Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
30Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Nutrisi Pada Ibu Hamil

Nutrisi Pada Ibu Hamil

Ratings: (0)|Views: 951 |Likes:
Published by Listya Sepriati

More info:

Published by: Listya Sepriati on Jun 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2013

pdf

text

original

 
NUTRISI PADA IBU HAMIL
 Zat makanan sangat penting bagi ibu hamil karena berfungsi untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Oleh karena itu, kebutuhan akan zat makanan harus selalu terpenuhi didalam tubuh ibu hamil karena janin memerlukan gizi untuk perkembangannya.Menurut Dr. Tina Wardhani Wisesa, kehamilan sangatlah memiliki arti yang sangat penting bagi kehidupan perempuan karena dapat mempengaruhi kondisi fisiologis dankejiwaan. Dijelaskan, dalam masa ini akan terjadi penurunan nafsu makan akibat faktor fisik maupun psikis sering muncul diawal kehamilan. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya ibuhamil makan dalam jumlah kecil tetapi sering.Makanan yang dimakan, kata Tina, juga hendaknya tidak kekurangan dan tidak jugakelebihan. Namun, yang pasti haruslah banyak mengandung gizi dan cukup mengandungvitamin dan mineral yang banyak yang diperlukan di dalam tubuh ibu hamil. Sebab, ibuhamil sangat memerlukan zat makanan yang lebih banyak dari biasanya karena ibu hamilmakan bukan saja untuk kebutuhan dirinya melainkan juga untuk kebutuhan janinya yang berada dalam tubuh.Dalam mengkonsumsi makanan, ibu hamil harus memperhitungkan nilai gizi makanan yangdikonsumsi, baik bagi dirinya maupun janin yang ada dalam kandungannyaKebutuhan gizi akan terus meningkat, terutama setelah memasuki kehamilan trimester kedua.Sebab pada saat itu, pertumbuhan janin berlangsung sangat cepat dan berat badan ibu punturut naik pesat. Ini berbeda dengan kehamilan pada trimester pertama. Pada saat ini pertumbuhan janin masih belum begitu pesat, sehingga kebutuhan gizinya juga belumoptimal.Pada dua bulan terakhir kehamilan, otak bayi berkembang sangat cepat. Pada periode ini, gizidiperlukan bagi pengembangan otak dan jaringan saraf sang bayi. Sebaiknya makan setiap 4 jam sekali meskipun tidak lapar, kemungkinan bayi yang lapar.Hal lain yang perlu diperhatikan, meskipun nafsu makan meningkat, tetap berpegang pada pola makan dengan gizi seimbang, tidak asal makan karena
lapar mata.
Sebaiknya ibu hamil menghindari makanan berkalori tinggi seperti cokelat dan es krim.Harus diingat pertambahan berat badan ideal selama masa kehamilan adalah berkisar antara10-15 kg.
 
NUTRISI PENTING SELAMA HAMIL
 Seiring pertambahan usia kandungan, maka kebutuhan gizi ibu hamil akan meningkat,terutama setelah memasuki kehamilan trimester kedua. Sebab pada saat itu, pertumbuhan janin berlangsung pesat ± terutama perkembangan otak dan susunan syaraf ² danmembutuhkan asupan gizi yang optimal.
Nutrisi yang diperlukan adalah:
 1.
 
arbohidrat dan lemak 
sebagai sumber zat tenaga untuk menghasilkan kalori dapatdiperoleh dari serealia, umbi-umbian.2.
 
Protein
sebagai sumber zat pembangun dapat diperoleh dari daging, ikan, telur dankacang-kacangan.3.
 
Mineral
sebagai zat pengatur dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur ± sayuran.4.
 
V
itamin B kompleks
berguna untuk menjaga sistem saraf, otot dan jantung agar  berfungsi secara normal. Dapat dijumpai pada serealia, biji ± bijian, kacang-kacangan,sayuran hijau, ragi, telur dan produk susu.5.
 
V
itamin D
berguna untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang bayi Anda.Sumbernya terdapat pada minyak hati ikan, kuning telur dan susu.6.
 
