Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ButaWarna 1

ButaWarna 1

Ratings:

4.5

(2)
|Views: 484 |Likes:
Published by VegetarianBrothers
Issue 01 (juli 2007)
Issue 01 (juli 2007)

More info:

Published by: VegetarianBrothers on Jun 13, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/17/2011

pdf

text

original

 
Jika kalian masih ingat dengan kejadian yang menimpapesawat Adam Air beberapa bulan yang lalu, saya pribadipunya harapan bahwa Tuhan akan menunjukanmukjizatNya dalam tragedi Adam Air. Pesawat itumemang terhempas di laut, beberapa bagian terkoyakdan tersebar seperti yang ditemukan beberapa bulanyang lalu. Saya berharap sebagian besar penumpangatau beberapa orang ada yang selamat dan terdampar disebuah pulau. Saat ini mereka sedang bertahan hidupsambil mencoba mencari cara berkomunikasi kepada kitauntuk meminta pertolongan.
Adam Air = Cast Away?
Jika pernah menonton film Cast Away (Tom Hanks), sayaberharap ini terjadi lagi pada penumpang Adam Air.Sehingga suatu hari nanti saat mereka di temukan kitabisa mengungkap misteri kejadian yang sesungguhnya.Saya sungguh berharap dan berdoa.
Prolog,
Lelah juga jika kepala saya harus dibebanioleh banyak hal. Beratnya pekerjaan yangtelah menyita banyak waktu telahmenelantarkan banyak ide yang keluardari otak saya. Beruntung saya masih bisamengingat materi-materi ini sedikit demisedikit. Setiap hari jika ada waktu luangdua atau tiga jam biasanya saya habiskanuntuk menyusun materi ini. Paling tidak inibisa mengurangi beban pikiran saya.
Hidup di bekasi yang saya pikir tidaksesibuk kota jakarta ternyata gak adabedanya. setiap hari saya membutuhkanwaktu sebanyak duapuluh delapan jamuntuk menyelesaikan semua aktivitas sayadalam satu hari. Bayangkan bagaimanasaya bisa bertahan dengan waktu duapuluhempat jam! Terpaksa saya harusmengorbankan banyak waku istirahat saya.Perlahan saya mengerjakan ini. Tak adaalasan yang jelas kenapa saya mau berbagikisah yang mungkin ini jauh dari kesehariansaya dimata teman-teman. Tapi sungguhbahwa ini adalah saya yang sebenarnya, taklagi menjadi sesuatu yng dirahasiakanbahwa saya juga mempunyai sisi gelap!
Berbagi kisahlah dengan saya agar saya bisamengerti siapa kalian sebenarnya. Tak pedulisiapa kalian karna saya adalah seseorangyang buta warna. buta terhadap warna kulit,bendera, musik atau warna apapun. Buatsaya semua itu hanya ada hitam dan putihatau baik dan buruk.
Yasudahlah tak ada lagi yang bisa sayasampaikan pada kalian. Nikmati saja bacaanini, pandangilah langit-langit kamar agarkamu bisa masuk dalam fiksi-fiksi yang lainsulit dicerna memang, tapi ya begitulah...?!
Iwan,
1Terima Kasih,
Fuuh.. Akhirnya sampai juga pada bagian akhirhalaman ini. Berminggu-minggu lamanya sayasaya mengerjakan ini dengan hasil yang kurangmemuaskan. Otak saya semakin buntu takmenemukan jalan menuju suatu tempat dimanasaya bisa berpikir dengan fresh dan keluar darimasalah-masalah yang telah lama bersarang diotak saya.Tapi sedikitnya saya jadi punya pengalamandidunia bacaan dengan format fotocopy inikurang pas rasanya kalo ini disebut zine. Sayalebih menyebut ini adalah sebuah BLOG denganversi cetak. Terserah aja jika kalian maumendefinisikan ini seperti apa. Tak ada yangmelarang kalian untuk berpendapat, orangboleh mengkritik, menghujat, ngatain, curhat,membual, nyerocos, memberi masukan,mengungkapkan, mendemo atau memprotesapa yang dianggapnya benar. Sebaliknya saya juga dapat memprotes, mengkritik, menghujatmemberi masukan, nyerocos, mendemo oranglain berdasarkan apa yang menurut saya benar.
Hidup saya tak lepas dari teman-teman yangsangat berpengaruh dengan keseharian sayatak lupa saya ucapkan banyak trimakasih padaIan “TRAFIC clothing” atas segala koleksiTRAFIC yang saya punya. Benny, Bongky dansemua teman kecil saya. Bowo dan Cah Desodi ELORA. Nanu “Betterday” + Tria “Overture” Ringo “Jalur Bebas”, Agung “For Tomorrow” Carina “pas FM”, Eka “Komplikasi Pikiran” Adit “New Born Fire”. Puguh (Jogja). Vera,Dinie, Sita, Moko (patner) dan semua rekankerja saya. Bilal “The Cure For Tomorrow”.Jennet Wood “Universal Life”, Susianto “IVS” dan semua orang yang saya kenal, teman kecildan teman besar. Sekali lagi Terima Kasih.
Morrissey - Dear God Please Help Me.- You Have Kill Me.- I have forgiven Jesus.BelleAndSebastian - act Of the Apostle.- Another Sunny Day.- White Collar Boy.NewOrder - Bezarre Love Triagle.Embrace - Glorious Day.- I can’t Come Down.- No Use Crying.Bangku taman - Finding Rainbows.- She Burn The Disco.Edson - I Wanna Be Alone.- The Luck I Never Had.Shopie - Bawakan Aku Bunga.- Amorisa.- Jangan Tinggalkan Aku.- Pejuang Asmara.Sigur Ros - Flugufrelsarinn.- Staralfur.
Playlist12
 J u l i  2 0 0 7
Recycle
Buta Warna c/o:Xantidagingx@yahoo.co.id Www.vegetarian-brothers.co.nr 
 
