Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Cinta, Mencintai, Atau Dicintai Pilih Mana

Cinta, Mencintai, Atau Dicintai Pilih Mana

Ratings: (0)|Views: 814 |Likes:
Published by NimO' RatuLobi

More info:

Published by: NimO' RatuLobi on Jul 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2013

pdf

text

original

 
 
CINTA, MENCINTAI atau DICINTAI, PILIH MANA?
Anita Isnaeni (NIM: 110610093) dan cholichul hadiPsikologi UNAIRI.TUJUAN PENULISAN:
1.Tujuan cinta yaitu untuk menebarkan kasih sayang kepada orang lain. Jika di dunia tidak terdapatcinta sama saja dengan membuat sop tanpa garam, alias rasanya hambar. 2. Cinta juga bertujuanuntuk membuat hidup lebih berwarna. 3. Cinta tidak hanya bisa dipersembahkan untuk pasanganmelainkan bisa kepada Tuhan, kedua orang tua, saudara, sahabat, guru, dll
 II.PENGANTAR
Cinta itu adalah sesuatu hal yang abstrak.
 
Cinta adalah ketika kau menyingkirkan perasaan,napsu, dan romantika dalam persahabatan. Dan menemukan bahwa kau masih peduli pada orangitu. Memberi seseorang seluruh cintamu bukanlah suatu jaminan bahwa seseorang tersebut akanmencintaimu kembali! Jangan mengharapkan cinta kembali! Hanya tunggulah, cinta itu akantumbuh dalam hatinya, tapi jika hal itu tidak terjadi, tampunglah cinta itu akan tumbuh dalamdirimu. Cinta diciptakan tidak untuk disimpan atau disembunyikan. Sebuah perasaan yang inginmembagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang. Tidak bisa dilihat tetapi bisadirasakan. Cinta sudah menjadi sama penting dengan keperluan asasi. Makanan, pakaian dan tempatberlindung tidak sempurna tanpa cinta.
 
Cinta membimbing derita, seakan menjadi inspirasikehidupan sekarang yang sarat dengan tumpukan cobaan dan derita. Cinta itu seperti kupu-kupu.Tambah dikejar, tambah lari. Tapi kalau dibiarkan terbang, dia akan datang di saat kamu tidak mengharapkannya. Tapi, berbicara soal cinta memang tidak pernah ada habisnya. Ada air mata, adatawa, ada segalanya. Cinta adalah sesuatu yang indah dan unik anugerah dari Ilahi. Kita diberipeluang untuk menilainya dan pergunakanlah peluang yang diberi dengan sebaik-baiknya. Cintabisa bikin hati kita berbunga-bunga, dunia serasa begitu indah, pikiran tenang, jasmani sehat,bahkan kita jadi kreatif disebabkan oleh cinta. Jadi, berbahagialah memiliki cinta. Cinta kelewatmahal untuk dibiarkan begitu saja tanpa dirasakan. Memang benar, cinta itu universal. Kita bisamencintai orang tua kita, mencintai kakak-adik, juga mencintai teman-teman kita. Bahkan dalamdimensi lain, cinta kita mampu menembus batas negara ketika melihat saudara kita di belahan dunialain menderita. Dan…. kita juga bisa mencintai Allah Swt. dan RasulNya dengan sepenuh hati dan jiwa. Sepertinya memang sudah menjadi ‘kesepakatan’ umum kalau cinta itu bisa membuat hiduplebih hidup (meski bagi sebagian kalangan, cinta juga bisa menciptakan kematian dalam hidup. Itukalau cintanya yang nggak kesampaian). Hanya butuh 1 menit untuk dapat suka dengan seseorang,hanya butuh 1 jam untuk menyukai seseorang dan 1 hari untuk mencintai seseorang tapi butuhwaktu seumur hidup untuk melupakan seseorang. Pergilah untuk seseorang yang membuatmutersenyum karena hanya butuh senyuman untuk membuat hari yang gelap terlihat terang. Adamasanya dalam hidup ketika kamu merasa sangat merindukan seseorang dan kamu berharap dapatmengambil dia dari mimpimu dan memeluknya dalam kehidupan nyata! Bermimpilah apa yangkamu ingin mimpikan, pergilah kemana kamu ingin pergi, jadilah apa yang kamu ingini karenakamu hanya mempunyai satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan semua hal yangkamu ingin lakukan. Nah, secara umum pada tahap awal, setiap orang yang merasakan jatuh cintaselalu berbunga-bunga dan ceria. Kenapa??? Karena cinta konon kabarnya mengandung segalaperasaan indah tentang kebahagiaan (happiness), menyenangkan (comfort), kepercayaan (trust),persahabatan (friendship), dan kasih-sayang (affection).
 
