Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
39Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pendidikan Budi Pekerti Di Sekolah

Pendidikan Budi Pekerti Di Sekolah

Ratings: (0)|Views: 2,992 |Likes:

More info:

Published by: Dhira Bertahan Untuk Bae on Jun 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2013

pdf

text

original

 
TUGAS RESUME
PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH
Mata Kuliah :Dosen Pengampu :
Di Susun Oleh :
 Nama : ROKHINI Nim: 10910382Semester: VI ( Transfer )
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAMWALI SEMBILANPEKALONGAN2010
 
BAB IDASAR FILOSOFIS
Manusia adalah pribadi yang berakal budi yang dapat berfikir dan sadar akanyang dilakukan. Sebagai pribadi manusia itu bersifat rohani jasmani. Karena sifatrohaninya itu ia dapat berhubungan dengan yang ilahi dan mengarahkan hidupnya ke halyang luhur. Sedangkan sebagai makhluk jasmani ia dibatasi geraknya dengan keadaanfisiknya. Manusia yang pribadi itu ialah makhluk sosial dan berbudaya. Sebagai makhluk sosial ia hanya dapat hidup bahagia bila bersama dengan orang lain, bekerja sama denganorang lain, dan berdamai dengan orang lain.Tujuan hidup manusia adalah ingin mencapai kebahagiaan yang menyuruh,artinya kebahagiaan yang bersifat rohani, jasmani, kebahagiaan yang menyangkutkebahagiaan orang lain, kebahagiaan yang punya dimensi banyak ( Personal, Sosial,Rohani, Jasmani ) Kebahagiaan itu tercapai bila manusia berdamai dengan, alam, tuhan,dan sesamanya.Pendidikan jelas harus menyiapkan dan membantu seseorang untuk mencapaitujuan hidup sebagai manusia yang utuh itu. Pendidikan baik harus menyangkut semuasegi kemanusiaan, tidak cukup hanya pengetahuan kogritif saja. Disini lah pendidikan budi pengerti dapat menyambung segi yang lain dari pada segi kognitif saja.
 
BAB IIBUDI PEKERTIA.Arti Budi Pekerti
Menurut Edi Sedyawati dan kawan – kawan ( 1999 : 5 ) budi pekerti seringdiartikan sebagai moralitas yang mengandung pengertian antara lain adat istiadat, sopansantun dan perilaku.Sikap dan perilaku itu mengandung lima jangkauan sebagai berikut :1.Sikap dan perilaku dalam hubungan dengan Tuhan2.Sikap dan perilaku dalam hubungan dengan Diri sendiri3.Sikap dan perilaku dalam hubungan dengan Keluarga4.Sikap dan perilaku dalam hubungan dengan Masyarakat dan Bangsa5.Sikap dan perilaku dalam hubungan dengan Alam Sekitar Isi nilai budi pekerti ada banyak. Secara umum orang perlu menjaga keselarasandengan semua itu sehingga dapat mengembangkan hidup secara baik. Oleh karena isi nyasangat banyak, pendidik perlu secara bijak memilih nilai mana yang akan ditekankankepada siswanya. Sebagai patokan, pendidik dapat memilih nilai yang lebih bersifatUniversial dari pada yang lokal. Artinya nilai budi pekerti yang lebih menyangkutmanusia secara menyeluruh dan luas didahulukan dari pada nilai yang hanya berlakuuntuk kelompok manusia tertentu. Yang juga perlu diperhatikan unsur pengertian, perasaan dan tindakan. Ketiga unsure itu harus di usahakan seimbang agar nilai budi pekerti yang ditawarkan bukan hanya dimengerti atau dirasakan, tetapi sungguhdilakukan dalam tindakan sehari – hari siswa.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->