Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
87Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Pembiayaan RS

Makalah Pembiayaan RS

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 5,109 |Likes:

More info:

Published by: Imania Salim Ahmad Bawazier on Jun 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/27/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1Latar Belakang
Permasalahan kesehatan di Indonesia masih sangat banyak dan sulit untuk dibenahi, yang utama adalah masalah pembiayaan. Pembiayaan kesehatan yang kuat,stabil dan berkesinambungan memegang peranan yang amat vital untuk  penyelenggaraan pelayanan kesehatan dalam rangka mencapai berbagai tujuan pentingdari pembangunan kesehatan di suatu negara diantaranya adalah pemerataan pelayanan kesehatan dan akses dan pelayanan yang berkualitas.Di Indonesia, masalah pembiayaan kesehatan masih menjadi topik aktual dalam permasalahan di bidang kesehatan. Biaya perawatan masih menjadi priotitas utama di beberapa rumah sakit dan tidak mengindahkan kondisi pasien yang datang berobat.Masalah pembiayaan ini sangat rumit dan sulit dicari penyelesaiannya.Dalam hal ini yang menjadi korban adalah masyarakat yang kurang mampuyang membutuhkan pelayanan kesehatan tetapi tidak memiliki biaya. Semakin banyak  pasien yang tidak mampu yang terpaksa tidak dapat menerima pengobatan hanyakarena tidak memiliki uang muka untuk pengobatan.Pemerintah sudah mengeluarkan beberapa kebijakan yang berkaitan dengan pemecahan masalah ini, seperti dengan mengeluarkan beberapa peraturan perundangan. Salah satunya telah disebutkan padaUU Nomor 36 Tahun 2009 tentangKesehatan telah mewajibkan fasilitas layanan kesehatan agar mendahulukan upaya penyelamatan pasien.Meskipun sudah banyak aturan dan anjuran agar fasilitas kesehatanmendahulukan pertolongan kepada pasien, namun penolakan layanan kepada pasiendengan alasan ekonomi masih kerap terjadi. Telah dijelaslkan pula dalam undang-undang bahwa rumah sakit memiliki fungsi sosial yang tidak dapat dilepaskan denganfungsi rumah sakit lainnya.
Page
1
 
Alasan klasik yang sering di utarakan rumah sakit adalah masalah biayaoperasional rumah sakit. Inilah salah satu dilema yang dihadapi rumah sakit dalammelakukan layanan kesehatan bagi warga tidak mampu. Jika melayani warga yang tak mampu membayar, tentu rumah sakit akan kehilangan penghasilan. Dan, ini akan berdampak buruk terhadap keberlangsungan operasional RS itu sendiri. Ini merupakandilema yang berat bagi rumah sakit.Program pemerintah yang dibuatpun harus dibuat sebijaksana dan seefektimungkin agar tercipta rasa adil bagi rumah sakit dan tentunya masyarakat. Sehinggatujuan pembiayaan kesehatan yang adalah tersedianya pembiayaan kesehatan dengan jumlah yang mencukupi, teralokasi secara adil dan termanfaatkan secara berhasil-gunadan berdaya-guna, untuk menjamin terselenggaranya pembangunan kesehatan gunameningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat tercapai.Dari pemaparan di atas, kami mencoba menelaah sebuah kasus yang bisadijadikan contoh kasus yang terjadi di Indonesia yang berhubungan dengan pembiayaan Rumah Sakit. Berikut ini adalah kasusnya :
Pasien Miskin dan Jaminan SosialSenin, 7 Juni 2010
Meski sudah banyak aturan dan anjuran agar fasilitas kesehatanmendahulukan pertolongan kepada pasien, namun penolakan layanankepada pasien dengan alasan ekonomi masih kerap terjadi. Kasus penolakan terhadap Elsa Ainurohmah, bayi berusia enam bulan, putri pasangan Paidi (34) dan Septi Nuraini (30) oleh RS Sari Asih, KarawaciTangerang, beberapa waktu lalu, misalnya, menambah panjang catatanhitam kasus serupa di Tanah Air.Bayi mungil itu tidak mendapatkan layanan medis semestinya karenaorangtuanya tak mampu menyanggupi uang muka Rp 10 juta yang diminta pihak rumah sakit. Akhirnya, orangtuanya memutuskan untumemindahkan Elsa ke RSU Tangerang. Namun, akibat terlambatmendapatkan layanan medis, Elsa meninggal sebelum tiba di RSUTangerang.
Page
2
 
1.2
Identifikasi Masalah
Dari paparan latar belakang diatas, kami mencoba mengidentifikasi beberapamasalah, diantaranya :1.Bagaimanakah seharusnya pembiayaan pelayanan kesehatan?
2.
Bagaimanakah standart mekanisme pembiayaan rumah sakit di Indonesia?3.Adakah undang-undang atau aturan hukum di Indonesia yang mengatur tentang pembiayaan rumah sakit?4.Bagaimanakah peranan asuransi dalam pembiayaan rumah sakit?5.Bagaimana tinjauan medikolegal, bioetika dan pandangan agama Islam dalam pembiayaan rumah sakit?
1.3Tujuan dan Manfaat
Tujuan dan manfaat dari pembuatan makalah ini, yaitu:1.Untuk memenuhi salah satu tugas kelompok dari mata kuliah BHP 62.Untuk menjawab Identifikasi masalah yang ada.3.Salah satu sarana menambah wawasan bagi mahasiswa Kedokteran Unisbakhususnya dan diharapkan dapat juga membantu masyarakat yangmembutuhkan informasi mengenai Pembiayaan Rumah Sakit ini.1.4
Metode Pembahasan
Metode pembahasan yang digunakan dalam pembentukan makalah ini yaitu denganmenjabarkan secara rinci mengenai masalah Pembiayaan Rumah Sakit. Dalam pembahasannya diawali dengan mencari data yang mendukung tentang PembiayaanRumah Sakit melalui kajian pustaka dan pencarian data di internet, kemudian setelah itumerumuskan data yang sudah didapat dan membahasnya sesuai dengan rumusan masalahyang ada.
Page
3

Activity (87)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Nur Ajizah liked this
rizky_wulandary liked this
Fa Iffah Muzmar liked this
Devi Triyadi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->