Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
28Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sido Muncul

Sido Muncul

Ratings: (0)|Views: 1,905 |Likes:
Published by Al

More info:

Published by: Al on Jun 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/14/2013

pdf

text

original

 
Sido Muncul
PT Sido Muncul adalah pabrik jamu tradisional dengan menggunakan mesin-mesin mutakhir. Berdiri pada tahun 1940 di Yogyakarta, dan dikelola oleh Ny. RahkmatSulistio, Sido Muncul yang semula berupa industri rumahan ini secara perlahan berkembang menjadi perusahaan besar dan terkenal seperti sekarang ini.
Sejarah
Pada tahun 1951, keluarga Ny. Rahkmat Sulistioningsih pindah ke Semarang, dandi sana mereka mendirikan pabrik jamu secara sederhana namun produknya diterimamasyarakat secara luas. Karena semakin bersarnya usaha keluarga ini, maka modernisasi pabrik juga merupakan suatu hal yang mendesak.Pada 1984, PT. Sido Muncul memulai modernisasi pabriknya, dengan merelokasi pabrik sederhananya ke pabrik yang representatrif dengan mesin-mesin modern.Pada 11 November 2000, PT Sido Muncul kembali meresmikan pabrik baru diUngaran yang lebih luas dan modern. Peresmian dilakukan oleh Menteri Kesehatanwaktu itu, dan pada saat itu pula PT Sido Muncul memperoleh 2 penghargaan sekaligus,yakni Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obatyang Baik (CPOB) setara dengan farmasi, dan sertifikat inilah yang menjadikan PT.SidoMuncul sebagai satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi. Lokasi pabrik sendiriterdiri dari bangunan pabrik seluas 7 hektar, lahan Agrowisata ,1,5 hektar, dan sisanyamenjadi kawasan pendukung lingkungan pabrik.Pada tanggal 10 Pebruari 2010 telah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik bahan baku herbal seluas 3.000 m2.
 
Logo Jamu Sido Muncul yang berupa ibu dan anaknya adalah gambar Ny.Rahkmat Sulistio, pendiri Jamu Sido Muncul beserta cucunya, Irwan Hidayat, saat itu berusia 4 tahun. Irwan Hidayat sejak tahun 1972 sampai sekarang adalah PresidenDirektur PT Sido Muncul.
" Best Encouragement Product 2003" , tingkat ASEAN, untuk produk minumanTurmeric Natural Drinks/ Kunyit Asam.
Penghargaan " Best Product Encouragement Prize ", diperoleh pada eventInternational The 8th ASEAN FOOD CONFERENCE, di Vietnam pada 6 - 7 dan 8 - 11Oktober 2003 lalu. Pada acara tersebut, produk Kunyit Asam bersaing dengan ratusan produk pangan dari berbagai industri pangan, dari 10 negara ASEAN, dengan komposisidewan juri yang terdiri dari para pakar ilmu pangan se-ASEAN serta dari Australia,Korea, USA dan China. Kriteria pemilihan yang ditetapkan antara lain: kreatifitas,kontribusi, pengembangan dari hasil riset, kontribusi terhadap peningkatan derajatkesehatan manusia, kandungan lokal, penilaian dan penerimaan konsumen serta dampak ekonomi secara luas. AFC sendiri merupakan event yang diadakan 3 tahun sekali,dengan partisipan 22 negara, termasuk 10 anggota ASEAN, Jepang, Korea, Australia, USA danCongo.
Anugerah " Solo Customer Satisfaction Index ( SCSI ) 2003 " , sebagai merek Jamuterpopuler.
 PT. SidoMuncul meraih Penghargaan SCSI 2003 ( Solo Customer SatisfactionIndex ) untuk kategori Jamu, serta produk Kunyit Asam Fiber ( salah satu varian KunyitAsam ) meraih peringkat ke-3 untuk kategori minuman berserat. Event ini diadakanFakultas Ekonomi Univesitas Sebelas Maret, Solo dengan Harian Umum Solo Pos.Survei untuk mendukung SCSI melingkupi daerah eks-karesidenan Surakarta, antaralain : Kota Surakarta, Kab. Sukoharjo, Kab Karanganyar, Kab.Klaten, Kab, Wonogiri,
 
Kab. Sragen dan Kab. Boyolali , dengan jumlah sample 2.059 KK, dan jangka waktu pelaksanaan survei sekitar 3 bulan. Malam penganugerahan Penghargaan SCSI diadakan pada 16 Oktober 2003 di Solo. SCSI menggambarkan loyalitas pelanggan terhadap suatu produk ( brand awareness, market share, customer satisfaction.
Penghargaan " Best Brand " dari Frontier dan majalah SWA, untuk produk KukuBima.
Penghargaan ini dilakukan guna memilih merek-merek paling top danmenjadi top of mind di Indonesia, diadakan rutin pada setiap tahunnya oleh MajalahSWA, yang dalam surveinya bekerjasama dengan dua lembaga penelitian pemasaranindependen, yaitu Frontier Marketing & Research Consultant dan PT. Capricorn MarsIndonesia, pada periode yang bebeda. Survei diadakan di lima kota besar di Indonesia,yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Medan.
Merek Dagang Unggulan Indonesia 2003..
Penghargaan Merek Dagang Unggulan Indonesia merupakan penghargaan pemerintahyang digagas oleh Departemen Perdagangan dan Perindustrian. Nominator penerima penghargaan ini berjumlah 36, dan SidoMuncul terpilih untuk menerima penghargaankategori Merek Unggulan Indonesia. Penghargaan diserahkan langsung oleh PresidenMegawati Soekarnoputeri pada penutupan Pameran Produksi Indonesia ( PPI ) 2003. Nama para nominator sendiri merupakan hasil masukan masyarakat Indonesia, berjumlahsekitar 18.600 orang yang tersebar di seluruh penjuru nusantara.
Penghargaan dari Departemen Perhubungan dan Departemen Tenaga Kerja danTransmigrasi untuk program Mudik Lebaran Gratis ke -13 kali, tahun 2002
Tradisi Mudik Lebaran Gratis diawali pada tahun 1991, dan diperuntukkan bagi para penjual jamu di Jabotabek. Bila di-total, jumlah keseluruhan para pemudik yang

Activity (28)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Greis Dali liked this
Ayu Mella liked this
Godblish Zerv liked this
Anastasia Wati liked this
Vindam Mutiara P liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->