Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
26Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
desaign for Corel n Adobe CS

desaign for Corel n Adobe CS

Ratings: (0)|Views: 727|Likes:
Published by 紳一 Wijaya
Tutorial bout Corel X n Adobe CS in Indonesian languange.
Tutorial bout Corel X n Adobe CS in Indonesian languange.

More info:

Published by: 紳一 Wijaya on Jun 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2012

pdf

text

original

 
TEORI DESAIN
Bagi Anda khususnya yang baru terjun ke dunia grafis, dan menangani kasus yangsebenarnya dari klien maka Anda akan berpikir darimanakah harus memulai sebuah proyek desain? Sebagaimana hal-hal lain yang akan kita kerjakan, rencana kerja perlu dilakukan sebelumAnda benar-benar melakukannya. Sehingga apa yang Anda kerjakan terarah dan terealisasidengan baik. Untuk itu, sebelum Anda mengerjakan sebuah proyek desain, sebaiknya Andatetapkan terlebih dahulu hal-hal yang perlu Anda jadikan sebagai pedoman dalam membuat karyadesain tersebut atau disebut juga "Daftar Pedoman Pembuatan Publikasi".Berikut
"Daftar Pedoman Pembuatan Publikasi"
yang dapat Anda jadikan acuan dan Andakembangkan:1.
Apa Tujuan Publikasi?
Mengenali kategori-kategori dari jenis publikasi Anda dapat membantumengembangkan pendekatan yang tepat untuk tujuan publikasi Anda. Misalnya, Andaingin membuat dokumen yang meyakinkan seperti: iklan, poster, press release, flyer  promosi atau brosur penjualan maka Anda akan tahu data apa yang diperlukan untuk membuat publikasi tersebut.2.
Kenapa Publikasi Anda diperlukan?
 Salah satu pertanyaan penting untuk ditanyakan pada diri Anda sendiri adalah kenapa publik perlu tahu informasi yang ada pada publikasi Anda. Jika Anda mengetahui haltersebut dengan tepat, Anda bisa menggunakannya pada headline dan gambar Andauntuk mendapatkan perhatian dari publik. Mengingat kebutuhan para pembaca jugamembantu memfokuskan pebulisan Anda.3.
Siapakah Audien Anda?
Mengenali Audien (Publik pembaca publikasi) Anda akan membantu Anda memilihtehnik-tehnik yang menarik pembaca. Bagaimana perilaku audien? gaya bahasa apayang sesuai? adalah hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan.4.
Informasi Macam Apa yang Akan Disertakan?
 Publikasi yang berbeda memerlukan elemen yang berbeda pula. Sebuah brosur tentangkonferensi memerlukan program acara, jadwal lokakarya, biografi singkat tentang pembiacara dan sebuah peta. Sebuah iklan mungkin terdiri dari slogan, baris tag, daninformasi mengenai harga atau alamat. Periksa berbagai informasi teks dan image yangakan disertakan sehingga Anda akan mendapatkan ruang yang cukup untuk semua bagian dan menghindari terlewatnya materi informasi.5.
Citra Yang Bagaimana Yang Ingin Ditampilkan?
Semua hal mengenai publikasi dari gaya bahasa sampai pada kualitas kertas yang memuatnya, mewujudkancitra dari pembuatnya. Satu panduan yang paling penting dalam menciptakan citratersebut adalah kecocokan. Elemen-elemen yang Anda pilih dan cara Anda merangkaidan mereproduksinya menjadi hal yang indah apabila mereka cocok dengan tujuan danaudien Anda. Apakah Anda ingin membuat kesan formal, informal, ramah, main-main,elegan, bergaya, trendy, klasik, konservatif, adventurir, akademik, profokatif dansebagainya.6.
Haruskah Publikasi itu Masuk ke Dalam Sebuah Program atau StylePerusahaan?
Masalah identitas perusahaan muncul pada saat perusahaan memahami
Modul Pelatihan Dasar Desain GrafisBy Arafat.S.Kom
1
 
