Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
15Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
WARGA NEGARA

WARGA NEGARA

Ratings: (0)|Views: 829 |Likes:
Published by abonss

More info:

Published by: abonss on Jun 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/02/2013

pdf

text

original

 
1
BAB 1PENDAHULUAN
1.1. Latar BelakangKetika seorang warga Indonesia bertugas keluar negeri untuk waktu yangcukup lama sehingga melahirkan keturunan di negeri lain maka status kewarganegaraan anak tersebut dapat ditentukan melalui dua asas yaitu asas ¶ius soli¶ dan asas¶ius sangunis¶ tergantung asas mana yag dipakai oleh negara yng ditempatinya.
1.2. Rumusan Masalah
 Rumusan masalah dalam makalah ini adalah menjelaskan pengertian warganegara, hak dan kewajiban warga negara, dan asas kewarganegaraan.
1.3. Tujuan
 Berdasarkan permasalahan yang dikemukakan, maka studi ini bertujuan untuk:1) Mengetahui pengertian warganegara dari berbagai sumber.2) Mengidentifikasi dampak penggunaan asas ius soli dan ius sangunis dalam penerapan memperoleh status kewarganegaraan.3) Mengetahui hak dan kewajiban warga negara.
1.4. Metodologi Penelitian
 
 
Pengertian warga negara berdasarkan UU no 12 tahun 2006 pasal 4.
 
Pengaruh asas ius soli dan ius sanguinis bagi seseorang yang lahir di negara lain.
 
C
ara mendapatkan status kewarganegaraan di Republik Indonesia, dengan metodeius soli dan ius sanguinis.
 
2
BAB IIPEMBAHASAN
 
2.1. Pengertian warga negara
2.1.1. Kewarganegaraan Republik Indonesia
Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) adalah orang yang diakui oleh UUsebagai warga negara Republik Indonesia. Kepada orang ini akan diberikan KartuTanda Penduduk, berdasarkan Kabupaten atau (khusus DKI Jakarta) Provinsi, tempatia terdaftar sebagai penduduk/warga. Kepada orang ini akan diberikan nomor identitasyang unik (Nomor Induk Kependudukan, NIK) apabila ia telah berusia 17 tahun danmencatatkan diri di kantor pemerintahan. Paspor diberikan oleh negara kepada warganegaranya sebagai bukti identitas yang bersangkutan dalam tata hukum internasional.(oleh wikipedia Indonesia).Kewarganegaraan Republik Indonesia diatur dalam
UU no. 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia
. Menurut UU ini, orang yang menjadiWarga Negara Indonesia (WNI) adalah ( dari uu kewarganegaraan 2006.html)1.
 
setiap orang yang sebelum berlakunya UU tersebut telah menjadi WNI2.
 
anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari ayah dan ibu WNI3.
 
anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ayah WNI dan ibuwarga negara asing (WNA), atau sebaliknya4.
 
anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ibu WNI dan ayahyang tidak memiliki kewarganegaraan atau hukum negara asal sang ayah tidak memberikan kewarganegaraan kepada anak tersebut5.
 
anak yang lahir dalam tenggang waktu 300 hari setelah ayahnya meninggaldunia dari perkawinan yang sah, dan ayahnya itu seorang WNI6.
 
anak yang lahir di luar perkawinan yang sah dari ibu WNI7.
 
anak yang lahir di luar perkawinan yang sah dari ibu WNA yang diakui olehseorang ayah WNI sebagai anaknya dan pengakuan itu dilakukan sebelumanak tersebut berusia 18 tahun atau belum kawin8.
 
anak yang lahir di wilayah negara Republik Indonesia yang pada waktu lahir tidak jelas status kewarganegaraan ayah dan ibunya.9.
 
anak yang baru lahir yang ditemukan di wilayah megara RepublikIndonesiaselama ayah dan ibunya tidak diketahui10.
 
anak yang lahir di wilayah negara Republik Indonesia apabila ayah dan ibunyatidak memiliki kewarganegaraan atau tidak diketahui keberadaannya11.
 
anak yang dilahirkan di luar wilayah Republik Indonesia dari ayah dan ibuWNI, yang karena ketentuan dari negara tempat anak tersebut dilahirkanmemberikan kewarganegaraan kepada anak yang bersangkutan12.
 
anak dari seorang ayah atau ibu yang telah dikabulkan permohonankewarganegaraannya, kemudian ayah atau ibunya meninggal dunia sebelummengucapkan sumpah atau menyatakan janji setia.
 
3Selain itu, diakui pula sebagai WNI bagi1.
 
anak WNI yang lahir di luar perkawinan yang sah, belum berusia 18 tahun dan belum kawin, diakui secara sah oleh ayahnya yang berkewarganegaraan asing2.
 
anak WNI yang belum berusia lima tahun, yang diangkat secara sah sebagaianak oleh WNA berdasarkan penetapan pengadilan3.
 
anak yang belum berusia 18 tahun atau belum kawin, berada dan bertempattinggal di wilayah RI, yang ayah atau ibunya memperoleh kewarganegaraanIndonesia4.
 
anak WNA yang belum berusia lima tahun yang diangkat anak secara sahmenurut penetapan pengadilan sebagai anak oleh WNI.Kewarganegaraan Indonesia juga diperoleh bagi seseorang yang termasuk dalam situasi sebagai berikut:1.
 
Anak yang belum berusia 18 tahun atau belum kawin, berada dan bertempattinggal di wilayah Republik Indonesia, yang ayah atau ibunya memperolehkewarganegaraan Indonesia2.
 
Anak warga negara asing yang belum berusia lima tahun yang diangkat anak secara sah menurut penetapan pengadilan sebagai anak oleh warga negaraIndonesiaDi samping perolehan status kewarganegaraan seperti tersebut di atas,dimungkinkan pula perolehan kewarganegaraan Republik Indonesia melalui proses pewarganegaraan. Warga negara asing yang kawin secara sah dengan warga negaraIndonesia dan telah tinggal di wilayah negara Republik Indonesia sedikitnya limatahun berturut-turut atau sepuluh tahun tidak berturut-turut dapat menyampaikan pernyataan menjadi warga negara di hadapan pejabat yang berwenang, asalkan tidak mengakibatkan kewarganegaraan ganda.Berbeda dari UU Kewarganegaraan terdahulu, UU Kewarganegaraan tahun2006 ini memperbolehkan dwikewarganegaraan secara terbatas, yaitu untuk anak yang berusia sampai 18 tahun dan belum kawin sampai usia tersebut. Pengaturanlebih lanjut mengenai hal ini dicantumkan pada Peraturan Pemerintah no. 2 tahun2007.
2.1.2. Hak dan kewajiban dalam UUD 1945
 Hak dan kewajiban warganegara dalam Bab X psl 26, 27, 28, & 30 tentangwarga Negara :
 
Pasal 26 ayat 1 yang menjadi warga Negara adalah orang-orang bangsaIndonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga Negara pada ayat 2, syarat ±syarat mengenaikewarganegaraan ditetapkan dgn undang-undang.
 
Pasal 27 ayat 1 bahwa segala warga Negara bersamaan kedudukan nyadidalam hukum dan pemerintahan wajib menjunjung hukum dan pemerintahanitu dengan tidak ada kecualinya. Pada ayat 2 disebutkan bahwa tiap-tiap warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

Activity (15)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Gus Nadi liked this
Apriani Aniza liked this
yudha1922 liked this
julias2121 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->