Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Jurnal Bahasa Indonesia

Tugas Jurnal Bahasa Indonesia

Ratings: (0)|Views: 435 |Likes:
Published by teknik_pendelektro

More info:

Published by: teknik_pendelektro on Jun 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/16/2013

pdf

text

original

 
.Perbandingan Hasil Belajar Sub Kompetensi Menguasai Gambar Teknik ElektronikaAntara Siswa Yang Diajar Menggunakan Alat Peraga Microsoft Power Point 2000Dengan Siswa Yang Diajar Menggunakan Alat Peraga Wallchart Di Kelas I ProgramKeahlian Teknik Elektronika Industri SMKN 39 JakartaOlehRahmat SudrajadAbstrack Penelitian ini berhubungan dengan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subkompetensi menguasai gambar teknik elektronika antara siswa yang diajar menggunakanalat peraga Microsoft power point 2000 dengan siswa yang diajar menggunakan alatperaga wallchart. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasiseluruh siswa kelas I program keahlian teknik elektronika industri SMKN 39 Jakarta.Sample penelitian ini menggunakan metode random sampling. Jumlah siswa yangdiamati adalah 62 orang, 31 siswa sebagai kelas eksperimen I yaitu proses belajarmengajar menggunakan alat peraga Microsoft power point 2000 dan 31 siswa sebagaikelas eksperimen II menggunakan alat peraga wallchart. Instrument penelitian yangdigunakan adalah test ulangan harian. Koefisien realibilitas instrument 0,914 dan rata-rataindek daya pembeda soal 0,36. uji normalitas menggunakan uji liliefors pada kelaseksperimen I didapat nilai L
0
= 0,0768 dan kelas eksperimen II L
0
= 0,1056. ujihomogenitas hasil belajar menggunakan uji Fisher. Diperoleh F
hitung
= 1,105 dengan F
0,025 (30,30)
= 0,482 dan F
0,975 (30,30)
= 2,07. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t,diperoleh t
hitung
= 3,932 dan derajat kebebasan (dk) = 60 didapat nilai t
tabel
= 1,671.Dari hasil analisis pengujian nilai rata-rata hasil belajar menggunakan alat peragaMicrosoft Power Point 2000 sebesar 7,38 dan nilai rata-rata hasil belajar menggunakanalat peraga wallchart sebesar 6,57, sehingga dapat disimpulkan hasil belajarmenggunakan alat peraga Microsoft power point 2000 lebih tinggi dari padamenggunakan alat peraga wallchart.Kata kunci : Gambar teknik elektronika, alat peraga Microsoft Power poit dan wallchartA.
 
Latar Belakang MasalahDalam kurikulum SMK edisi 2004program keahlian teknik elektronika danindustri terdapat kompetensimengoperasikan peralatan industriberbasis peralatan elektronik.Kompetensi memiliki 5 sub kompetensi,diantaranya menguasai gambar teknik elektronika yang diajarkan pada siswaSMK tingkat I program keahlian teknik elektronika industri. Dalam kompetensimenguasai gambar teknik elektronikaberdasarkan pada standar gambar teknik listrik dan elektronika perlu adanyaperubahan dalam penyajian materi selainsiswa dituntut berpikir cerdas menyajianmateri ini cenderung tidak menarik, halini karena guru sebagian besar masihmenggunakan metode ceramah danlatihan, sehingga pengaruh tersebutterhadap siswa menyebabkan nilai subkompetensi menguasai gambar teknik elektronika turun. Kualitas pembelajaransangat erat kaitanya dengan guru dalammengelola dan menjajikan ilmupengetahuan seperti yang diterangkanoleh pendapat Usman yang dikutip olehSri Rejeki “dalam menciptakan kondisibelajar mengajar sedikitnya ditentukanoleh lima variable yaitu : (1) menarik minat dan perhatian siswa, (2)melibatkan siswa secara aktif, (3)membangkitkan motivasi siswa, (4)
 
prinsip individualitas, (5) peragaandalam pengajaran.” Menurut teorikerucut pengalaman Edgar Dale, “Dale(1969) memperkirakan bahwapemerolehan hasil belajar melalui inderapandang berkisar 75%, melalui inderadengar sekitar 13% dan melalui inderalainnya sekitar 12%. Alat peraga adalahmetode dan teknik yang digunakandalam rangka mengefektifkankomunikasi dan interaksi antara gurudan siswa dalam proses pendidikan danpengajaran di sekolah. Oleh karena itubagi seorang guru meningkatkan hasilderajat siswa adalah dengan memilih alatperaga yang tepat. Berdasarkan latarbelakang masalah yang diuraikan, makaada beberapa masalah yang dapatdiidentifikasi yaitu : (1) mengapa siswasulit menyebutkan nama-nama symbolkomponen listrik dan elektronika ? (2)apa kesulitan siswa ketika menggambarsymbol beserta menentukan nama darikomponen listrik dan elektronika? (3)mengapa siswa kurang memberikanperhatian ketika guru menyampaikanmateri pelajaran? (4) upaya apa yangdilakukan oleh guru untuk meningkatkanhasil belajar sub kompetensi menguasaigambar teknik elektronika? (5) adakahperbedaan hasil belajar sub kompetensimenguasai gambar teknik elekronikaantara siswa yang diajar menggunakanalat peraga Microsoft power point 2000dan alat peraga wallchart. Penelitian inidifokuskan pada perbandingan hasilbelajar sub kompetensi menguasaigambar teknik elektronika antara siswayang diajar menggunakan alat peragaMicrosoft power point 2000 dengansiswa yang diajar menggunakan alatperaga wallchart pada kriteria kinerjaidentifikasi dan prosedur gambar teknik elektronika berdasarkan pada standargambar teknik listrik dan elektronika dikelas I program keahlian teknik elektronika SMKN 39 Jakarta.Berdasarkan identifikasi masalah danpembatasan masalah, maka dapatdirumuskan masalah sebagai berikut :apakah hasil belajar sub kompetensimenguasai gambar teknik elektronikasiswa yang diajar menggunakan alatperaga Microsoft power point 2000 lebihtinggi dari pada hasil belajarmenggunakan alat peraga wallchart.Adapun manfaat penelitian ini sebagaibahan pertimbangan untuk memilihalternative media pembelajaran bagipihak-pihak yang terkait dalam duniapendidikan khususnya guru dan calonguru sub kompetensi menguasai gambarteknik elektronika dalam proses belajarmengajar di kelas.B. Kajian Teori1.
 