 bahwa desain grafis menghasilkan lebih banyak kreatifitas daripada imajinasi merekasendiri. Logo bisa tampak dengan berbagai ukuran dan posisi. dokumen dari satudepartemen memiliki tampilan yang streamline dan bergaya, sementara dokumen daridepartemen lain menggunakan clipart. tugas perusahaan adalah mengembangkan formatdan standar desain sehingga dokumen-dokumen yang berbeda memiliki tampilan yangkonsisten.7.
Apa Jenis Gambar dan Foto yang Disertakan?
Anda bisa saja membuat karya desain publikasi tanpa satupun gambar, tetapi gambar tidak disangsikan lagi bisa menarik pembaca lebih mudah daripada kata-kata. Anda perlu mempertimbangkan jumlah dan jenis gambar yang akan Anda gunakan lebih dini,karena akan mempengaruhi format secara keseluruhan.8.
Apa Spesifikasi Pencetakannya?
Spesifikasi — termasuk ukuran halaman, banyaknya halaman, jenis penjilidan, jeniskertas, kualitas cetakan, dan penggunaan warna — tidak dapat dipisahkan dari formatkeseluruhan.9.
Kapan Ia Diperlukan?
Jadwal adalah anugerah sekaligus kutukan. Pada satu sisi ada perasaan bahwa tidak adawaktu untuk melakukan pekerjaan dengan yang Anda sukai, tetapi di sisi lain semuaorang tahu bahwa setiap proyek membutuhkan waktu tertentu10.
Berapa Anggarannya?
Uang juga faktor realita. Ia juga mempengaruhi segalahal mengenai publikasi karenanya sering kali dibuat sebagai pertimbangan pertama.Perlakukan anggaran dan jadwal Anda dengan serius, tetapi jangan biarkan merekamembatasi diri Anda.Itulah hal-hal yang perlu Anda siapkan untuk memulai sebuah proyek desain, selain hal-hal yang berkemungkinan muncul dari beberapa pertanyaan di atas, yang mungkin dapat Andacari tahu sendiri jawabannya.
Desain Grafis
juga merupakan ilmu yang mempelajari tentang media untuk menyampaikan informasi, ide, konsep, ajakan dan sebagainya kepada khalayak denganmenggunakan bahasa visual. Baik itu berupa tulisan, foto, ilustrasi dan lain sebagainya. Desaingrafis adalah solusi komunikasi yang menjembatani antara pemberi informasi dengan publik, baik secara perseorangan, kelompok, lembaga maupun masyarakat secara luas yang diwujudkandalam bentuk komunikasi visual.Sebagaimana layaknya informasi yang disampaikanmenggunakan bahasa lisan (suara) yang dapat disampaikan secara tegas, ceria, keras, lembut, penuh gurauan, formal, dan sebagainya dengan menggunakan gaya bahasa dan volume suarayang sesuai, Desain grafis juga dapat melakukan hal serupa. Kita dapat merasakan sendiri setelahmembaca sebuah berita (tulisan), melihat foto atau ilustrasi, melihat permainan warna dan bentuk dari sebuah karya design yang berbentuk publikasi cetak, nuansa yang ditimbulkannya. Apakahinformasi itu tegas, formal, bergurau, lembut, anggun, elegan dan sebagainya.Kenapa kita dapat merasakan hal itu? Kenapa obyek publikasi itu bisa menimbulkankesan dan pesan sesuai dengan yang ingin disampaikan hingga dimengerti oleh kita sebagai pembaca? Jawabannya adalah karena adanya unsur-unsur design dan prinsip-prinsip design yangada dalam sebuah karya design tersebut, baik disadari maupun tidak disadari oleh pembuatnya.
Kategori Desain Grafis
Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:
Modul Pelatihan Dasar Desain GrafisBy Arafat.S.Kom
2
 
1.
 Printing (Percetakan)
yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.2.
Web Desain
: desain untuk halaman web.3.
Film
termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.4.
 Identifikasi (Logo),
EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain professional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.5.
 Desain Produk 
, Pemaketan dan sejenisnya.
PROGRAM PENGOLAH GRAFIK/GRAFIS
Oleh karena desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori maka sarana untukmengolah punberbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya.
1.Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet,booklet, poster, dan ain yang sejenis. Program ini mampu mengaturpenempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti AdobePhotoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
Adobe FrameMaker
Adobe In Design
Adobe PageMaker
Corel Ventura
Microsoft Publisher
Quark Xpress
2.Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuatgambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai IllustratorProgram. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis,baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalamkelompok ini adalah:
Adobe Illustrator
Beneba Canvas
CorelDraw
Macromedia Freehand
Metacreations Expression
Micrografx Designer
3.Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untukmengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yangdiolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasibeberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya,foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yangmemiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yangtermasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akantetapi dianggapa sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari programpengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titiksecara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasukdalam aplikasi ini adalah:
Adobe Photoshop
Corel Photo Paint
Macromedia Xres
Metacreations Painter
Metacreations Live Picture
Micrografx Picture Publisher
Microsoft Photo Editor
Modul Pelatihan Dasar Desain GrafisBy Arafat.S.Kom
3

Activity (26)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Tejo Djarot liked this
hussein_wahab liked this
Lisakibum Oi Oi liked this
hary liked this
dimas_p_ liked this
edikadarwanto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->