Ini adalah impian masa kecil saya, yang anehnyabelum juga mati sampai saat saya memasukiusia 24 tahun plus. Tiba-tiba saya merasakannyaseperti hutang impian yang harus segera sayabayar. Saya merasa membutuhkan sebuah ruangyang hanya didesain khusus untuk memanjakandiri saya sendiri, didalamnya lengkap denganseluruh properti yang saya butuhkan dan penuhdengan pintu-pintu rahasia yang tak seorangpuntau. Saat kita hanya ingin sendiri, menjadi dirisendiri kita membutuhkan kebebasan dan takada satupun peraturan yang melarang kita untukmelakukan apa saja. Saya ingin sekalibereksperimen yang aneh-aneh, bernyanyidengan suara yang paling sumbang, teriak-teriak dan berbuat sesuatu yang norak yang takmungkin diperlihatkan pada orang lain bahkanpada cermin sekalipun. Jadi pada saat saya inginpergi dari dunia yang membosankan ini sayatelah memiliki sebuah ruang super privasi yangnyaman untuk disinggahi agar bisa lebihmemahami dunia ini dengan sudut pandangyang benar-benar fresh.
Saya beranggapan bahwa ruang privasi itusangatlah penting karna semakin besar tugaskita didunia semakin besarlah tanggung jawabyang kita dapat dan semakin penting upayauntuk mengenal diri sendiri. Untuk beristirahatdari keramaian dan mengakrabi sepi.Memikirkan yang tidak dipikirkan orangkebanyakan. Saya merasa masih belum cukupsyarat menjadi “orang” sebelum saya bisamemiliki tempat persembunyian saya sendiri,dimana saya bisa ngobrol bebas dengan diri sayasendiri dan menjawab semua pertanyaan yangsaya buat sendiri. Dimana saya tidak takutmelakukan apapun dalam rangka menyelamipikiran terliar dalam otak saya.
Batman juga punya tempat persembunyianbegitu juga dengan superman dan ksatria bajahitam. Sementara saya sendiri masihmerindukan punya satu ruang untuk sendiri,ruang tidur saya di rumah tidak mirip dengansebuah kamar sepertinya lebih mirip dengansebuah gudang, ruang sempit yang hanyabermuatan untuk 3 orang telah dipenuhi olehbarang-barang yang tak punya tata letakpadahal saya telah membuatnya semenarikmungkin, menempelkan beberapa poster yangsengaja dibuat berantakan agar berkesan “gue banget” tapi entah kenapa rasanya masihada yang kurang. Tapi saya tahu benarbagaimana cara menghibur diri saya sendiri.Dari kecil saya sudah terbisa dengan imajinasiyang berlebih, tidak takut dibilang gila selamasaya masih enjoy untuk berkhayal, sayamasih bersedia menjadi manusia aneh dan takpernah berhenti mengupdate semua memorimasa kecil saya.
Sungguh saya merindukanruang rahasia itu...
2
Bunga dan Tembok
Seumpama bungakami adalah bunga yang takkau kehendaki tumbuhengkau lebih suka membangunrumah dan merampas tanahseumpama bungakami adalah bunga yang takkau kehendaki adanyaengkau lebih suka membangun jalan raya dan pagar besiseumpama bungakami adalah bunga yangdirontokan di bumi kami sendiri jika kami bungaengkau adalah temboktapi di tubuh tembok itutelah kami sebar biji-bijisuatu saat kami akan tumbuh bersamadengan keyakinan: engkau harus hancur!Dalam keyakinan kamidi mana pun-tirani harus tumbang!
Oleh: Widji Thukul
FiksiPoem
11
 
