Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
8Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bagaimana Pengambilan Keputusan Dalam Kelompok Berlangsung

Bagaimana Pengambilan Keputusan Dalam Kelompok Berlangsung

Ratings: (0)|Views: 1,752|Likes:
Published by Al

More info:

Published by: Al on Jun 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/12/2013

pdf

text

original

 
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
PERTEMUAN 9
UNIVERSITAS MERCU BUANA
POKOK BAHASAN:
Prinsip dasar komunikasi dalam kelompok.
DESKRIPSI:
Pemahaman terhadap komunikasi dalam Kelompok, pengertian,prinsip, karakteristik dan segala aspek yang berkaitan dengan komunikasidalam kelompok.TUJUAN INSTRUKSIONAL:Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa memahami komunikasikelompok dan mampu menjelaskan serta menerapkannya dalam kegiatanyang berkaitan dengan pembahasan atau penerapannya di setiap kontekskomunikasi kelompok.
Referensi:
1.
Sasa Djuarsa S.,
Teori Komunikasi 
, Universitas Terbuka, Jakarta. 2003
2.
John Fiske,
Introduction to Communication Studies
, Sage Publications, 1996
3.
Stephen W. Littlejohn,
Theories of Human Communiation
, Wadsworth Publication,New Jersey, 1996.
Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB
Drs. Akhmad Mulyana M.SiTEORI KOMUNIKASI
MODUL 9TEORI KOMUNIKASI (3 SKS)Dosen: Drs. Ahmad Mulyana, M.Si.
 
METODE PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KELOMPOK
Cara lain untuk memahami tindak komunikasi dalam kelompok adalah dengan melihatbagaimana suatu kelompok menggunakan metode-metode tertentu untuk mengambil keputusanterhadap masalah yang dihadapi. Dalam dataran teoritis, kita mengenal empat metodepengambilan keputusan, yaitu kewenangan tanpa diskusi (authority rule without discussion),pendapat ahli (expert opinion), kewenangan setelah diskusi (authority rule after discussion), dankesepakatan (consensus).
a. Kewenangan Tanpa Diskusi 
Metode pengambilan keputusan ini seringkali digunakan oleh para pemimpin otokratikatau dalam kepemimpinan militer. Metode ini memiliki beberapa keuntungan, yaitu cepat, dalamarti ketika kelompok tidak mempunyai waktu yang cukup untuk memutuskan apa yang harusdilakukan. Selain itu, metode ini cukup sempurna dapat diterima kalau pengambilan keputusanyang dilaksanakan berkaitan dengan persoalan-persoalan rutin yang tidak mempersyaratkandiskusi untuk mendapatkan persetujuan para anggotanya.Namun demikian, jika metode pengambilan keputusan ini terlalu sering digunakan, iaakan menimbulkan persoalan-persoalan, seperti munculnya ketidak percayaan para anggotakelompok terhadap keputusan yang ditentukan pimpinannya, karena mereka kurang bahkantidak dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan akan memilikikualitas yang lebih bermakna, apabila dibuat secara bersama-sama dengan melibatkan seluruhanggota kelompok, daripada keputusan yang diambil secara individual.
b. Pendapat Ahli 
Kadang-kadang seorang anggota kelompok oleh anggota lainnya diberi predikat sebagaiahli (expert), sehingga memungkinkannya memiliki kekuatan dan kekuasaan untuk membuatkeputusan. Metode pengambilan keputusan ini akan bekerja dengan baik, apabila seoranganggota kelompok yang dianggap ahli tersebut memang benar-benar tidak diragukan lagikemampuannya dalam hal tertentu oleh anggota kelompok lainnya.Dalam banyak kasus, persoalan orang yang dianggap ahli tersebut bukanlah masalahyang sederhana, karena sangat sulit menentukan indikator yang dapat mengukur orang yangdianggap ahli (superior). Ada yang berpendapat bahwa orang yang ahli adalah orang yangPusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB
Drs. Akhmad Mulyana M.SiTEORI KOMUNIKASI
 
memiliki kualitas terbaik; untuk membuat keputusan, namun sebaliknya tidak sedikit pula orangyang tidak setuju dengan ukuran tersebut. Karenanya, menentukan apakah seseorang dalamkelompok benar-benar ahli adalah persoalan yang rumit.
c. Kewenangan Setelah Diskusi 
Sifat otokratik dalam pengambilan keputusan ini lebih sedikit apabila dibandingkandengan metode yang pertama. Karena metode authority rule after discussion ini pertimbangkanpendapat atau opini lebih dari satu anggota kelompok dalam proses pengambilan keputusan.Dengan demikian, keputusan yang diambil melalui metode ini akan mengingkatkan kualitas dantanggung jawab para anggotanya disamping juga munculnya aspek kecepatan (quickness)dalam pengambilan keputusan sebagai hasil dari usaha menghindari proses diskusi yang terlalumeluas. Dengan perkataan lain, pendapat anggota kelompok sangat diperhatikan dalam prosespembuatan keputusan, namun perilaku otokratik dari pimpinan, kelompok masih berpengaruh.Metode pengambilan keputusan ini juga mempunyai kelemahan, yaitu pada anggotakelompok akan bersaing untuk mempengaruhi pengambil atau pembuat keputusan. Artinyabagaimana para anggota kelompok yang mengemukakan pendapatnya dalam prosespengambilan keputusan, berusaha mempengaruhi pimpinan kelompok bahwa pendapatnya yangperlu diperhatikan dan dipertimbangkan.
d. Kesepakatan
Kesepakatan atau konsensusakan terjadi kalau semua anggota dari suatu kelompokmendukung keputusan yang diambil. Metode pengambilan keputusan ini memiliki keuntungan,yakni partisipasi penuh dari seluruh anggota kelompok akan dapat meningkatkan kualitaskeputusan yang diambil, sebaik seperti tanggung jawab para anggota dalam mendukungkeputusan tersebut. Selain itu metode konsensus sangat penting khususnya yang berhubungandengan persoalan-persoalan yang kritis dan kompleks.Namun demikian, metode pengambilan keputusan yang dilakukan melalui kesepakatn ini,tidak lepas juga dari kekurangan-kekurangan. Yang paling menonjo ladalah dibutuhkannyawaktu yang relatif lebih banyak dan lebih lama, sehingga metode ini tidak cocok untuk digunakandalam keadaan mendesak atau darurat.Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB
Drs. Akhmad Mulyana M.SiTEORI KOMUNIKASI

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Syafrial Hanif liked this
sya087 liked this
ade268 liked this
timbul_simbol liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->