Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Analisis+Butir+Soal

Analisis+Butir+Soal

Ratings: (0)|Views: 708|Likes:
Published by iwansukma78

More info:

Published by: iwansukma78 on Jun 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/28/2010

pdf

text

original

 
ANALISIS BUTIR SOAL
by adolfr@blogspot.comKegiatan analisis butir soal adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh guru untuk meningkatkan mutusoal yang telah ditulis.Kegiatan ini antara lain :1. Pengumpulan.2. Peringkasan.3. Penggunaan informasi dari jawaban siswauntuk membuat keputussan tentang setiap penilaian.Tujuan Analisis butir soal adalah :1. Tujuan Penelaan. Untuk mengkaji dan menelaah setiap butir soal agar diperoleh soal yangbermutu sebelum digunakan.2. Tujuan Analisis Soal. Untuk meningkatkan tes melalui revisi atau membuang soal yang tidakefektif, serta mengetahui informasi diagnostik pada siswa apakah mereka sudah/belummemahami materi yang telah diajarkan.Soal yang bermutu adalah soal yang dapat memberikan informasi setepat-tepatnya sesuai dengantujuannya, diantaranya dapat menentukan siswa mana yang sudah atau belum menguasai materi yangdiajarkan guru. Analisis Butir soal dapat kita bedakan menjadi dua1. Analisis Kwalitatif. Analisis yang berkaitan dengan isi dan bentuk.2. Analisis Kwantitatif. Analisis yang berkaitan dengan ciri-ciri statistik, atau prosedur secara judgment dan prosedur secara empirik. Analisis Kwalitatif mencakup pertimbangan validitas isinya, sedangkan analisis Kwantitatif mencakupkesulitian butir soal dan diskriminasi soal yang termasuk validitas soal dan reliabilitasnya.Manfaat Analisis Butir SoalManfaat analisis butir soal adalah :1. Membantu pengguna tes dalam evaluasi atas tes yang digunakan.2. Revisi seperti untuk tes informal dan lokal seperti tes yang disiapkan oleh guru di sekolah.3. Mendukung penulisan soal yang efektif.4. Memberikan masukan kepada guru tentang kesulitan siswa.5. Merevisi materi yang dinilai atau yang diukur.6. Meningkatkan ketrampilan penulisan soal.Menurut Linn dan Gronlund analisis penulisan soal didisain untuk menjawab pertanyaan sbb:1. Apakah fungsi soal sudah tepat.2. Apakah soal sudah memiliki tingkat kesukaran yang tepat.3. Apakah soal bebas dari hal-hal yang tidak relevan.4. Apakah pilihan jawaban efektif.Manfaat Anlisis butir soal bermanfaat sebagai :1. Mendiskusikan efisiensi tentang hasil tes.2. Untuk merakit soal remedial.
 
3. Untuk meningkatkan pembelajaran kelas.4. Untuk meningkatkan pada konstrusi tes.Kesimpulan Analisis butir soal bermanfaat untuk :1. Menentukan soal-soal yang cacat atau tidak berfungsi penggunaannya.2. Untuk meningkatkan butir soal melalui empat komponen analisis yaitu :
y
Tingkat kesukaran soal.
y
Daya pembeda.
y
Pengecoh soal.
y
Meningkatkan pembelajaran melalui ambiguitas dan keterampilan tertentu
yang menyebabkansiswa kesulitan.
 
Berikut ini disajikan contoh analisis soal.
NAMASISWANomor soal * SKORTOTAL #KETERANGAN4 6 8 5 1 2 3 10 4 7 AbangBungaCintaDoankElang1101111011110111110011000101000110000110001001000076543
NormalNormalMengantukMenebakLambat, berat
4 4 4 3 2 2 2 2 2 1
Catatan :* Soal disusun dari yang paling mudah hingga yang paling sulit.# skor siswa disusun dari yang paling tinggi hingga yang paling rendah.
KesimpulanSoal nomor 4 dan 7 masing-masing hanya dapat dijawab oleh Cinta dan Abang, hal ini dapatmemberikan informasi kepada guru tentang materi yang diajarkan kepada siswa.Untuk mengevaluasi maka perlu diadakan perbaikan diri melalui informasi berikut, denganmeberikan tanda centang pada kolom pertanyaan.
Keterangan Ya Tidak1. Apakah guru telah membuat persiapan mengajar khususnya materi yang bersangkutan.2. Apakah guru menguasai materi yang bersangkutan.
 
3. Apakah tutor telah mengajar secara maksimal.4. Apakah prilaku yang ditanyakan dalam butir soal telahsudah tepat (harus dikuasai siswa).5. Apakah materi yang ditanyakan merupakan materiurgen (penting sesuai dengan KD), kontinuitas,relevansi, dan keterpakaian dalam kehidupan sehari-hari.6. Apakah guru memiliki kreatifitas dalam mengajarkanmateri yang bersangkutan.7. Apakah guru mampu membangkitkan minat dankegiatan belajar warga belajar khususnya materi yangdiajarkan.8. Apakah guru telah menyusun kisi-kis idan kaidahpenulisan soal serta menyusun pedoman penskoranatau pedoman pengamatan.9. Apakah guru menulis soal berdasarkan indicator dalamkisi-kisi dan kaidah penulisan soal serta menyusunpedoman penskoran atau pedoman pengamatan.10. Apakah soal nomor 4 dan 7 valid memiliki dayapembeda tinggi, tidak salah kunci jawaban, pengecohtelah berfungsi dengan baik, atau memang materinyabelum diajarkanDari kesepuluh pertanyaan diatas berikan tanda centang pada item soal sesuai dengan persiapan yangtelah dilakukan.Bila dalam item tersebut masih banyak yang belum dilakukan maka segeralah perbaiki langkah-lankahtesebut, saya yakin dengan persiapan yang baik maka akan menghasilkan out put yang baik pula.Selamat mencobah.Bersambung ke tulisan saya berikutnya «. Kaidah penulisan soal yang baik.Banyak guru-guru maupun para dosen belum memahami kaidah penulisan soal yang baik sehinggaterkadang tampilan rakitan soal acak-acakan dari sudut layout, akan tetapi yang paling menyedihkanadalah kaidah penulisan soal, baik kata opersional yang boleh dan tidak boleh digunakan, serta tandabaca dan ellipsis yang harus dibuat dalam soal sering tidak menggunakan kaidah-kaidah yang benar.Bahkan penulis buku sekalipun sering melakukan kesalahan apalagi guru yang sering melakukan jalanpintas dengan mengutip soal-soal yang dirakit oleh penulis buku.Lalu pertanyaannya apakah tidak boleh menggunakan soal yang telah dirakit oleh penulis buku paket?Jawabannya tentu saja boleh asalkan kaidah penulisannya telah benar, dan materi yang diajarkandisekolah sudah sesuai dengan KD yang disusun oleh pemerintah dan indikator yang disajikan diSekolah yang merupakan wewenang guru (pihak sekolah) sudah sesuai dengan soal yang dirakit. Tapisebaiknya gurulah yang merakit sendiri soal untuk diujikan karena guru tersebut lebih mengetahuiindikator materi yang telah disajikannya di dalam kelas.Lalu bagaimana cara merakit soal yang baik?

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
danahnur liked this
Suryo Pranoto liked this
pembelajar21 liked this
sholihinshut liked this
sholihinshut liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->