Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
1Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN

1Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN

Ratings: (0)|Views: 352 |Likes:
Published by bang bagonz

More info:

Published by: bang bagonz on Jun 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2012

pdf

text

original

 
Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN
ASEAN Free Trade Area (AFTA) merupakan wujud dari kesepakatan dari negara-negaraASEAN untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkandaya saing ekonomi kawasan regional ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basisproduksi dunia serta serta menciptakan pasar regional bagi 500 juta penduduknya.AFTA dibentuk pada waktu Konperensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke IV di Singapura tahun1992. Awalnya AFTA ditargetkan ASEAN FreeTrade Area (AFTA) merupakan wujud darikesepakatan dari negara-negara ASEAN untuk membentuk suatu kawasan bebasperdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEANdengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia akan dicapai dalam waktu 15 tahun(1993-2008), kemudian dipercepat menjadi tahun 2003, dan terakhir dipercepat lagi menjaditahun 2002.Skema Common Effective Preferential Tariffs For ASEAN Free Trade Area ( CEPT-AFTA)merupakan suatu skema untuk 1 mewujudkan AFTA melalui : penurunan tarif hingga menjadi0-5%, penghapusan pembatasan kwantitatif dan hambatan-hambatan non tarif lainnya.Perkembangan terakhir yang terkait dengan AFTA adalah adanya kesepakatan untukmenghapuskan semua bea masuk impor barang bagi Brunai Darussalam pada tahun 2010,Indonesia, Malaysia, Philippines, Singapura dan Thailand, dan bagi Cambodia, Laos, Myanmar dan Vietnam pada tahun 2015.ASEAN FREE TRADE ARES (AFTA)
1. Apa yang dimaksud dengan AFTA
ASEAN Free Trade Area (AFTA) adalah kawasan perdagangan bebas ASEAN dimanatidak ada hambatan tarif (bea masuk 0-5%) maupun hambatan non tarif bagi negara-negara anggota ASEAN, melalui skema CEPT-AFTA.
2. Apa tujuan pembentukan AFTA ?
Tujuan AFTA adalah meningkatkan daya saing ekonomi negara-negara ASEAN denganmenjadikan ASEAN sebagai basis produksi pasar dunia, untuk menarik investasi danmeningkatkan perdagangan antar anggota ASEAN.
 
3. Kapan AFTA diberlakukan secara penuh ?
AFTA diberlakukan secara penuh untuk negara ASEAN-6 sejak 1 Januari 2002 denganfleksibilitas (terhadap produk-produk tertentu tarifnya masih diperkenankan lebih dari 0-5%). Target tersebut diterapkan untuk negara ASEAN-6 sedangkan untuk negara barusbb : Vietnam (2006); Laos dan Myanmar (2008); dan Cambodia (2010).
4. Apa yang dimaksud dengan skema CEPT ?
Common Effective Preferential Tarif Scheme (CEPT) adalah program tahapan penurunantarif dan penghapusan hambatan non-tarif yang disepakati bersama oleh negara-negaraASEAN.
5. Produk-produk apa saja yang tercakup dalam skema CEPT-AFTA ?
Semua produk manufaktur, termasuk barang modal dan produk pertanian olahan, sertaproduk-produk yang tidak termasuk dalam definisi produk pertanian. (Produk-produkpertanian sensitive dan highly sensitive dikecualikan dari skema CEPT).
6. Kapan pembatasan Kwantitatif dan Hambatan Non-Tarif dihapuskan ?
Pembatasan kwantitatif dihapuskan segera setelah suatu produk menikmati konsesi CEPT,sedangkan hambatan non-tarif dihapuskan dalam jangka waktu 5 tahun setelah suatuproduk menikmati konsensi CEPT.
7. Apakah ada klasifikasi produk dalam skema CEPT ?
ADA.Produk CEPT diklasifikasikan kedalam 4 daftar, yaitu :· Inclusion List (IL), yaitu daftar yang berisi produk-produk yang memenuhi kriteria sbb :1) jadwal penurunan tarif 2) Tidak ada pembatasan kwantitatif 3) Hambatan non-tarifnya harus dihapuskan dalam waktu 5 tahun.· General Exception List (GEL), yaitu daftar produk yang dikecualikan dari skema CEPToleh suatu negara karena dianggap penting untuk alasan perlindungan keamanannasional, moral masyarakat, kehidupandan kesehatan dari manusia, binatang atautumbuhan, nilai barang-barang seni, bersejarah atau arkeologis. Ketentuan mengenai
 
General Exceptions dalam perjanjian CEPT konsisten dengan Artikel X dari GeneralAgreement on Tariffs and Trade (GATT). Contoh : senjata dan amunisi, narkotik, dsb.· Temporary Exclusions List (TEL). Yaitu dartar yang berisi produk-produk yangdikecucalikan sementara untuk dimasukkan dalam skema CEPT. Produk-produk TELbarang manufaktur harus dimasukkan kedalam IL paling lambat 1 Januari 2002.Produk-produk dalam TEL tidak dapat menikmati konsensi tarif CEPT dari negaraanggaota ASEAN lainnya. Produk dalam TEL tidak ada hubungannya sama sekalidengan produk-prodiuk yang tercakup dalam ketentuan General Exceptions.· Sensitive List, yaitu daftar yang berisi produk-produk pertanian bukan olahan(Unprocessed Agricultural Products = UAP ).1) Produk-produk pertanian bukan olahan adalah bahan baku pertanian dan produk-produk bukan olahan yang tercakup dalam pos tarif 1-24 dari Harmonized SystemCode (HS), dan bahan baku pertanian yang sejenis serta produk-produk bukanolahan yang tercakup dalam pos-pos tarif HS;2) Produk-produk yang telah mengalami perubahan bentuk sedikit dibanding bentukasalnya.Produk dalam SL harus dimasukkan kedalam CEPT dengan jangka waktu untukmasing-masing negara sbb: Brunai Darussalam, Indonesia, Malaysia, Filipina danThailand tahun 2003; Vietnam tahun 2013; Laos dan Myanmar tahun 2015; Camodiatahun 2017.Contoh : beras, gula, produk daging, gandum, bawang putih, cengkeh8.
Apa dimungkinkan suatu negara menunda pemasukan produk TemporaryExclusion List (TEL) kedalam Inclusion List (IL) ?
Hal ini dimungkinkan apabila suatu negara belum siap untuk menurunkan tarif produkmanufaktur, namun penundaan tersebut bersifat sementara.Keterangan mengenai hal ini diatur dengan Protocol Regarding The Implementation Of CEPT Scheme Temporary Exclusion List.
9. Dapatkan suatu produk didalam Inclusion List dipindahkan ke Temporary ExclusionList atau Sensitive List ?

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fifi Damita liked this
muhammadalfan liked this
emmanuelyoga liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->