Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
63Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Telaah Buku Teks

Tugas Telaah Buku Teks

Ratings: (0)|Views: 2,816 |Likes:
Published by Dmasday

More info:

Published by: Dmasday on Jun 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/25/2013

pdf

text

original

 
PEMBAHASAN TELAAH BUKU TEKS BAHASA INDONESIA
RAMBU-RAMBU PEMBUATAN BUKU TEKS
Berikut ini rambu-rambu penulisan buku teks yang ditetapkan oleh Pusat Perbukuan sejak tahun 2003,khususnya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.
A. PENDEKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Ancangan (Pendekatan) Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia adalah Pendekatan Komunikatif.Dalam ancangan pembelajaran komunikatif, pembelajaran bahasa bertumpu pada pengembangankemampuan siswa dalam menggunakan bahasa sebagai alat ungkap pesan/makna untuk berbagai tujuan berbahasa. Artinya, tujuan pembelajaran bahasa adalah keterampilan berbahasa siswa dalam halmembaca, mendengar, berbicara, dan menulis. Keterampilan itu merupakan wujud khas perilakumanusia yang bertumpu pada KEBERMAKNAAN. Implikasinya dalam pembelajaran bahasa adalah bahwa kebermaknaan merupakan persyaratan mendasar dalam pengembangan dan penyajian materi bahasa dan sastra Indonesia.
1. Ciri Pembelajaran Komunikatif 
a. Pembelajaran mengarahkan siswa untuk menguasai bahasa dalam konteks komunikasi. Dengandemikian, pembelajaran Bahasa Indonesia mengarah pada kegiatan komunikasi nyata dan penugasanyang bermakna serta penggunaan bahasa yang bermakna bagi siswa. b. Pembelajaran mencerminkan kebutuhan siswa, yakni keterampilan menggunakan bahasa secara bermakna, yang bersifat humanis, yakni menempatkan siswa pada posisi aktif.c. Pengembangan kompetensi komunikatif mencakup kemampuan siswa untuk menafsirkan bentuk- bentuk linguistik, baik bentuk yang eksplisit maupun implisit.
2. Prinsip Pengembangan Kemampuan Komunikasi dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia
a. Prinsip Kebermaknaan: disesuaikan dengan kebutuhan siswa, bertumpu pada pemenuhan dorongan bagi siswa untuk mengungkapkan ide, pikiran, gagasaan, perasaan, dan informasi kepada orang lain, baik secara lisan maupun tertulis. b. Prinsip Keotentikan bahan dan materi pelatihan berbahasa: dipilih teks/wacana tulis/lisan yang banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk: mengembangkan kemahiran fungsi berbahasanya, menekankan fungsi komunikatif bahasa, memenuhi kebutuhan berbahasa siswa. Bahan berisi petunjuk/pelatihan/tugas yang memanfaatkan media cetak atau elektronik seoptimal mungkin;didasarkan atas hasil analisis kebutuhan berbahasa siswa; sedapat mungkin bersifat otentik;mengandung pemakaian unsur bahasa yang bersifat selektif dan fungsional; serta mendukungterbentuknya performansi komunikatif siswa yang andal.c. Prinsip Keterpaduan materi.d. Prinsip Keberfungsian dalam pemilihan metode dan teknik pembelajarane. Prinsip Performansi Komunikatif, berupa kegiatan berbahasa, mengamati, berlatih, dan lain-lain.f. Prinsip Kebertautan (kontekstual) berkaitan dengan pemanfaatan media dan sumber belajar.g. Prinsip Penilaian yang menuntut sistem penilaian yang (a) mengukur kemahiran berbahasa secaramenyeluruh dan terpadu, (b) mendorong siswa agar aktif berlatih berbahasa Indonesia secara tulis/lisan, baik produktif maupun reseptif, serta (c) mengarahkan kemampuan siswa dalam menghasilkan wacanalisan maupun tulisan.
B. STANDAR BUKU PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Buku pelajaran menurut ahli adalah media pembelajaran yang dominan peranannya di kelas. Olehkarena itu, pelajaran harus dirancang dengan baik dan benar dengan memperhatikan standar-standar tertentu. Standar buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (BSI) adalah spesifikasi teknis atausesuatu yang dibakukan berkenaan dengan bahasa dan sastra Indonesia; yang berkenaan dengan penulis, pengembangan naskah (yang mencakup isi atau materi, penyajian materi, bahasa danketerbacaan, serta grafika) dan pemanfaatannya di sekolah; serta disusun berdasarkan consensus semua pihak yang terkait dengan memperhatikan keselamatan, kesehatan, lingkungan hidup, perkembanganilmu pengetahuan dan teknologi, serta pengalaman masa kini dan masa yang akan datang untuk memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya.
1. Aspek-Aspek Buku Pelajaran Yang Dinilai
a. materi b. penyajianc. bahasa dan keterbacaand. grafikaKeempat aspek ini saling berkait satu sama lain.1
 
