Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
16Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Refrat - Syok Dan Kehamilan

Refrat - Syok Dan Kehamilan

Ratings: (0)|Views: 634|Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Lucky Yoga -satria Natasukma on Jun 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/26/2013

pdf

text

original

 
SYOK DAN KEHAMILAN
LATAR BELAKANG
Syok adalah suatu keadaan yang membahayakan perfusi jaringan yang dapatmenyebabkan hipoksia sel. Syok disebut sebagai suatu sindrom yang diawali olehhipoperfusi akut yang nantinya akan mengarah ke hipoksia jaringan dan disfungsi organvital. Syok merupakan suatu kelainan sistemik yang mempengaruhi banyak system organ.Perfusi dapat turun secara menyeluruh maupun secara perlahan, seperti pada syok septic.Sewaktu syok, perfusi jaringan tidak dapat mencukupi kebutuhan metabolismeyang akhirnya terjadilah hipoksia sel dan kerusakan organ.Pengobatan syok pada kehamilan dibedakan dalam 2 hal penting daripada pengobatan syok pada pasien yang tidak hamil. Pertama, perubahan-perubahan fisiologisyang terjadi pada sebagian besar system organ sewaktu kehamilan. Kedua, padakehamilan melibatkan 2 pasien, ibu dan janin. Oleh karena itu diperlukan suatu penanganan obstetric yang kritis termasuk penilaian secara simultan dan manajemen yang baik untuk kedua pasien dimana masing-masing pasien memiliki keadaan fisiologis yang berbeda.
FISIOLOGI KARDIVASKULAR PADA KEHAMILAN NORMAL
Pada kehamilan terjadi perubahan yang signifikan pada system kardiovaskular,seperti perubahan pada blood volume, heart rate, stroke volume, cardiac output, dantahanan vascular sistemik. Memahami perubahan-perubahan fisiologi pada kehamilansangat penting untuk mengawasi dan menangani apabila terjadi sesuatu kelainan padawanita hamil.Volume DarahVolume darah maternal meningkat dari 25 52 % pada akhir kehamilan(Lund,1967). Volume plasma meningkat 45 – 50 %, dibandingkan dengan peningkatan20 % pada sel darah merah. Ketidakseimbangan ini menyebabkan hemodilusi atauanemia pada kehamilan, yang puncaknya terjadi pada umur kehamilan 32 minggu.
 
Peningkatan esterogen dan progesterone meningkatkan level aldosteron plasmadan aktivitas renin, hal ini menimbulkan retensi natrium dan meningkatkan jumlah cairantubuh, hipervolemia pada kehamilan. Selama kehamilan, volume darah meningkat 1 – 1,5L, jumlah level natrium meningkat menjadi 950 mEq/L, dan jumlah total cairan tubuhadalah 6 – 8 L dimana 4 L merupakan cairan ekstraseluler. Peningkatan volume darahdan cairan ekstraseluler dibutuhkan untuk mengoptimalkan sirkulasi uteroplasenta.Tekanan DarahTekanan darah baik systole maupun diastole mengalami penurunan sampai pertengahan kehamilan, hal ini berangsur-angsur akan kembali seperti nilai wanita yangtidak hamil pada akhir kehamilan (MacGillivray, 1969). Penurunan tekanan darah terjadikarena menurunnya tahanan vascular. Pada kehamilan, penilaian tekanan darah berhubungan dengan usia kehamilan. Ukuran tekanan darah 130/80 mmHg adalah normaluntuk orang biasa, tapi hal ini adalah keadaan yang abnormal pada saat usia kehamilan 28minggu, dimana seharusnya pada usia tersebut tekanan darah sekitar 110/60 mmHg.Tekanan pembuluh vena pada tungkai meningkat secara progresif selama kehamilan, inidikarenakan kompresi pada vena pelvic dan vena cava inferior oleh uterus. Peningkatantekanan vena femoralis akan kembali normal setelah melahirkan. Tekanan arteri brachialis tidak dapat menunjukkan tekanan dari arteri uterine karena tekanan arteriuterine dapat sangat rendah, sementara tekanan darah di lengan normal.Frekuensi JantungFrekuensi jantung ibu meningkat pada usia kehamilan 12 minggu; hal ini dicapaidan menetap pada 120 % dari garis dasar pada kehamilan 32 minggu. (Wilson,1980).Takikardi pada maternal terjadi karena adaptasi jantung terhadap banyaknya volumedarah dan peningkatan level serum tiroksin bebas.
 
Curah Jantung dan Isi sekuncupCurah jantung ibu meningkat 30 – 50% selama kehamilan (Lees and Taylor, et al,1967). Peningkatan ini terjadi pada kehamilan 10 minggu dan memuncak pada akhir trimester kedua. Peningkatan curah jantung sewaktu kehamilan disebabkan karenakenaikan frekuensi jantung dan isi sekuncup (stroke volume). Pada pertengahan pertamakehamilan, stroke volume meningkat karena adanya sirkulasi uteroplasenta. Pada akhir kehamilan, curah jantung ditingkatkan oleh frekuensi jantung (takikardi) (Katz, 1978).Hipotesis alternative bagi peningkatan stroke volume; kurva volume tekanan ventrikelmungkin bergeser ke kanan dikarenakan oleh dilatasi jantung secara hormonal, hal inimeningkatkan pengisian diastolic.Resistensi Vaskular Sistemik Resistensi vascular sistemik menurun dan mencapai titik terendah pada usiakehamilan 24 minggu. Dua faktor penting dalam penurunan resistensi vascular sistemik adalah dilatasi dari pembuluh darah perifer dan keberadaan sirkulasi plasenta.Pembuluh plasenta memiliki resistensi yang rendah dengan curah jantung maternal yang besar. Ukuran dan jumlah dari vena uterine meningkat selama kehamilan, dan resistensivascular uterine menurun salama kehamilan.Efek dari Sikap Tubuh Ibu terhadap Hemodinamik Aliran darah uterine meningkat dari 50 ml/menit sebelum hamil menjadi 500ml/menit saat akhir kehamilan; hal ini mewakili perubahan dari curah jantung dari 2 %(normal) menjadi 18 % sewaktu trimester III (Bieniarz, 1966 and 1968). Hipotensi dansinkop dapat terjadi bila ibu berdiri secara tiba-tiba dari posisi duduk atau pun tidur.Seorang wanita hamil yang tidur dalam posisi supinasi dapat mengalami pusing, muka pucat, takikardi, berkeringat, mual dan hipotensi. Uterus seseorang yang hamil besar akanmenekan aorta decendent dan vena cava inferior. Hal ini menimbulkan terkumpulnyadarah di tungkai, penurunan jumlah aliran darah ke jantung, penurunan curah jantung danhipotensi. Membuat posisi ibu miring ke sisi secara cepat dapat mengembalikan darahyang terkumpul kembali ke dalam sirkulasi.

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Misbahul Jannah liked this
Olive Josan-shi liked this
hestyrosalina liked this
Hadi Mappi liked this
Hadi Mappi liked this
Hadi Mappi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->