Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Translated - Edited- Peraturan Tata Tertib GMUN

Translated - Edited- Peraturan Tata Tertib GMUN

Ratings: (0)|Views: 947|Likes:

More info:

Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/05/2013

pdf

text

original

 
 
PERATURAN TATA TERTIB(RULE OF PROCEDURES)MAJELIS UMUMGLOBAL MODEL UNITED NATIONS
 
 
PERATURAN TATA TERTIB
1
 I. AGENDASESI REGULER
Agenda Sementara 
Pasal 1
Agenda sementara untuk konferensi Global Model United Nations (GMUN) disusundan disiapkan oleh Sekertaris Jenderal GMUN dan dikomunikasikan ke seluruhdelegasi sekurang-kurangnya 2 (dua) bulan sebelum konferensi dibuka.
Pasal 2
Agenda sementara Konferensi mencakup:(a) Laporan mengenai tema-tema terpilih untuk masing-masing konferensi;dan(b) Semua butir acara yang dipandang benar-benar penting oleh SekertarisJenderal GMUN untuk diajukan ke Majelis Umum GMUN.
Pengesahan Agenda 
Pasal 3
Untuk masing-masing konferensi, agenda sementara harus diserahkan ke MajelisUmum GMUN untuk disetujui selama sesi pembukaan.
II. DELEGASI
Komposisi 
Pasal 4
Delegasi suatu anggota tidak boleh lebih dari 6 (enam) perwakilan.
III. PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN
Pemilihan 
Pasal 5
Kecuali ditentukan lain oleh Majelis Umum GMUN, Majelis Umum GMUN memilihseorang Presiden dan 5 (lima) wakil Presiden sekurang-kurangnya tiga bulansebelum pembukaan Konferensi yang harus dipimpinnya. Dalam pemilihan PresidenMajelis Umum GMUN dan Wakil Presiden, hendaknya diambil pertimbangan untukmendistribusikan jabatan-jabatan ini sepanjang memungkinkan ke wilayah-wilayahberikut untuk memastikan karakter keterwakilan Komite Umum GMUN: Afrika, Asia,
1
Peraturan Tata Tertib ini mengatur simulasi Sidang Pleno Majelis GMUN dan Panitia -Panitiautamanya untuk konferensi Global Model United Nations (GMUN). Aturan-aturan ini diadaptasi dari TataTertib Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk digunakan oleh Global Model United.
 
 
Eropa Timur, Amerika Latin dan Karibia, Eropa Barat dan Negara-negara lainnya.Masa jabatan mulai berlaku sejak tanggal terpilih dan berakhir manakala pejabatbaru yang memimpin Majelis Umum GMUN dipilih untuk konferensi berikutnya.Bilamana seorang anggota Panitia UmumGMUN berhenti sebelum masa jabatannyaberakhir, pemilihan sela hendaknya diselenggarakan secara terpisah untuk memilihanggota baru untuk masa jabatan yang belum berakhir tersebut.
Pejabat Presiden 
Pasal 6
Bila Presiden berpendapat bahwa yang bersangkutan perlu tidak hadir dalam suaturapat atau bagiannya, ia harus menunjuk salah satu Wakil Presiden untukmenggantikan posisinya.
Pasal 7
Seorang wakil Presiden yang bertindak sebagai Presiden memiliki kewenangan dankewajiban yang sama dengan Presiden.
Kewenangan umum Presiden 
Pasal 8
Selain melaksanakan kewenangan yang diberikan kepadanya sesuai aturan-aturanini, Presiden menyatakan membuka dan menutup rapat pleno masing-masing sesi,memimpin diskusi dalam rapat pleno, memastikan bahwa aturan-aturan dipatuhi,memberi hak berbicara, mengajukan pertanyaan dan mengumumkan keputusan.Presiden wajib menjaga ketertiban, dan sesuai dengan aturan-aturan ini, memilikikendali penuh atas jalannya setiap persidangan dan atas terpeliharanya ketertiban.Presiden boleh, seiring berjalannya diskusi suatu butir persoalan, mengusulkan keMajelis Umum GMUN mengenai batasan waktu yang dibolehkan bagi masing-masing wakil untuk berbicara, menutup daftar pembicara atau menutup perdebatan.Presiden juga boleh mengusulkan perskorsan atau penundaan rapat atauperdebatan mengenai butir permasalahan yang sedang didiskusikan.
Pasal 9
Presiden, dalam melaksanakan fungsi / tugasnya, tetap berada di bawah otoritasMajelis Umum GMUN.
Presiden dilarang memberikan suara 
Pasal 10
Presiden atau wakil presiden yang bertindak sebagai presiden, tidak bolehmemberikan suaranya, namun menunjuk anggota delegasi yang lain untukmemberikan suaranya.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Rina Nur Azizah liked this
Rahmi Khalida liked this
Woka Aditama liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->