V
itamin E
 berguna bagi pembentukan sel darah merah yang sehat. Makanlahlembaga biji-bijian terutama gandum, kacang-kacangan, minyak sayur dan sayuranhijau.7.
 
Asam folat
berguna untuk perkembangan sistem saraf dan sel darah, banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kembang kol dan brokoli. Pada buah-buahan, asam folat terdapat dalam jeruk, pisang, wortel dan tomat. Kebutuhanasam folat selama hamil adalah 800 mcg per hari, terutama pada 12 minggu pertamakehamilan. Kekurangan asam folat dapat mengganggu pembentukan otak, sampaicacat bawaan pada susunan saraf pusat maupun otak janin.8.
 
Z
at besi
yang dibutuhkan ibu hamil agar terhindar dari anemia, banyak terdapat padasayuran hijau (seperti bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya), daging danhati.9.
 
alsium
, diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, serta melindungi ibuhamil dari osteoporosis Jika kebutuhan kalsium ibu hamil tidak tercukupi, makakekurangan kalsium akan diambil dari tulang ibu. Sumber kalsium yang lain adalahsayuran hijau dan kacang-kacangan. Saat ini kalsium paling baik diperoleh dari sususerta produk olahannya. Susu juga mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, D,B2, B3, dan vitamin C. (conectique.com)
 
Kehamilan adalah suatu kejadian yang hampir selalu ditunggu-tungguSaat ini pun Ibu pada umumnya sudah mengerti bagaimana seharusnya ia lebih menjagakondisi tubuh demi untuk kelancaran kehamilan dan perkembangan janin dalamkandungan. Jika sebelumnya ia makan hanya untuk dirinya sendiri, kini ia harusmencukupi kebutuhan gizinya untuk janinnya pula. Normalnya, sang ibu mengalami peningkatan berat badan selama kehamilan berlangsung. Kenaikan berat badan yang optimal akan berdampak baik padakehamilan maupun output persalinannya kelak. Dengan berat badan yang ideal untuk seorang ibu hamil, pertumbuhan janin pada umumnya akan berlangsung normal.Komplikasi timbulnya gangguan kesehatan dan penyakit lain juga bisa dihindari. Halini pun memberikan efek pada pasca persalinan yaitu kesehatan ibu selama laktasi.Menurut National Academy of Science, variasi kenaikan berat badan ibuhamil tergantung pada berat badan ibu sebelum hamil. Khususnya bisa diketahuidengan menilai body mass index (BMI). Berikut rekomendasi yang disarankan untuk kenaikan total berat badan pada ibu hamil berdasarkan berat badan sebelum hamil.Untuk bisa mencukupi dan menyeimbangkan gizi pada saat hamil danmenyusui, komposisi zat gizi harus diperhatikan. Kalori dicukupi namun janganterlalu banyak, hanya 17%, protein 25% dan vitamin dan mineral 20 ± 100%.Pemberian suplemen vitamin dan mineral ternyata masih merupakan pro dankontra. Menurut keterangan yang bersumber dari Institute of Medicine (USA), semuasuplemen vitamin dan mineral kecuali Fe tidak ada menfaatnya. Namun tetap saja halitu menjadi pro dan kontra sehingga beberapa pihak dari kalangan medis masihmenjadikan suplemen vitamin dan mineral sebagai suplemen ibu hamil untuk menjamin tercukupinya zat gizi pada bumil tersebut.Ibu hamil seharusnya memiliki kadar hemoglobin (Hb) > 11 g/dl. Pada saat post partum minimal harus 10 g/dl. Jika ibu mengalami anemia terutama penyebabyang paling sering adalah karena kekurangan zat besi (Fe) risiko persalinan yangabnormal akan meningkat, demikian pula dengan risiko infeksi ibu dankecenderungan perdarahan yang akan berdampak pada morbiditas dan mortalitas ibudan bayi. Kondisi anemia kekurangan zat besi puncaknya sering terjadi pada trimester 

Activity (30)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Muhar Randi liked this
Elva Hadaming added this note
npa gak bisa d'download..???
murvinand liked this
Dessyana Paulus liked this
Linda Sari liked this
Sri Afni liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->