merupakan bagian kromosomyang mengendalikan ciri atau sifat suatu organisme yang bersifat diturunkan dariinduk/orang tua kepada keturunannya.Gen pada setiap individu, walaupun perangkat dasar penyusunnya sama, tetapisusunannya berbeda-beda bergantung pada masing-masing induknya. Susunanperangkat gen inilah yang menentukan ciri atau sifat suatu individu dalam satuspesies.Apa yang menyebabkan terjadinya keanekaragaman gen? Perkawinan antara duaindividu makhluk hidup sejenis merupakan salah satu penyebabnya. Keturunandari hasil perkawinan memiliki susunan perangkat gen yang berasal dari keduainduk/orang tuanya. Kombinasi susunan perangkat gen dari dua induk tersebutakan menyebabkan keanekaragaman individu dalam satu spesies berupa
 
varietas-varietas (varitas) yang terjadi secara alami atau secara buatan.Keanekaragaman yang terjadi secara alami adalah akibat adaptasi ataupenyesuaian diri setiap individu dengan lingkungan, seperti pada rambutan.Faktor lingkungan juga turut mempengaruhi sifat yang tampak (fenotip) suatuindividu di samping ditentukan oleh faktor genetiknya (genotip). Sedangkankeanekaragaman buatan dapat terjadi antara lain melalui perkawinan silang(hibridisasi), seperti pada berbagai jenis mangga.Perbedaan sifat pada jenis mangga dapat Anda amati pada tabel berikut:No.ManggaBentuk BuahRasaarima1.2.3.golekkuinigedonglonjong panjangbulat telur, besarbulat, kecilmanismanislebih manistidak wangiwangitidak wangiPada manusia juga terdapat keanekaragaman gen yang menunjukkan sifat-sifatberbeda, antara lain ukuran tubuh (besar, kecil, sedang); warna kulit (hitam,putih, sawo matang, kuning); warna mata (biru, hitam, coklat), serta bentukrambut (ikal, lurus, keriting). Cobalah perhatikan diri Anda sendiri! Ciri atau sifatapa yang Anda miliki? Sesuaikan dengan uraian di atas?
2. Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis
Dapatkah Anda membedakan antara tumbuhan kelapa aren, nipah dan pinang?Atau membedakan jenis kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang buncis,kacang kapri, dan kacang hijau? Atau Anda dapat membedakan kelompok hewanantara kucing,harimau, singa dan citah? Jika hal ini dapat Anda bedakan denganbenar, maka paling tidak sedikitnya anda telah mengetahui tentangkeanekaragaman jenis.Untuk mengetahui keanekaragaman hayati tingkat jenis pada tumbuhan atauhewan, anda dapat mengamati, antara lain ciri-ciri fisiknya. Misalnya bentuk danukuran tubuh,warna, kebiasaan hidup dan lain-lain.Contoh, dalam keluarga kacang-kacangan, antara lain; kacang tanah, kacangkapri, kacang hijau dan kacang buncis. Di antara jenis kacang-kacangan tersebutAnda dapat dengan mudah membedakannya, karena antara mereka ditemukanciri-ciri yang berbeda antara ciri satu dengan yang lainnya. Misalnya ukurantubuh atau batang (ada yang tinggi dan pendek); kebiasaan hidup (tumbuhtegak, ada yang merambat), bentuk buah dan biji, warna biji, jumlah biji, sertarasanya yang berbeda.

Activity (34)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Tiara Laneeta liked this
Helena Mew Mew liked this
IeFa Minoz liked this
Elisa Iswandono liked this
Anggia Erdienzy liked this
G-dhe R-cold liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->