Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
50Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Referat - Hordeolum

Referat - Hordeolum

Ratings: (0)|Views: 2,128 |Likes:

More info:

Published by: Lucky Yoga -satria Natasukma on Jun 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/24/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Kelopak mata adalah bagian mata yang sangat penting. Kelopak mata melindungikornea dan berfungsi dalam pendisribusian dan eliminasi air mata. Penutupan kelopak mata berguna untuk menyalurkan air mata ke seluruh permukaan mata dan memompa air mata melalui punctum lakrimalis.Kelainan yang didapat pada kelopak mata bermacam-macam, mulai dari yang jinak sampai keganasan, proses inflamasi, infeksi mau pun masalah struktur sepertiektropion, entropion dan blepharoptosis. Untungnya, kebanyakan dari kelainan kelopamata tidak mengancam jiwa atau pun mengancam penglihatan.
1
Hordeolum adalah salah satu penyakit yang cukup sering terjadi pada kelopak mata. Secara klinis kelainan ini sering sulit dibedakan dengan kalazion akut. Hordeolummerupakan infeksi lokal atau proses peradangan pada kelopak mata. Bila kelenjar Meibom yang terkena disebut hordeolum internum, sedangkan bila kelenjar Zeiss atauMoll yang terkena maka disebut hordeolum eksternum.
2
Hordeolum biasanya menyerang pada dewasa muda, namun dapat juga terjadi pada semua umur, terutama orang-orang dengan taraf kesehatan yang kurang. Mudahtimbul pada individu yang menderita blefaritis dan konjungtivitis menahun.
3
1
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
A. ANATOMI PALPEBRA
Palpebra superior dan inferior adalah modifikasi lipatan kulit yang dapat menutupdan melindungi bola mata bagian anterior. Berkedip melindungi kornea dan konjungtivadari dehidrasi. Palpebra superior berakhir pada alis mata; palpebra inferior menyatudengan pipi.Palpebra terdiri atas lima bidang jaringan utama. Dari superfisial ke dalamterdapat lapis kulit, lapis otot rangka (orbikularis okuli), jaringan areolar, jaringan fibrosa(tarsus), dan lapis membran mukosa (konjungtiva pelpebrae).
5
1.KulitKulit pada palpebra berbeda dari kulit bagian lain tubuh karena tipis, longgar, danelastis, dengan sedikit folikel rambut, tanpa lemak subkutan.2.Muskulus Orbikularis okuliFungsi otot ini adalah untuk munutup palpebra. Serat ototnya mengelilingi fissura palpebra secara konsentris dan meluas sedikit melewati tepian orbita. Sebagianserat berjalan ke pipi dan dahi. Bagian otot yang terdapat di dalam palpebradikenal sebagai bagian pratarsal; bagian diatas septum orbitae adalah bagian praseptal. Segmen luar palpebra disebut bagian orbita. Orbikularis okulidipersarafi oleh nervus facialis.3.Jaringan AreolaTerdapat di bawah muskulus orbikularis okuli, berhubungan degan lapissubaponeurotik dari kujlit kepala.4.TarsusStruktur penyokong utama dari palpebra adalah lapis jaringan fibrosa padat yangdisebut tarsus superior dan inferior. Tarsus terdiri atas jaringan penyokongkelopak mata dengan kelenjar Meibom (40 buah di kelopak atas dan 20 buah dikelopak bawah).2
 
5.Konjungtiva PalpebraeBagian posterior palpebrae dilapisi selapis membran mukosa, konjungtiva palpebra, yang melekat erat pada tarsus.Tepian palpebra dipisahkan oleh garis kelabu (batas mukokutan) menjadi tepiananterior dan posterior. Tepian anterior terdiri dari bulu mata, glandula Zeiss dan Moll.Glandula Zeiss adalah modifikasi kelenjar sebasea kecil yang bermuara dalam folikelrambut pada dasar bulu mata. Glandula Moll adalah modifikasi kelenjar keringat yang bermuara ke dalam satu baris dekat bulu mata. Tepian posterior berkontak dengan bolamata, dan sepanjang tepian ini terdapat muara-muara kecil dari kelenjar sebasesa yangtelah dimodifikasi (glandula Meibom atau tarsal)Punktum lakrimalis terletak pada ujung medial dari tepian posterior palpebra.Punktum ini berfungsi menghantarkan air mata ke bawah melalui kanalikulus terkait kesakus lakrimalis.Fisura palpebrae adalah ruang elips di antara kedua palpebra yang dibuka. Fisuraini berakhir di kanthus medialis dan lateralis. Kanthus lateralis kira-kira 0,5 cm daritepian lateral orbita dan membentuk sudut tajam.Septum orbitale adalah fascia di belakang bagian muskularis orbikularis yangterletak di antara tepian orbita dan tarsus dan berfungsi sebagai sawar antara palpebraorbita. Septum orbitale superius menyatu dengan tendo dari levator palpebra superior dantarsus superior; septum orbitale inferius menyatu dengan tarsus inferior.
5
Retraktor palpebrae berfungsi membuka palpebra. Di palpebra superior, bagianotot rangka adalah levator palpebra superioris, yang berasal dari apeks orbita dan berjalanke depan dan bercabang menjadi sebuah aponeurosis dan bagian yang lebih dalam yangmengandung serat-serat otot polos dari muskulus Muller (tarsalis superior). Di palpebrainferior, retraktor utama adalah muskulus rektus inferior, yang menjulurkan jaringanfibrosa untuk membungkus meuskulus obliqus inferior dan berinsersio ke dalam batas bawah tarsus inferior dan orbikularis okuli. Otot polos dari retraktor palpebrae disarafioleh nervus simpatis. Levator dan muskulus rektus inferior dipasok oleh nervusokulomotoris.3

Activity (50)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Asmara Yoga liked this
Dwiky Puspita liked this
Renisa Hutahaean liked this
Herdy Susetyo liked this
Tatik Handayani liked this
bmadarja liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->