Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
33Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teori Kepribadian a.h. Maslow

Teori Kepribadian a.h. Maslow

Ratings: (0)|Views: 1,766 |Likes:
Published by tasawufpsikoterapi
tentang teori kepribadian maslow
tentang teori kepribadian maslow

More info:

Published by: tasawufpsikoterapi on Jun 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/10/2013

pdf

text

original

 
TEORI KEPRIBADIANABRAHAM HAROLD MASLOW
1
 
Oleh: Le’I dan sakinah
I.
 
PENDAHULUAN
Dalam psikologi ada tiga revolusi yang mempengaruhi pemikiran personologis modern. Revolusi pertama adalah psikoanalisis, kedua behaviorisme dan yang ketiga adalah humanistik. Tokoh dari psikologihumanistik ini salah satunya adalah Abraham H. Maslow.Diawali dengan keberatannya atas teori kepribadian dari SigmundFreud (yang dikembangkan berdasarkan penelitian terhadap individu yangmengalami masalah kejiwaan), Maslow mencoba menemukan ciri-cirikepribadian sehat pada individu-individu yang menurutnya merupakanwakil-wakil terbaik dari spesies manusia. Maslow meneliti kepribadian 46orang, baik yang telah meninggal maupun yang masih hidup, Sebagaihasilnya, Maslow menyimpulkan bahwa semua manusia dilahirkan dengankebutuhan instingtif yang mendorong untuk bertumbuh dan berkembang,untuk mengaktualisasikan diri, mengembangkan potensi yang ada.
II.
 
PEMBAHASAN
1.
 
Riwayat hidup A. H. MaslowAbraham Harold Maslow adalah anak pertama dari ketujuh bersaudara. Ia lahir di Brooklyn, New York, pada tanggal 1 april 1908.Orang tuanya seorang imigran yahudi, berkebangsaan Rusia yang pindah ke Amerika Serikat dengan harapan memperoleh kehidupan yanglebih baik.Atas perintah orang tuanya, Maslow belajar hukum CityCollege of New York (CCNY). Namun, setelah tiga semester, dia pindah ke Cornell lalu kembali lag ke CCNY. Dia menikah dengansepupunya, Bertha Goodman, namun pernikahan ini bertentangandengan keinginan orang tuanya, mereka dikarunia dua orang putri.
1
Makalah ini diajukan untuk bahan diskusi pada makul psikologi
 
1Dia dan bertha kemudian pindah ke Wisconsin agar bisa masuk ke Universitas of Wisconsin. Disinlah ketertarikan Maslow terhadap bidang psikologi mulai tumbuh, sehingga perjalanan akademisnya berubah secara dramatis. Setahun setelah lulus dia kembal ke New York untuk bekerja dengan E.L. Thorndike di Colombia, di mana dia mulaimelakukan penelitian seksualitas manusia.Perjalanan karirnya pada tahun 1951, Maslow menjabat ketuadepartemen psikologi di Brandels selama 10 tahun. Disinilah dia bertemu dengan Kurt Goldstein (yang memperkenlkan ide aktualisasi-diri kepadanya) dan mulai menulis karya-karya teoretisnya sendiri. Disini, dia juga mulai mengembangkan konsep psikologi humanstik. Diameninggal pada tanggal 8 juni 1970 di Calfornia akibat serangan jantung.
2
 Ajaran-Ajaran Dasar Psikologi Humanistik Ajaran-ajaran dasar psikologi humanistic menurut Maslowadalah sebagai berikut:a.
 
Individu sebagai keseluruhan yang integral b.
 
Ketidakrelevanan penyelidikan dengan hewanc.
 
Pembawaan baik manusiad.
 
Potensi kreatif manusiae.
 
Penekanan pada kesehatan psikologis.
3
 2.
 
Teori-Teori Tentang Kebutuhan Dasar ManusiaMenurut Maslow bahwa banyak tingkah laku manusia yang bisa diterangkan dengan memperhatikan tendensi individu untuk mencapai tujuan-tujuan personal yang membuat kehidupan bagi individuyang bersangkutan penuh makna dan memuaskan. Menurutnyakepuasaan itu bersifat sementara yaitu jika suatu kebutuhan telahterpuaskan, maka kebutuhan-kebutuhan yang lainnya akan munculmenuntut kepuasaan, begitu seterusnya. Berdasarkan peristiw tersebut
2
Dr. C. George Boeree,
Theories of Personality 
, Prismashopie, Jogjakarta : 2005, hlm. 276-277
3
E. Koswara,
Teori-Teori Kepribadian
, PT. Eresco, Bandung : 1991, hlm 115-117
 
2oleh Maslow kebutuhan manusia yang tersusun bertingkat itu dirinci kedalam lima tingkat kebutuhan, yakni:a.
 
Kebutuhan FisiologisAdalah sekumpulan kebutuhan dasar yang paling mendesak  pemuasannya karena berkaitan langsung dengan pemeliharaan biologs dan kelangsungan hidup. Kebutuhan ini merupakan pendorong dan pemberi pengaruh yang kuat atas tingkah lakumanusia, dan manusia akan selalu berusaha memuaskannya sebelummemuaskan kebutuhan-kebutuhan lain yang lebih tinggi. b.
 
Kebutuhan Rasa AmanAdalah sesuatu kebutuhan yang mendorong individu untuk memperoleh ketentraman, kepastian, dan keteraturan dari keadaanlingkuangannya.c.
 
Kebutuhan Cinta dan MemilikiAdalah suatu kebutuhan yang mendorong individu untuk mengadakan hubungan afektif atau ikatan emosional denganindividu lain, baik dengan sesame jenis maupun dengan yang berlainan jenis, di lingkungan keluarga ataupun di lingkungankelompok di masyarakat.d.
 
Kebutuhan Rasa Harga DiriOleh Maslow kebutuhan ini dibagi menjadi 2 yaitu penghormatanatau penghargaan dari diri sendiri dan bagian yang ke dua adalah penghargaan dari orang lain. Bagian pertama menckup hasrat untuk memperoleh kompetensi, rasa percya diri, kekuatan pribadi,adekuasi, kemandirian, dan kebebasan. Adapun bagian yang keduameliputi antara lain prestasi. Dalam hal ini individu butuh penghargaan atas apa-apa yang dilakukannya.e.
 
Kebutuhan Aktualisasi DiriKebutuhan untuk mengungkapkan diri atau aktualisasi dirimerupakan kebutuhan manusia yang paling tinggi dalam teoriMaslow. Kebutuhan ini akan muncul apabila kebutuhan-kebutuhanyang ada di bawahnya telah terpuaskan dengan baik.

Activity (33)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Eva Marlina liked this
Ilma Adji liked this
mantugi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->