BelajarBelajar adalah suatu usaha yangdilakukan secara sadar oleh seseorangindividu dalam memperolehpengetahuan, ketrampilan dan sikapyang melibatkan lingkungan sebagaitempat interaksinya sehinggamenghasilkan perubahan dalam polapikir dan tingkah laku sesuai denganyang diharapkannya menurut Yusuf Hadi Miarso ( 1984 : 25)2.
 
Sub kompetensi menguasai gambarteknik elektronikaAdalah salah satu mata diklat padaprogram keahlian teknik elektronikaindustri yang dalam hal inimengupayakan peserta didik untuk memperoleh pengetahuan danketrampilan dalam hal inimenyampaikan ide dan gagasanketeknikannya dibidang elektronikadalam bentuk bahasa yang universalsehingga individu lain mengerti akan idedan gagasan tersebut.3.
 
Media pembelajaranBriggs berpendapat bahwa mediapembelajaran adalah segala alat phisik yang dapat disajikan pesan sertamerangsang siswa untuk belajar.a.
 
Fungsi dan Manfaat MediaPembelajaranMenurut Kemp & Dayton yangdikutip oleh Azhar Arsyad tiga fungsi
 
utama media yang digunakan untuk perorangan, kelompok atau kelompok pendengar yang besar jumlahnya yaitu :(1) memotivasi minat atau tindakan (2)menyajikan informasi (3) memberikanintruksiSudjana dan Rifai dikutip oleh AzharArsyad, mengemukakan manfaat mediapembelajaran dalam proses belajarsiswa, yaitu : (1) pembelajaran akanlebih perhatian siswa sehinggamenumbuhkan motivasi belajar (2)bahan pelajaran akan lebih jelasmaknanya sehingga dapat lebihdipahami oleh siswa danmemungkinkannya menguasai danmencapai tujuan pembelajaran (3)metode mengajar akan lebih bervariasi(4) siswa dapat lebih banyak melakukankegiatan belajarb.
 
Penggolongan media pembelajaranGambar berikut menunjukkan keduapenggolongan media menurut AndersonSecara umum dapat dikatakan bahwaalat bantu pembelajaran penggunaannyadisertai dengan narasumber /guru.Sementara media pembelajaran dapatdigunakan sendiri oleh pengajar atausiswa itu sendiri.4.
 
Alat PeragaMenurut Oemar Hamalik (1986 : 2)bahwa alat peraga adalah alat, metodedan teknik yang digunakan dalam rangkamengefektifkan komunikasi daninteraksi antara guru dan siswa dalamproses pendidikan dan pengajaran disekolah.a.
 
Microsoft Power Point 2000 adalahprogram aplikasi presentasikan yangmerupakan salah satu program aplikasidibawah Microsoft office. Keuntunganprogram ini adalah tidak perlunyapembelian piranti lunak karena sudahberada dalam Microsoft office, jadipenginstalan program Microsoft officedengan sendirinya program ini akanterinstal. Sehingga waktu dan tenagalebih efisien untuk belajar Microsoftpower point dan keuntungan lainnyaadalah sederhananya tampilan icon-iconb.
 
Wallchart adalah bahan cetak,biasanya berupa bagan siklus/proses ataugrafik yang bermakna menunjukkanposisi tertentu.5.
 
Hasil belajar sub kompetensimenguasai gambar teknik elektronikaMenurut Ngalim Purwanto bahwa, “hasil belajar adalah potensi yang dapatdipergunakan dulu untuk menilai hasilpelajaran yang diberikan siswa dalamwaktu tertentu. Hasil belajar subkompetensi menguasai gambar teknik elektronika adalah perubahan tingkahlaku atau perubahan kemampuan yangberkaitan dengan kecakapan, kebiasaandan ketrampilan yang terjadi pada siswasetelah melakukan suatu kegiatan belajarsub kompetensi menguasai gambarteknik elektronika dalam satu waktutertentuKerangka BerpikirBelajar adalah proses perubahan tingkahlaku melalui interaksi dengan
MediaAlat BantuPembelajaranMedia PembelajaranProgram televisi pelajaran, filmpendidikan, program audio, programperbantu komputer atau CAIOHP, OHT, Film bingkai (slide), Foto,peta, poster, grafik, wallchart, flipchart, model, benda sebenarnya

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->