Apa adanya
Tidak mudah buat seseorang yang telah memiliki “posisi” tertentu untuk tampil apa adanya, tanpatopeng. Seolah setelah memiliki posisi teratasdalam lingkungan sosialnya sperti jabatan,prestasi, dan kekayaan. Banyak hal yangkemarin bebas di lakukan menjadi serba tidakpantas, tidak sopan dan tidak boleh.
Coba bayangkan. Pantaskah seorang Rajamengepel Istananya sendiri? Pantaskah seorangpastor ikut lomba balap karung? PantaskahBunga Cinta Lestari menimba air di sumur?
Menurut saya sangat pantas!
Hanya satu catatannya selama ia jujur padadirinya sendiri dan merasa nyaman melakukanitu semua. Kita membayar terlalu mahal untukimej atau citra diri alias topeng, sambilmelupakan perlunya membangun karakter dankepribadian.
Jadi diri sendiri itu gak mudah. Serius! Rasa malu,gak nyaman, takut di komentarin, takut dianggapgila, takut di kucilkan. Semua itu resiko yangnyata. Tapi menjadi orang lain, selalu mencobatampil sempurna, baik hati dan seolah suci.Resikonya lebih gawat lagi. Ongkosnya supermahal dan sangat merepotkan. Membuat batintertekan dan menjauhkan diri dari kebahagiaan.Kita semua masih punya hak untuk merdeka daribelenggu itu, melepaskan segala topeng yangmenipu didepan cermin. Hidup kita tidak akanhancur hanya karena orang lain tahu kentut kitabau, kalo tidur ngiler, gak bisa buang air kalonggak jongkok atau mencret ketika makan pecel.Buat saya ketidak sempurnaan itu sangatmanusiawi.
Nurani kita sudah lama kesepian. Saatnya kembali menjadi diri sendiri.
10
Ditahun 4031, lebih dari 1000 tahun setelahwarna pertama turun, kehidupan warna di planetkami telah menjadi begitu berpendirian. Warnaadalah sesuatu yang menuntut ekslusivitas,pemeluk warna tertentu hanya bisa memelukwarna tersebut dan tidak yang lain. Masing-masing pemeluk warna percaya bahwawarnanyalah yang benar dan warna lain salah.Pemikiran yang menyebabkan orang bertanya-tanya.
Bagaimana mungkin ada warna yangbenar dan warna yang salah? 
Inikan WARNA?MERAH tidak lebih benar daripada KUNING, danKUNING tidak lebih benar daripada HIJAU.
Bagaimana menentukan warna mana yang lebihbenar atau lebih baik? WARNA tidak bisadibandingkan, mereka cuma berbeda tapi bukanberarti yang satu lebih baik daripada yang lain.Walaupun begitu toh para pemeluk warna yanglebih banyak tidak peduli. Apalagi ini sesuatuyang berkaitan dengan kepercayaan mereka.Dengan keimanan mereka, buat banyak orangwarna adalah segalanya. Karena merekapercaya warna merekalah yang lebih baik,maka penyebaran warna menjadi krusial,karena dengan begitu mereka menyebarkankebaikan bagi mereka yang belum tahu. Niatanini dan digunakanya warna oleh mereka yangberkuasa menjadi sumber konflik, kesedihandan kesusahan pertama yang dibawa olehwarna di planet kami.
