Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
15Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Manajemen Tentang an Teori Manajemen

Makalah Manajemen Tentang an Teori Manajemen

Ratings: (0)|Views: 1,924|Likes:
Published by Arief Iesp

More info:

Published by: Arief Iesp on Jun 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/22/2012

pdf

text

original

 
MAKALAH MANAJEMEN TENTANG PERKEMBANGAN TEORI MANAJEMENPERKEMBANGAN TEORI MANAJEMENA.PengantarPerkembangan teori manajemen sampai pada saat ini telah berkembang dengan pesat. Tapi sampaidetik ini pula belum ada suatu teori yang bersifat umum ataupun berupa kumpulan-kumpulanhukum bagi manajemen yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Para manajemenbanyak mengalami dan menjumpai pandangan-pandangan tentang manajemen, yang berbedaadalah dalam penerapannya.Dalam bab ini akan dikupas tiga aliran pemikiran manajemen, yaitu :1. Aliran klasik yang terbagi dalam manajemen ilmiah dan teori organisasi klasik.2. Aliran hubungan manusiawi, disebut sebagai aliran neoklasik atau pasca klasik.3. Aliran manajemen modern.Disamping itu akan dibicarakan juga dua pendekatan manajemen yaitu :1. Pendekatan sistem (System Approach)2. PendekaB. Teori Manajemen KlasikAda dua tokoh manajemen yang mengawali munculnya manajemen, yaitu :1. Robert Owen (1771 1858)Dimulai pada awal tahun 1800-an sebagai Mnajer Pabrik PemintalanKapas di New Lanark, Skotlandia. Robert Owen mencurahkan perhatiannya pada penggunaan faktorproduksi mesin dan faktor produksi tenaga kerja. Dari hasil pengamatannya disimpulkan bahwa,bilamana terhadap mesin diadakan suatu perawatan yang baik akan memberikan keuntungankepada perusahaan, demikian pula halnya pada tenaga kerja, apabila tenaga kerja dipelihara dandirawat (dalam arti adanya perhatian baik kompensasi, kesehatan, tunjangan dan lain sebagainya)oleh pimpinan perusahaan akan memberikan keuntungan kepada perusahaan. Selanjutnyadikatakan bahwa kuantitas dan kualitas hasil pekerjaan dipengaruhi oleh situasi ekstern dan interndari pekerjaan. Atas hasil penelitiannya Robert Owen dikenal sebagai Bapak Manajemen Personalia.2. Charles Babbage (1792 1871)Charles Babbage adalah seorang Profesor Matematika dari Inggris yang menaruh perhatian danminat pada bidang manajemen. Dia dipercaya bahwa aplikasi prinsip-prinsip ilmiah pada proses kerjaakan menaikkan produktivitas dari tenaga kerja menurunkan biaya, karena pekerjaan-pekerjaandilakukan secara efektif dan efisien. Dia menganjurkan agar para manajer bertukar pengalaman dandalam penerapan prinsip-prinsip manajemen. Pembagian kerja (devision of labour), mempunyaibeberapa keunggulan, yaitu :1. Waktu yang diperlukan untuk belajar dari pengalaman-pengalaman yang baru.
 
