Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
174Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
POLIFENOL

POLIFENOL

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 6,601 |Likes:
Published by DWI ARIF S

More info:

Published by: DWI ARIF S on Jun 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/14/2013

pdf

text

original

 
POLIFENOL
1.
 
PENDAHULUAN
Tumbuhan yang hidup disekitar kita memiliki kandngan kimia yang unk. Kimiabahan alam yang merupakan hasil dari metabolisme sekunder. Bahan kimia yangsimaksud biasanya di kunakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya dalam bidangfarmasi. Salah satu kelompok senyawa yang banyak memberikan manfaat bagi manusiaadalah polifenol. Senyawa yng termasuk kedalam polifenol ini adalah semua senyawayang memiliki struktur dasar berupa fenol. Fenol sendiri merupkan struktur yangterbentuk dari benzena tersubtitusi dengan gugus –OH. Gugus –OH yang terkandungmerupakan aktivator yang kuat dalam reaksi subtitusi aromatik elektrofilik (Fessenden,1982).
OH
Fenol
 Polifenol dapat diklasifikasikan menjadi beberpa jenis berdasarkan unit basanya(Wikipedia.com) antara lain Asam Galia, Asam Sinamat, dan Flavon. Selain itu senyawa-senyawa polifenol jika berdasarkan komponen penyusun fenolnya dapaat dibagi menjadiFenol, pyrocatechol, pirogallol, resorsinol, floroglucinol, dan hidroquinon. Jenis-jenisdiatas akan dibahas dalam makalah ini. Selain itu juga makalah ini juga akan membahassalah satu contoh senyawa polifenol yang ada didalam teh yang sering kita konsumsi.Senyawa yang dimaksud antara lain epicatechin dan epigallocatechin. Senyawa ini akandibahs tentang reaksi oksidasi dan biosintesis dari turunan epigallocatechin yang berupasenyawa
 
Epigallocatechin gallate (EGCG).Kerena polifenol banyak dimanfaatkan oleh manusia dan sebagian telah diproduksidengan cara disintesis secara industri sebagai obat. Itulah sebabnya kita akan membahastentang beberapa contoh dan fungsi-fungsi senyawa polifenol.
Dwi Arif SulistionoG1C007008F.MIPA. Universitas mataram
 
2.
 
KLASIFIKASI POLIFENOL2.1.
 
Berdasarkan Unit basa.
Polifenol jika diklasifikasikan berdasarkan unit basanya di bagi menjadikelompok 3 kelompok besar yaitu asam galic, polivenol, Flavon, asam sinamat.2.1.1.
 
Asam GalicSenyawa ini memiliki struktur benzen yang tersubtitusi dengan 3 gugu –OH dan satu gugus Karboksilat. Contohnya seperti jenis hydrolyzabletannins yang merupakan jenis tanin yang dapat larut di dalam airmembentuk asam gallic dan asam protocatechuic dan gula. Contoh jenisini adalah gallotanin (Anonim, 2009)
OOHOHOHOHAsam Galat
 
Senyawa ini tidak terlalu berperan didalam tumbuhan tetapi cukupmemberikan sumbangan manfaat bagi manusia khususnya dalam bidangkesehatan. Senyawa jenis ini telah diteliti dapat menghamba tumor, anti-virus, anti oksidasi, anti deabetes (Hayashi et.al. 2002) dan anti cacing(Mori et.al, 2000).2.1.2.
 
Flavon.Jeniss polifenol ini yang apaling banyak terdapat dialam. Senyawaini juga termasuk flavonoid yang telah dibahas dalam makalah bab yanglain. Contoh senyawa ini adalah epicatechin dan epigalocatechin, senyawaini terkandung di dalam teh yang memiliki fungsi sebagai antioksidan.
OHOHOOHOHOHEpicatechinOHOHOOHOHOHOHEpigallocatechin
 
 
2.1.3.
 
Asam sinaSenyaSalahtumbuhanmemiliki stpaga lignin
2.2.
 
Berdasarkan Sub
2.2.1.
 
Fenol
 
Senyawtersusun daadalah capmemiliki s2009)
OHOCH
3
 ata jenis ini memiliki struktur umum
OOH
 
satu contoh jenis ini dalah lignin. Lignin baebagai penyusun dinding sel. Senyawa ini bruktur kompleks dan berat molekul lebih dadisebut monolignols. Berikut gambar lignin
omponen Fenoliknya.
ini memiliki memiliki subkomponen berupri benzen tersubtitusi dengan gugus –OH. Saaisin, yang merupakan zat pedas pada cabe.bkomponen fenol dan terdapat amina didala
NHOCH
3
CCapsaisin
 nyak terdapat padarupa polimer yangi 10.000. monomerStruktur Ligninfenol yanglah satu contohnyaS
 
enyawaa inimnya (Sudarma,
H
3
 

Activity (174)

You've already reviewed this. Edit your review.
Drain Indra added this note
mana referensunya???
1 hundred reads
1 thousand reads
Nitha Elzzayarri liked this
Andi Anggriani liked this
Nella Adi Tirta liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->