Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
200Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENGERTIAN ANAK BALITA

PENGERTIAN ANAK BALITA

Ratings: (0)|Views: 47,342|Likes:
Published by Olan Ndaa

More info:

Published by: Olan Ndaa on Jun 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/31/2014

pdf

text

original

 
1.
 
PENGERTIAN ANAK BALITA
 
1.
Anak Balita sebagai masa emas atau
"golden age" 
yaitu insanmanusia yang berusia 0-6 tahun (UU No. 20 Tahun 2003),meskipun sebagian pakar menyebut anak balita adalah anakdalam rentang usia 0-8 tahun.
 2
.
Kelompok anak yang berada dalam proses pertumbuhan danperkembangan yang bersifat unik, artinya memiliki polapertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halusdan motorik kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta,kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio-emosional(sikap dan perilaku serta agama), bahasa dan komunikasi yangkhusus sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembanganyang sedang dilalui oleh anak tersebut.
 3
.
Secara psikologis, rentang usia tersebut dibagi dalam 3tahapan yaitu masa sebelum lahir, masa bayi dan masa awalkanak-kanak. Pada ketiga tahapan tersebut banyak terjadiperubahan yang mencolok, baik fisik maupun psikologis,karena tekanan budaya dan harapan untuk menguasai tugas-tugas perkembangan tertentu, yang akan mempengaruhitumbuh kembang anak. Pembagian menurut tahapan tersebutsangat tergantung pada faktor sosial, yaitu tuntutan danharapan untuk menguasai proses perkembangan yang harusdilampaui anak dari lingkungannya.
4
.
Pada setiap tahap perkembangan, terdapat beberapa aspekfisik dan psikologis yang terjadi, misalnya pada masa bayisecara umum menunjukkan bahwa anak sangat tergantungpada orang dewasa, sedangkan saat anak memasuki awalmasa kanak-kanak, ketergantungan mulai berkurang dan adaharapan serta perlakuan tertentu dari kelompok sosial sertamulai tumbuh kemandirian, yang akan berakhir saat anak mulaimasuk sekolah dasar. Perkembangan pada setiap aspekmemiliki tingkat dan kecepatan yang berbeda-beda baik,tergantung dari faktor individu maupun lingkungan yangmenstimulirnya. Seluruh perkembangan ini akan dilampauianak dan setiap aspek perkembangannya tidak berdiri sendirimelainkan saling terkait satu sama lain.
5
.
Bedasarkan hal tersebut, maka tumbuh kembang anak sertakemampuan mereka dapat diidentifikasi lebih awal, yangselanjutnya dapat dikembangkan. Berbekal pemahamantentang perkembangan anak balita maka orang tua atau orang
 
dewasa lainnya dapat mengetahui titik terpenting untukpengembangannya, dengan menitik beratkan pada masabelajar anak. Dengan demikian pertumbuhan danperkembangan anak balita tersebut perlu diarahkan padapeletakan dasar-dasar yang tepat bagi pertumbuhan danperkembangan fisik, daya pikir, daya cipta, sosio-emosional,bahasa, komunikasi yang seimbang sebagai dasar pembentukan pribadi.
 2
.
 
PERKEMBANGAN ANAK BALITA
 
1.
 
Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Anak
 
Perkembangan kemampuan dasar anak-anak berkolerasidengan pertumbuhan dan mempunyai pola yang tetap danberlangsung secara berurutan. Dalam rangka merangsangtumbuh kembang anak secara optimal makapengembangannya harus dilakukan secara menyeluruhterhadap semua aspek kemampuan yang sesuai denganpembagian kelompok umur.Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran dan jumlah selserta jaringan interselular. Berarti bertambahnya ukuran fisikdan struktur tubuh sebagain atau keseluruhan, sehingga dapatdiukur dengan satuan panjang dan berat.
 
Perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuhyang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerakhalus, bicara dan bahasa, serta sosialisai dan kemandirian.
 
Pertumbuhan terjadi secara simultan dengan perkembangan.Berbeda dengan pertumbuhan, perkembangan merupakanhasil interaksi kematangan susunan saraf pusat dengan organyang dipengaruhinya.
 3
.
 
1.
 
C
iri Perkembangan Anak
 
 
Proses tumbuh kembang anak mempunyai beberapa ciri yangsaling berkaitan. Ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut.
 
1.
Perkembangkan menimbulkan perubahan
 
Perkembangan terjadi bersamaan dengan pertumbuhan.Setiap pertumbuhan disertai dengan perubahan fungsi.
2
.
Pertumbuhan dan perkembangan pada tahap awalmenentukan perkembangan selanjutnya
 
Setiap anak tidak akan bisa melewati satu tahapperkembangan sebelum ia mengalami tahapansebelumnya. Contoh: seorang anak tidak akan bisaberjalan sebelum ia bisa berdiri, dan tidak akan bisaberdiri jika pertumbuhan kai dan bagian tubuh lain yangterkait dengan fungsi berdiri anak terlambat. Karena ituperkembangan awal ini merupakan masa kritis karenaakan menentukan perkembangan selanjutnya.
 3
.
Pertumbuhan dan perkembangan mempunyai kecepatanyang berbeda
 
Pertumbuhan dan perkembangan mempunyai kecepatanyang berbeda-beda, baik dalam pertumbuhan fisikmaupun perkembangan fungsi organ dan perkembanganpada masing-masing anak.
 4
.
Perkembangan berkorelasi dengan pertumbuhan
 
Pada saat pertumbuhan berlangsung cepat,perkembangan pun demikian, terjadi peningkatan mental,memori, daya nalar, asosiasi dan lain-lain.
 5
.
Perkembangan mempunyai pola yang tetap
 
Perkembangan fungsi organ tubuh terjadi menurut duahukum yang tetap, yaitu:
 
1.
Perkembangan terjadi lebih dahulu di daerahkepala, kemudian menuju ke arah anggota tubuh
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->