2. Banyaknya waktu yang terbuang bila seseorang berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainakan menghambat kemajuan dan ketrampilan pekerja, untuk itu diperlukan spesialisasi dalampekerjaannya.3. Kecakapan dan keahlian seseorang bertambah karena seorang pekerja bekerja terus menerusdalam tugasnya.4. Adanya perhatian pada pekerjaannya sehingga dapat meresapi alat-alatnya karena perhatiannyapada itu-itu saja.Kontribusi lain dari Charles Babbage yaitu mengembangkan kerja sama yang salingmenguntungkan antara para pekerja dengan pemilik perusahaan, juga membuat skemaperencanaan pembagian keuntungan.c. teori manajeman ilmiahTokoh-tokoh dari teori manajemen ilmiah antara lain Frederick Winslow Taylor, Frank dan LilianGilbreth, Henry L. Gantt dan Harrington Emerson.1. Frederick Winslow TaylorPertama kalimanajemen ilmiah atau manajemen yang menggunakan ilmu pengetahuan dibahas,pada sekitar tahun 1900an. Taylor adalah manajer dan penasihat perusahaan dan merupakan salahseorang tokoh terbesar manajemen. Taylor dikenal sebagai bapak manajemen ilmiah (scientifickmanagement).Hasil penelitian dan analisanya ditetapkan beberapa prinsip yang menggantikan prinsip lamayaitu sistem coba-coba atau yang lebih dikenal dengan nama sistem trial and error.Hakekat pertamadaripada manajemen ilmiah yaitu A great mental revolution, karena hal ini menyangkut manajer dankaryawan. Hakekat yang ke dua yaitu penerapan ilmu pengetahuan untuk menghilangkan sistemcoba-coba dalam setiap unsur pekerjaan.Taylor mengemukakan empat prinsip Scientific Management, yaitu :1. menghilangkan sistem coba-coba dan menerapkan metode-metode ilmu pengetahuan disetiapunsur-unsur kegiatan.2. memilih pekerjaan terbaik untuk setiap tugas tertentu, selanjutnya memberikan latihan danpendidikan kepada pekerja.3. setiap petugas harus menerapkan hasil-hasil ilmu pengetahuan di dalam menjalankan tugasnya.Hal yang menarik dari pendapat Taylor salah satunya adalah mengenai posisi manajer. Dimanamanajer adalah pelayan bagi bahwahannya yang bertentangan dengan pendapat sebelumnya yangmengatakan bahwa bawahan adalah pelayan manajer. Oleh Taylor ini dinamakan studi gerak danwaktu (Time and a motion study).2. Henry Laurance Gantt (1861 1919)Henry merupakan asisten dari Taylor, dia berdiri sendiri sebagaiseorang konsultan, dimana titik perhatiannya pada unsur manusia dalam menaikkan produktivitaskerjanya. Adapun gagasan yang dicetuskannya yaitu :1. kerja sama yang saling menguntungkan antara manajer dan tenaga kerja untuk mencapai tujuanbersama.
 
2. mengadakan seleksi ilmiah terhadap tenaga kerja.3. pembayar upah pegawai dengan menggunakan sistem bonus.4. penggunaan instruksi kerja yang terperinci.D. Teori Organisasi KlasikTokoh-tokoh teori organisasi klasik antara lain yaitu Henry Fayol, James D. Mooney, Mary ParkerFollett dan Chaster I. Bernard.1. Henry Fayol (1841-1925)Fayol adalah seorang industrialis Perancis. Fayol mengatakan bahwa teori dan teknik administrasimerupakan dasar pengelolaan organisasi yang kompleks, ini diungkapkan dalam bukunya yangberjudul Administration Industrielle et General atau Gneral and Industrial Management yang ditulispada tahun 1908 oleh Constance Storrs.Fayol membagimanajemen menjadi lima unsur yaituperencanaan, pengorganisasian, pemberian perintah, pengkoordinasian dan pengawasan, fungsi inidikenal sebagai fungsionalisme.Fayol. Selanjutnya membagi enam kegiatan manajemen, yaitu1. Teknik Produksi dan Manufakturing Produk,2. Komersial, 3. Keuangan, 4. Keamanan, 5. Akuntansi dan 6. Manajerial.Henry Fayol mengemukakan14 prinsip manajemen, yaitu1. Devision of WorkAdanya spesialisasi dalam pekerjaan2. Uathority and ResponsibilityWewenang yaitu hak untuk memberi perintah dan kekuasaan untukmeminta dipatuhi.3. DiciplineMelakukan apa yang sudah menjadi persetujuan bersama.4. Unity of CommandSetiap bawahan hanya menerima instruksi dari seorang atasan saja untukmenghilangkan kebingungan dan saling lempar tanggung jawab.5. Unity of DirectionOne head and one plan or a group or activities having the same objective.Seluruh kegiatan dalam organisasi yang mempunyai tujuan sama harus diarahkan oleh seorangmanajer :6. Subordination of Individual Interest to Generale InterestKepentingan seseorang tidak boleh di ataskepentingan bersama atau organisasi.7. RenumerationGaji bagi pegawai merupakan harga servis atau layanan yang diberikan,kompensasi.

Activity (15)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Abie Muhammad liked this
Dekha Cassandra liked this
RevAn RaSky liked this
RevAn RaSky liked this
Lionel Ajah liked this
Bambang Adi liked this
Kreji Alexander liked this
prinoliz liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->