 Diatas adalah contoh foto bahwa cinta tidak hanya bisa kita lakukan kepada pasangan lawan jenismelainkan sahabat.II.I PERMASALAHAN: Mana yang lebih menyenangkan dan bermanfaat, Ketika seseorangdicintai orang lain, mencintai orang lain, atau saling mencintai satu dengan yang lain?IV. METHOD. Eksplorasi pengalaman orang lain dan diri sendiriV. TEMUAN-TEMUAN:
KEUTAMAAN DALAM CINTA1.Cinta tidak melenyapkan semua masalah
. Penganut faham romantik percaya cinta bisamengatasi masalah.Seakan-akan cinta itu obat bagi segala penyakit ( panacea ). Kemiskinan danbanyak problem lain diyakini bisa diatasi dengan berbekal cinta belaka. Faktanya, cinta tidaklahseajaib itu. Cinta hanya bisa membuat sepasang kekasih berani menghadapi masalah. Permasalahanseberat apapun mungkin didekati dengan jernih agar bisa dicarikan jalan keluar. Orang yang tengahmabuk kepayang -- berarti tidak benar-benar mencinta -- cenderung membutakan mata saat tercegatmasalah. Alih-alih bertindak dengan akal sehat, dia mengenyampingkan problem.2.
Cinta cenderung konstan.
Ya, cinta itu bergerak konstan. Maka kita patut curiga bila grafik perasaan kita pada kekasih turun naik sangat tajam. Kalau saat jauh kita merasa kekasih lebih hebatdibanding saat bersama, itu pertanda kita mengidealisasikannya, bukan melihatnya secara realistis.Lantas saat kembali bersama, kita memandang kekasih dengan lebih kritis dan hilanglah segalabayangan hebat itu. Sebaliknya berhati-hatilah bila kita merasa kekasih hebat saat kita berdekatan
 
 dengannya dan tidak lagi merasakan hal yang sama saat dia jauh. Hal sedemikian menandakan kitaterkecoh oleh daya tarik fisik. Cinta terhitung sehat bila saat dekat dan jauh dari pasangan, kitamenyukainya dalam kadar sebanding.3.
Cinta tidak bertumpu pada daya tarik fisik
Dalam hubungan cinta, daya tarik fisik penting.Tapi bahaya bila kita menyukai kekasih hanya sebatas fisik dan membencinya untuk banyak faktorlainnya. Saat jatuh cinta, kita menikmati dan memberi makna penting bagi setiap kontak fisik.Kontak fisik, ketahuilah, hanya terasa menyenangkan bila kita dan pasangan saling menyukaipersonalitas masing-masing. Maka bukan cinta namanya, melainkan nafsu, bila kita menganggapkontak fisik hanya memberi sensasi menyenangkan tanpa makna apa-apa. Dalam cinta, afeksiterwujud belakangan saat hubungan kian dalam. Sedang nafsu menuntut pemuasan fisik sedaripermulaan.4.
Cinta tidak buta, tapi menerima
. Cinta itu buta? Tidak sama sekali. Orang yang mencintamelihat dan menyadari sisi buruk kekasih. Karena besarnya cinta, dia berusaha menerima danmentolerir. Tentu ada keinginan agar sisi buruk itu membaik. Namun keinginan itu haruslahdidasari perhatian dan maksud baik. Tidak boleh ada kritik kasar, penolakan, kegeraman, atau rasa jijik. Nafsulah yang buta. Meski pasangan sangat buruk, orang yang menjalin hubungan denganpenuh nafsu menerima tanpa keinginan memperbaiki. Juga meninggalkan pasangan saatkeinginannya terpuaskan, hanya karena pasangan punya secuil keburukan yang sangat mungkindiperbaiki.5.
Cinta memperhatikan kelanjutan hubungan
. Orang yang benar-benar mencintamemperhatikan perkembangan hubungan dengan kekasih. Dia menghindari segala hal yangmungkin merusak hubungan. Sebisa mungkin dia melakukan tindakan yang bisa memperkuat,mempertahankan, dan memajukan hubungan. Orang yang sedang tergila-gila mungkin sajaberusaha keras menyenangkan kekasih. Namun usaha itu semata-mata dilakukan agar kekasihmenerimanya, sehingga tercapailah kepuasan yang diincar. Orang yang mencinta menyenangkanpasangan untuk memperkuat hubungan.6.
Cinta berani melakukan hal menyakitkan
. Selain berusaha menyenangkan kekasih, orangyang sungguh- sungguh mencinta memiliki perhatian, keprihatinan, pengertian, dan keberanianuntuk melakukan hal yang tidak disukai kekasih demi kebaikan. Seperti seorang ibu yang berkata"tidak" saat anaknya minta es krim, padahal sedang flu. Begitulah kita semua seharusnya bersikappada pasangan.

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Lia Dhani liked this
Candra Sihombing liked this
plasaxxx liked this
Izul D'aisyz liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->