1.1 Aspek Isi atau Materi Pelajaran
• Aspek ini merupakan bahan pembelajaran yang disajikan di dalam buku pelajaran.• Kriteria materi harus spesifik, jelas, akurat, dan mutakhir dari segi penerbitan.• Informasi yang disajikan tidak mengandung makna yang bias.• Kosakata, struktur kalimat, panjang paragraf, dan tingkat kemenarikan sesuai dengan minat dankognisi siswa.• Rujukan yang digunakan, dicantumkan sumbernya.• Ilustrasi harus sesuai dengan teks.• Peta, tabel, dan grafik harus sesuai dengan teks, harus akurat, dan sederhana.• Perincian materi harus sesuai dengan kurikulum.• Perincian materi harus memperhatikan keseimbangan dalam penyebaran materi, baik yang berkenaandengan pengembangan makna dan pemahaman, pemecahan masalah, pengembangan proses, latihandan praktik, tes keterampilan maupun pemahaman.
1.2 Aspek Penyajian Materi
Aspek ini merupakan aspek tersendiri yang harus diperhatikan dalam buku pelajaran. Berkenaandengan penyajian:• tujuan pembelajaran,• keteraturan urutan dalam penguraian,• kemenarikan minat dan perhatian siswa,• kemudahan dipahami,• keaktifan siswa,• hubungan bahan, serta• latihan dan soal.
1.3 Aspek Bahasa dan Keterbacaan
Aspek bahasa merupakan sarana penyampaian dan penyajian bahan, seperti kosakata, kalimat, paragraph, dan wacana.Aspek keterbacaan berkaitan dengan tingkat kemudahan bahasa (kosakata, kalimat, paragraph, danwacana) bagi kelompok atau tingkatan siswa. Ada tiga ide utama yang terkait dengan keterbacaan,yakni:1. Kemudahan membaca (berhubungan dengan bentuk tulisan atau tipografi, ukuran huruf, dan lebar spasi) yang berkaitan dengan aspek grafika;2. Kemenarikan (berhubungan dengan minat pembaca, kepadatan ide bacaan, dan penilaian keindahangaya tulisan) yang berkaitan dengan aspek penyajian materi;3. Kesesuaian (berhubungan dengan kata dan kalimat, panjang-pendek, frekuensi, bangun kalimat, dansusunan paragraf) yang berkaitan dengan bahasa dan keterbacaan.2
 
DATA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA
Dalam kesempatan ini, kami akan mencoba menelaah salah satu dan buku teks berjilid dalammata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang dipergunakan di kelas dua Sekolah Menengah Atasyakni, buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Pertama-tama mari kita perhatikan data-datamengenai buku tersebut. Gambaran singkat mengenai telaah buku teks
Identitas Buku yang DitelaahJudul Buku :
Bahasa dan Sastra Indonesia; untuk SMA kelas XI
Penulis :
(1) Dr. Dawud(2) Dr. Nurhadi(3) Dra. Yuni Pratiwi, M. Pd.(4) Drs. Abdul Rani, M. Pd.
Penerbit :
Erlangga
Tahun Terbit :
2004
Jenjang Sekolah :
SMA
Program Studi :
IPA/ IPS
Kelas :
XI
Panjang, lebar, tebal buku :
17. 4 cm, 24. 9 cm, 1 cm.Buku tersebut diatas akan kami telaah dengan menggunakan pedoman Rambu-rambu pembuatan buku teks yaitu :A. PENDEKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA1. Ciri Pembelajaran Komunikatif 2. Prinsip Pengembangan Kemampuan Komunikasi dalam Buku Pelajaran Bahasa IndonesiaB. STANDAR BUKU PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA1.Aspek-Aspek Buku Pelajaran Yang Dinilai2.Aspek Isi atau Materi Pelajaran3.Aspek Penyajian Materi4.Aspek Bahasa dan KeterbacaanSelanjutnya kami akan menelaah buku teks ini secara bab – perbab mulai dari bab 1 sampai dengan bab 12 disini kami selaku penyusun telaah buku teks ini sebelumnya minta maaf sebesar-besarnyaapabila nanti di dalam telaah kami ada kekurangan yang tidak bisa kami antisipasi dan tidak sengajakami perbuatkan dalam telaah buku teks kami ini, untuk itu mohon dimaklumi.3

Activity (63)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Wahyu Sugito liked this
Sri Amelia liked this
St Suprapto liked this
Rifqah Fauziyyah liked this
Trian Mulyana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->