Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
109Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
perencanaan pengajaran

perencanaan pengajaran

Ratings: (0)|Views: 7,320 |Likes:
Published by Danx Zumaic Exodus

More info:

Published by: Danx Zumaic Exodus on Jun 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/27/2013

pdf

text

original

 
1
1.
 
Pengertian Perencanaan
Perencanaan adalah menyusun langkah ± langkah yang akan dlaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Perencanaan tersebut dapat disusun berdasarkankebutuhan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan keinginan pembuat perencanaan.Berkenaan dengan perencanaan, Willian H. Newman dalam bukunya
 AdministrativeTechniques of Organization and Management :
mengemukakan bahwa ³Perencanaanadalah menentukan apa yang akan dilakukan´. Perencanaan mengandung rangkaian ± rangkaian putusan yang luas dan penjelasan ± penjelasan dari tujuan, penentuankebijakan, penentuan program, penentuan metode ± metode dan prosedur tertentu dan penentuan kegiatan berdasarkan jadwal sehari ± hari.¶Terry (1993 : 17) menyatakan bahwa perencanaan adalah menetapkan pekerjaanyang harus dilaksanakan oleh kelompok untuk mencapai tujuan yang digariskan.Perencanaan mencakup kegiatan pengambil keputusan. Untuk itu diperlukan kemampuanuntuk mengadakan visualisasi dan melihat kedepan guna merumuskan suatu polatindakan untuk masa mendatang.Banghart dan Trull, (1973) mengemukakan bahwa perencanaan adalah awal darisemua proses yang rasional dan mengandung sifat optimism yang didasarkan ataskepercayaan bahwa akan dapat mengatasai berbagai macam permasalahan. Nana sudjana(2000:61) mengatakan bahwa perencanaan adalah proses yang sistematis dalam pengambilan keputusan tentang tindakan yang akan dilakukan pada waktu yang akandatang.Hal senada juga dikemukakan oleh Hadari Nawawi (1983 : 16) bahwa perencanaan berarti menyusun langkah ± langkah penyelesaian suatu masalah atau pelaksanaan suatu pekerjaan yang terarah pada pencapaian tujuan tertentu. Dalam hal ini perencanaan mencakup rangkaian kegiatan untuk menentukan tujuan umum (goal) dantujuan khusus (objektivitas) suatu organisasi atau lembaga penyelenggara pendidikan, berdasarkan dukungan informasi yang lengkap. Setelah tujuan ditetapkan proses kegiatanyang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Singkatnya, efektifitas perencanaan berkaitan dengan penyusunan rangkaian kegiatan untuk mecapai tujuan, dapat diukur dengan terpenuhinya factor kerjasama perumusan perencanaan, program kerja madrasah,dan upaya implementasi program kerja tersebut dalam mencapai tujuan.
 
2
 
Sedangkan pengajaran dapat diartikan sebagai suatu proses yang dilakukan oleh para guru dalam membimbing, membantu, dan mengarahkan peserta didik untuk memiliki pengalaman belajar. Dengan kata lain pengajaran adalah suatu cara bagaimanamempersiapkan pengalaman belajar bagi peserta didik. (Jones at. Al dalam MulyaniSumantri, 1988 : 95)Konsep perencanaan pengajaran dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, yaitu :a.
 
Perencanaan pengajaran sebagai teknologi b.
 
Perencanaan pengajaran sebagai suatu systemc.
 
Perencanaan pengajaran sebagai sebuah disiplind.
 
Perencanaan pengajaran sebagai sains (science)e.
 
Perencanaan pengajaran sebagai sebuah prosesf.
 
Perencanaan pengajaran sebagai sebuah realitas
2
.
 
D
imensi ± dimensi Perencanaan
Berbicara tentang dimensi perencanaan pengajaran yakni nerkaitan dengancakupan dan sifat ± sifat dari beberapa karakteristik yang ditemukan dalam perencanaan pengajaran. Pertimbangan terhadap dimensi ± dimensi itu menurut Harjanto (1997 : 5)memungkinkan diadakannya perencanaan komprehensif yang menalar dan efisien, yakni:a.
 
Signifikansi b.
 
Feasibilitasc.
 
Relevansid.
 
Kepastiane.
 
Ketelitianf.
 
Adaptabilitasg.
 
Waktuh.
 
Monitoringi.
 
Isi perencanaanIsi perencaan merujuk pada hal ± hal yang akan direncanakan. Perencanaan pengajaran yang baik perlu memuat :
 
3
 
a.
 
Tujuan apa yang diinginkan, atau bagaimana cara mengorganisasiaktivitas belajar dan layanan ± layanan pendukungnya b.
 
Program dan layanan, atau bagaimana cara mengorganisasi aktivitas belajar dan layanan ± layanan pendukungnyac.
 
Tenaga manusia, yakni mencakup cara mengembangkan prestasi,spesialisasi, perilaku, kompetensimaupun kepuasan mereka.d.
 
Keuangan, meliputi rencana pengeluaran dan rencana penerimaane.
 
Bangunan fisik mencakup tentang cara ± cara penggunaan pola distribusidan kaitannya dengan pengembangan psikologisf.
 
Struktur organisasi, maksudnya bagaimana cara mengorganisasi danmanajemen operasi dan pengawasan program dan aktivitas kependidikanyang direncanakan.g.
 
Konteks social atau elemen ± elemen lainnya yang perlu dipertimbangkandalam perencanaan pengajaranHidayat (1990 : 11) mengemukakan bahwa perangkat yang harus dipersiapkandalam perencanaan pembelajaran antara lain :1)
 
Memahami kurikulum2)
 
Menguasai bahan ajar 3)
 
Menyusun program pengajaran4)
 
Melaksanakan program pengajaran5)
 
Menilai program pengajaran dan hasil proses belajar mengajar yang telahdilaksanakan.

Activity (109)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Tekno Finansial liked this
yanuhi liked this
Razak Husain liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->