Penguasa senang menggunakan warna karnaorang lebih bersedia mati untuk warna daripadauntuk penguasa dan warna bisa menyatukankekuasaannya dengan lebih sempurna. Pemimpinwarnapun senang berdekatan dengan penguasakarena bisa menyebarkan warnanya lebih luasdan dengan kekerasan. Konflik antar warna tidakterhindarkan, untuk menghindari konflik makaada dua alternatif, hidup dengan memisahkan diridan tidak bercampur, atau mencari sebuahmekanisme khusus yang mengatur hubunganantar warna. Walaupun konflik antar warna cukupkeras tapi ternyata itu belum apa-apa. Sejarahtelah menunggu untuk memperlihtkan kamiantara konflik dasyat antara warna itu sendiri.
Fiksi
Pada tahun 3242,1200 tahun dari warna pertamaturun, warna-warna telah menjadi begitubervariasi, sesuai dengan selera dan kebiasaanmasing-masing tempat. MERAH tidak lagi cuma
MERAH 
tapi juga ada Merah marun, Merah tua,Merah muda, Merah darah, Merah menari, Merahkonservatif, Merah tradisional, Merah kota,Merah desa, Merah santri, Merah liberal dantentu Merah Fundamentalis.
Perbedaan paham dan iman yang berlangsungselama beratus-ratus tahun juga menyebabkanperbedaan pemahaman akan warna yang sama.Merah Marun bermusuhan sengit dengan MerahMuda. Masing-masing mengkafirkan MERAH yanglain. Menjadi Merah Marun bahkan dilihat sebagailebih buruk daripada menjadi HIJAU atau KUNING.Ketika terjadi peperangan antara Merah Muda danHIJAU maka Merah Marun akan diam. Tidakberlaku
my enemy’s enemy is my friend 
. Merahmarun memilih untuk bermusuhan dengan semuapihak, terus berlaku
my enemy’s enemy still my enemy.
Dan ini masih berlaku hingga sekarang.
Pada tahun 4542 kelompok-kelompok HIJAUterbagi menjadi dua bagian besar. Hijau Tua danHijau Muda, dan dengan didukung oleh kekuatanmiliter dan raja-raja, konflik antara Hijau Mudadan Hijau tua ini terjerumus pada konflik palingberdarah selama sejarah planet kami, yangmelibatkan penyiksaan, pemaksaan warna danlain-lain. Di ujung masa konflik ini, beberapakelompok orang berpindah mencari lokasi barudan bersumpah untuk mencari tempat dimanamereka bisa bebas dari ketakutan dan kejaranpara pemeluk WARNA. Suatu tempat dimanasemua orang bisa memiliki kebebasan memilihWARNA yang mereka inginkan tanpa rasa takut.Singkatnya mereka berangkat untuk mencarisurga.
1500 tahun telah berlalu sejak WARNA pertamahadir di dunia kami dan sudah sedemikian lamapula kami terlupa akan relita planet kamisebelumnya dimana hanya ada HITAM dan PUTIH,dimana kami semua sama. Bukannya WARNAtidak membawa kebaikan dan manfaat bagi kami,hanya sekarang ini banyak orang bertanya-tanyamanakah yang lebih besar, manfaatnya ataukeburukannya dari warna. Apakah kita akan lebihbaik jika WARNA tidak pernah ada? Jika duniahanya HITAM dan PUTIH. Sebagian orangmenuduh bahwa WARNA adalah ciptaan manusiabiasa dan bukan diturunkan dari langit dankarenanya tidak dimaksudkan untuk dipercayaapalagi dijadikan alasan untuk memerangi oranglain yang berbeda WARNA-nya.Masing-masing merasa sebagai MERAH, sebagianlagi merasa sebagai MERAH yang paling benar.Konflik didalam warna ini untuk sementara waktumembuat konflik antar warna mereda.
3
Why Don’t You Find Out For Yourself...

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
D4Y4T_20 liked this
Arai Jasa Tama liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->