Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
88Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kacang Hijau.deasy

Kacang Hijau.deasy

Ratings: (0)|Views: 5,073 |Likes:
Published by Erick Bria

More info:

Published by: Erick Bria on Jun 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/03/2013

pdf

text

original

 
Kacang Hijau, Antioksidan yang Membantu Kesuburan PriaMen's Health Mon, 26 Jan 2004 14:53:00 WIBMeskipun mudah didapat dan murah harganya, kacang hijau bukan makanan murahan.Biji yang mudah tumbuh di seluruh Indonesia ini kaya zat gizi dan mengandungantioksidan. Kecambahnya dipercaya membantu menambah kesuburan bagi pria.Lebih dari 65 persen kebutuhan protein dan 80 persen kebutuhan energi dalam polamakan penduduk di negara-negara sedang berkembang, dipenuhi oleh sumber pangannabati. Pemenuhan makanan berprotein yang bersumber dari bahan hewani padaumumnya terbatas, karena harganya relatif mahal sehingga tanaman pangan masihmerupakan sumber utama energi dan protein.Kacang-kacangan merupakan komoditas yang umumnya mudah diperoleh dan harganyarelatif murah, dibandingkan pangan hewani. Kacang-kacangan sebagai bahan pangansumber energi dan protein sudah banyak dimanfaatkan oleh penduduk Asia, Afrika,Amerika Latin, dan negara-negara lainnya.Komoditas ini termasuk dalam kelas Leguminosae, yaitu merupakan tanaman dikotiledon(memiliki dua keping biji) yang kaya akan zat gizi sebagai cadangan makanan bagilembaga (embrio) selama germinasi (proses perkecambahan).Sayangnya, masyarakat luas masih menganggap bahwa kacang-kacangan adalah 'daging' bagi kaum miskin. Padahal sesungguhnya kacang-kacangan adalah sumber protein yangsangat berharga.Kacang hijau dikenal dengan beberapa nama, seperti mungo, mung bean, green bean danmung. Tanaman kacang hijau merupakan tanaman yang tumbuh hampir di seluruh tempatdi Indonesia, baik di dataran rendah hingga daerah dengan ketinggian 500 meter dari permukaan laut.Di Indonesia, kacang hijau juga memiliki beberapa nama daerah, seperti artak (Madura),kacang wilis (Bali), buwe (Flores), tibowang cadi (Makassar). Buah kacang hijaumerupakan polong bulat memanjang antara 6-15 cm. Warna buahnya hijau ketika masihmuda dan ungu tua setelah cukup tua. Di dalam setiap buah terdapat 5-10 biji kacanghijau. Biji tersebut ada yang mengkilap dan ada pula yang kusam, tergantung jenisnya.Biji kacang hijau berbentuk bulat atau lonjong, umumnya berwarna hijau, tetapi ada jugayang berwarna kuning, coklat atau berbintik-bintik hitam. Dua jenis kacang hijau yang paling terkenal adalah golden gram dan green gram. Golden gram merupakan kacanghijau yang berwarna keemasan, dalam bahasa botaninya disebut Phaseolus aureus.Sedangkan yang berwarna hijau atau green gram, disebut Phaseolus radiatus.Biji kacang hijau terdiri atas tiga bagian utama, yaitu kulit biji (10 persen), kotiledon (88 persen) dan lembaga (2 persen). Kotiledon banyak mengandung pati dan serat, sedangkanlembaga merupakan sumber protein dan lemak.
 
