Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
65Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MANAJEMEN OLAHRAGA

MANAJEMEN OLAHRAGA

Ratings: (0)|Views: 5,147 |Likes:
Published by Estu Nugroho

More info:

Published by: Estu Nugroho on Jun 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/24/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Manajemen olahraga sebenarnya telah ada sejak zaman Yunani kuno yaitu kira-kira pada 12 abad sebelum Masehi, yaitu dengan diselenggarakannya Olympiade kuno.Hal ini menunjukkan betapa pentingnya olahraga bagi kehidupan manusia. Manajemenolahraga dewasa ini belum berkembang secepat perkembangan olahraga industri ataubisnis. Hal ini disebabkan oleh karena adanya pendapat umum yang menghubungkanolahraga dengan “bermain”, sedangkan bisnis atau industri dengan “bekerja”.Dengan telah berkembangnya olahraga sehingga menjadi disiplin ilmu tersendirimaka sebagaimana manajemen juga telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, makamanajemen olahraga adalah merupakan inter dan cross disiplin antara kedua disiplinilmu tersebut.Kalau kita pinjam pengelompokan disiplin ilmu olahraga yang dibuat olehOlympic Scientific Congress di Quebec City, Canada tahun 1976, maka dikenal adanya4 kelompok, yaitu :
A.Ilmu-ilmu Biologi (Biological Science).
1.Fisiologi olahraga2.Biomekanika olahraga3.Kesehatan olahraga {Sport Medicine}4.Gizi olahraga {Sport Nutition} , dll.
B.Ilmu-ilmu perilaku manusia (Behavioral Science)
1.Pendidikan olahraga (termasuk Coaching)2.Psikologi olahraga3.Sosiologi olahraga
1
 
C.Humaniora (Humsnities)
1.Filsafat olahraga2.Sejarah olahraga3.Teologia olahraga.
D.Varia (yang berarti aga k sukar dikelompokkan)
1.Manajemen olahraga2.Infrastruktur olahraga (Sport Facilities)3.Jurnalistik olahraga (Sport Journalistic / Publisistic)4.Hukum olahraga (Sport Law) {Proceeding : Olympic Scientific Congress, Quebec City,Canada , 1976).
BAB II
2
 
PEMBAHASAN
Dalam Undang-Undang R.I. No. 3 Tahun 2005 Tentang Sistem KeolahragaanNasional, maka dikenal adanya tiga ruang lingkup olahraga [Pasal 17] yaitu :1. olahraga pendidikan2. olahraga rekreasi3. olahraga prestasi. ( U.U. R.I. No. 3 , Tahun 2005)Dari sudut pandang manajemen maka olahraga prestasi tersebut dapatdibagikan dalam dua bagian yaitu manajemen olahraga yang berada dalam lingkupgerakan olimpik (olympic movement) dan olahraga yang dikelola secaraprofesional.seperti tinju pro dan olahraga balap mobil Formula 1 dll.
A.ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN.
Dewasa ini istilah administrasi dan manajemen digunakan dalam arti yanghampir sama artinya. Ada kelompok yang senang menggunakan administrasisementara kelompok lain senang menggunakan manajemen , tentu saja masing-masing mempunyai argumentasinya sendiri-sendiri.Amerika Serikat misalnya , menamakan administrasi pemerintahannya denganPresident Obama Administration. Pemerintah R.I. juga menjalankan administrasinegara.sebagai terjemahan dari public administration. Di Amerika gelar S2 dalam bisnisdiberikan gelar MBA (Master of Business Administration)., sedangkan gelar S2 dalambidang administrasi negara diberi gelar MPA (Master of Public Administration). DiIndonesia ,Universitas Indonesia dan Gajah Mada memberikan gelar S2 dengan M.M.(Magister Manajemen). Demikian juga Uniiversitas Negeri Jakarta, program studi pascasarjana yang dulu bernama Administrasi Pendidikan (A.P.) sekarang di rubah menjadiManajemen Pendidikan (M.P.) dengan alasan yang kurang jelas.
3

Activity (65)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Eckho Maryanto liked this
Jeje Jupiter liked this
Nardi Sunardi added this note
Thanks
Bobo Veri added this note
like ...suwun
Meii Linda liked this
adambitor1713 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->