Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
10Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Karakteristik STAD

Karakteristik STAD

Ratings: (0)|Views: 2,411|Likes:
Published by Embargo Nugroho
STAD dikenal juga dengan Students Team Achievement Division. Metode Pengajaran ini terbilang masih susah diterapkan di sekolah tempat gue ngajar karena secara tempatnya juga terbilang baru dan kelompok ahli untuk membuat metode ini berjalan belum ada.
STAD dikenal juga dengan Students Team Achievement Division. Metode Pengajaran ini terbilang masih susah diterapkan di sekolah tempat gue ngajar karena secara tempatnya juga terbilang baru dan kelompok ahli untuk membuat metode ini berjalan belum ada.

More info:

Published by: Embargo Nugroho on Jul 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/14/2012

pdf

text

original

 
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
 
Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu metode atau pendekatan dalam pembelajarankooperatif yang sederhana dan baik untuk guru yang baru mulai menggunakan pendekatan kooperatif dalam kelas,STAD juga merupakan suatu metode pembelajaran kooperatif yang efektif. Seperti telah disebutkan sebelumnyabahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD terdiri lima komponen utama, yaitu penyajian kelas, belajar kelompok,kuis, skor pengembangan dan penghargaan kelompok. Selain itu STAD juga terdiri dari siklus kegiatan pengajaranyang teratur.Variasi Model STADLima komponen utama pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu:a) Penyajian kelas.b) Belajar kelompok.c) Kuis.d) Skor Perkembangan.e) Penghargaan kelompok.Berikut ini uraian selengkapnya dari pembelajaran kooperatif tipe StudentTeams Achievement Division (STAD).1. PengajaranTujuan utama dari pengajaran ini adalah guru menyajikan materi pelajaran sesuai dengan yang direncanakan.Setiap awal dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD selalu dimulai dengan penyajian kelas.Penyajian tersebutmencakup pembukaan, pengembangan dan latihan terbimbing dari keseluruhan pelajaran dengan penekanandalam penyajian materi pelajaran.a) Pembukaan1) Menyampaikan pada siswa apa yang hendak mereka pelajari dan mengapa hal itu penting. Timbulkan rasa ingintahu siswa dengan demonstrasi yang menimbulkan teka-teki, masalah kehidupan nyata, atau cara lain.2) Guru dapat menyuruh siswa bekerja dalam kelompok untuk menemukan konsep atau merangsang keinginanmereka pada pelajaran tersebut.3) Ulangi secara singkat ketrampilan atau informasi yang merupakan syarat mutlak.b) Pengembangan1) Kembangkan materi pembelajaran sesuai dengan apa yang akan dipelajari siswa dalam kelompok.2) Pembelajaran kooperatif menekankan, bahwa belajar adalah memahami makna bukan hapalan.3) Mengontrol pemahaman siswa sesering mungkin dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan.4) Memberi penjelasan mengapa jawaban pertanyaan tersebut benar atau salah.5) Beralih pada konsep yang lain jika siswa telah memahami pokok masalahnya.c) Latihan Terbimbing1) Menyuruh semua siswa mengerjakan soal atas pertanyaan yang diberikan.2) Memanggil siswa secara acak untuk menjawab atau menyelesaikan soal. Hal ini bertujuan supaya semua siswaselalu mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Amel Sahubawa liked this
Ahmad Jita liked this
Arkas Suleepan liked this
Den Sobri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->