Dalam perdagangan kacang hijau di Indonesia hanya dikenal dua macam mutu, yaitukacang hijau biji besar dan biji kecil. Kacang hijau biji besar digunakan untuk bubur dantepung, sedangkan yang berbiji kecil digunakan untuk pembuatan taoge.Kacang hijau termasuk tanaman pangan yang sudah lama dibudidayakan secaratradisional di Indonesia. Beberapa varietas unggul kacang hijau yang telah banyak ditanam di Indonesia adalah: Bhakti (No. 116). No 129, Merak, Nuri, Manyar, Gelatik,Betet, Walet, SP 83051, Kenari, Sriti, dan lain-lain.
Pentingnya Perkecambahan
Di Indonesia, tauge sangat populer karena proses pembuatannya sangat sederhana. Proses perkecambahan dipengaruhi oleh kondisi tempat kacang dikecambahkan. Faktor-faktor lingkungan yang berpengaruh adalah: air, gas, suhu dan cahaya. Temperatur optimumuntuk perkecambahan adalah 34 derajat C.Kandungan zat gizi pada biji sebelum dikecambahkan, berada dalam bentuk tidak aktif (terikat). Setelah perkecambahan, bentuk tersebut diaktifkan sehingga meningkatkan dayacerna bagi manusia.Peningkatan zat-zat gizi pada tauge mulai tampak sekitar 24-48 jam saat perkecambahan.Melalui germinasi, nilai daya cerna kacang hijau akan meningkat, sehingga waktu pemasakan atau pengolahan menjadi lebih singkat.Pada saat perkecambahan, terjadi hidrolisis karbohidart, protein dan lemak menjadisenyawa-senyawa yang lebih sederhana sehingga mudah dicerna. Selama perkecambahan,terjadi peningkatan jumlah protein, sedangkan kadar lemaknya mengalami penurunan.Peningkatan pada vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), piridoksin, dan biotin, juga terjadi selama proses perkecambahan. Proses perkecambahan jugameningkatkan kandungan vitamin E (tokoferol) secara nyata.Vitamin E memiliki fungsi antara lain sebagai antioksidan untuk menangkal seranganradikal bebas, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit infeksi. Vitamin E juga sering dijuluki sebagai vitamin untuk meningkatkankesuburan (fertilitas), sehingga kekurangan vitamin E merupakan salah satu penyebabkemandulan.
Ragam Pemanfaatan
Di Indonesia pemanfaatan kacang hijau menurut banyaknya pemakaian bahan adalahsebagai: kecambah, bubur, makanan bayi, kue dan penganan tradisional, minuman sarikacang, tahu, soun, tepung hunkwe, sayuran dan sup. Kacang hijau juga dapat diolahmenjadi protein isolat dan tepung kacang hijau.
1. Kecambah
Cara pembuatan kecambah/tauge yang digunakan sebagai sayur adalah sebagai berikut:
 
kacang hijau direndam air selama satu malam, kemudian ditebarkan pada tempat yangmempunyai lubang dan diberi daun/kain/kertas merang sebagai substrat untuk menjagakelembaban agar kacang-kacangan tidak busuk.Setiap hari kacang disiram dengan air sebanyak 4-5 kali. Setelah satu hari germinasi akandihasilkan kecambah dengan panjang sekitar satu sentimeter, setelah dua hari akanmencapai sekitar empat sentimeter, dan setelah 3-5 hari panjangnya akan mencapai 5-7sentimeter.
2. Tepung Kecambah
Mengingat potensi gizi tauge yang cukup besar, tetapi daya tahan simpannya sangatrendah perlu upaya penyelamatan untuk memperbesar daya gunanya. Salah satu cara yangdapat dilakukan adalah dengan cara pembuatan tepung kecambah.Pembuatan tepung kecambah kedelai dapat dilakukan dengan cara mengeringkankecambah pada suhu 75oC sampai diperoleh derajat kekeringan yang tepat. Kecambahkering kemudian dilepas kulitnya, disangrai, digiling dan diayak menjadi tepung.Penambahan 10 persen tepung kecambah untuk menggantikan tepung terigu dalam pembuatan roti, dapat menghasilkan roti yang bernilai gizi lebih baik, dengan warna, baudan cita rasa yang dapat diterima oleh konsumen. Selain pada roti, tepung tauge jugadapat ditambahkan pada makanan bayi dan anak balita.
3. Tepung Kacang Hijau
Pembuatan tepung kacang hijau dilakukan dengan merendam biji di dalam air selamatujuh jam. Selanjutnya ditiriskan, dikeringkan dan disosoh. Penyosohan dapat dilakukandengan menggunakan mesin penyosoh beras.Kacang hijau tanpa kulit (dhal), selanjutnya digiling dan diayak untuk memperolehtepung kacang hijau. Tepung kacang hijau dapat digunakan untuk membuat aneka kue basah (cake), cookies dan kue tradisional (kue satu), produk bakery, kembang gula danmakaroni.
4. Makanan Tradisional 
Berbagai makanan tradisional yang menggunakan bahan baku kacang hijau adalah koci,gandasturi, kue ku, bakpia dan onde-onde. Kacang hijau direndam, ditiriskan, dicampur dengan gula, garam dan lain-lain, kemudian dibuat adonan. Adonan tersebut kemudiandiisi ke dalam adonan lain yang terbuat dari terigu atau ketan. Proses selanjutnya adalah pengukusan (koci dan kue ku), penggorengan (gandasturi dan onde-onde) atau pemanggangan (bakpia).
5. Pati Kacang Hijau (Tepung Hunkwe)
Pati kacang hijau diperoleh melalui proses ekstraksi basah, yaitu penumbukan biji supayaterbelah, perendaman dalam air selama tiga jam, penghilangan kulit, kemudian penggilingan (ekstraksi) dengan penambahan air (rasio kacang hijau : air = 1 : 3) dan

Activity (88)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ardiansyah Putra added this note
pjg buangeet
Ardiansyah Putra added this note
ljnnpnnn
Amelinda Novi liked this
Suwardi Wardi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->