Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KOBEN 19

KOBEN 19

Ratings: (0)|Views: 382 |Likes:
Published by Agun Djumhendi
Belajarlah ke Kota
Tangerang…” spontan pernyataan itu
meluncur dari bibir Agus R Wisas,
Anggota Komisi IV DPRD Propinsi
Banten kepada wartawan
mengungkapkan kekecewaannya
atas opini Wajar Dengan
Pengecualian (WDP) BPK-RI untuk
Laporan Keuangan Propinsi Banten,
akhir pekan keempat Juni 2010 di
Serang.
Belajarlah ke Kota
Tangerang…” spontan pernyataan itu
meluncur dari bibir Agus R Wisas,
Anggota Komisi IV DPRD Propinsi
Banten kepada wartawan
mengungkapkan kekecewaannya
atas opini Wajar Dengan
Pengecualian (WDP) BPK-RI untuk
Laporan Keuangan Propinsi Banten,
akhir pekan keempat Juni 2010 di
Serang.

More info:

Published by: Agun Djumhendi on Jul 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/02/2012

pdf

text

original

 
MEMBANGUN MASYARAKAT BERAHKLAQUL KARIMAH
TERBIT KAMIS 12 Halaman
Th.VIII/Pekan 3/ Rajab 1431 HTh.VIII/Pekan 1/ Juli 2010 M
Edisi 19
klik www.tangerangkota.go.id 
Disampaikan dalamRapat Paripurna DPRD Kota Tangerang
 “Gubernur jangan gengsiuntuk belajar laporan ke-uangan kepada Wali kota Tangerang Wahidin Halim,” kata Agus, Jumat (25/6),seperti dikutip
TEMPO In- teraktif 
. Menurutnya, Wali-kota Tangerang sudah tigakali mendapatkan opiniWajar Tanpa Pengecualian(WTP) dari BPK-RI. “Semen-tara, Pemprov Banten su-dah tiga kali mendapatkanopini Wajar Dengan Penge-cualian (WDP) dari BPK…” 
KOTA BENTENG 
meng-informasikan sebenarnyakunjungan kerja pejabateksekutif dan legislatif darikota, kabupaten, dan pro-pinsi se-Indonesia yang inginmempelajari pelaporan ke-uangan terbaik Kota Ta-ngerang sehingga tiga ta-hun berturut-turut meraihWTS, dalam 2,5 tahunsesaat Pemkot Tangerangmeraih Opini WTP dari BPK-RI, memang tercatat sangatbanyak.Catatan Protokol Pem-
TANGERANG – “Belajarlah ke Kota Tangerang…” spontan pernyataan itu meluncur dari bibir Agus R Wisas, Anggota Komisi IV DPRD Propinsi Banten kepada wartawan mengungkapkan kekecewaannya atas opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) BPK-RI untuk Laporan Keuangan Propinsi Banten, akhir pekan keempat Juni 2010 di Serang.
222 Kota, Kabupaten & Propinsi se-Indonesia Studi Banding WTP Kota Tangerang
kot Tangerang di tahun2008 tercatat 77 rom-bongan pejabat eksekutif dan legislatif dari kota,kabupaten dan propinsi se-Indonesia berkunjung keKota Tangerang untuk mempelajari cara membuatlaporan keuangan daerahterbaik. Lalu di tahun 2009rombongan para pejabatse-Indonesia ini meningkatmenjadi 121 kunjunganrombongan. Kemudian ditahun 2010 sampai Marettercatat 24 rombonganpejabat se-Indonesia yangberkunjung.Jadi tak berlebihan bilarombongan pejabat Pem-prop Banten melakukankunjungan kerja mempe-lajari cara membuat laporankeuangan daerah terbaik kePemkot Tangerang, sesuaiusulan Agus R Wisas.
Pujian Fraksi DPRD 
Fraksi-fraksi di DPRD Kota Tangerang sendiri secarakhusus pun menyampaikan
Walikota Tangerang H. Wahidin Halim, mendapat apresiasi dari para anggota DPRD Kota Tangerang atas berbagai prestasi yang telah diraih oleh Pemerintah Kota Tangerang.*** 
pujian dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Walikota Tangerang H. Wahidin Halimyang telah mempersem-bahkan prestasi gemilang ditahun 2010 ini kepada Kota Tangerang berupa OpiniWTP sebagai penilaianterbaik BPK-RI atas La-poran Keuangan DaerahKota Tangerang tiga ta-hun berturut-turut, yaitutahun 2007, 2008, dan2009.Pujian dan apresiasi ituterungkap dalam pemba-caan pandangan umum frak-si-fraksi DPRD Kota Ta-ngerang saat Rapat Paripur-na
(bersambung ke Hal 11) 
Slamet Kurniawan:
Tak  Ada Salah Saji Material 
KEPALA
PerwakilanBPKRI Propinsi BantenSlamet Kurniawan me-ngungkapkan BPK-RImenyampaikan peng-hargaan setinggi-ting-ginya kepada Pemkot Tangerang atas pen-capaian WTP tiga tahun berturut-turut
(bersambung ke Hal 11) 
 “
RAIHAN
WTP adalahbukti keberhasilanPemkot Tangerangdalam mengelola ke-uangan terbaik ting-kat nasional,” kataHeru Prasusi, WakilKepala Sekolah SMAN1 Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang
(bersambung ke Hal 11) 
Heru:
Bukti KeberhasilanKelola Keuangan
KETUA
Kadin Kota Tangerang HAM Bakrimemberi apresiasi ter-hadap Walikota H. Wa-hidin Halim atas prestasitiga tahun berturut-tu-rut raihan Penilaian Wa- jar Tanpa Pengecualian(WTP) atas Laporan Keuangan Kota Tange-rang oleh BPKRI.
(bersambung ke Hal 11) 
HM Bakri, KetuaKadin, Beri Apresiasi
Saiful Bahri:
 Mesti Jadi Contoh Daerah Lain
PIMPINAN
PonpesSaef Ed Daulah H.Saiful Bahri M Yakubmengatakan Kota Ta-ngerang patut dij-adikan tauladan bagikota dan kabupaten diIndonesia terkait 3tahun berturut-turut mendapat penilaian
(bersambung ke Hal 11) 
Seluruh fraksi di DPRD Kota Tangerang (Fraksi Demokrat,Golkar, PKS, PDIP, Gerindra, PPP,PAN, dan Fraksi Nurani Bangsa) mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Walikota Tangerang atas raihan WTP tiga tahun berturut- turut dan Anugerah Adipura 
 
Edisi 19
Th.VIII/Pekan 3/ Rajab 1431 HTh.VIII/Pekan 1/ Juli 2010 M
-2KOTA KITA
Laporkan segala kejadian di wilayah andamelalui
SMS Gateway
Kota Tangerangke Nomor
45505050
NOMOR TELEPHON PENTING…. !!!
POLRES TANGERANG 5523160 - 5523003PEMADAM KEBAKARAN 5582144 5576906955768368RUMAH SAKIT UMUM 5523507 55129485513709PMI Unit Transfusi Darah 5531310MOBILJENAZAH 5534067 - 55771508GANGGUAN PLN 5527306PDAM KOTATANGERANG 5587234 - 98220163
Oleh: H. Ahmad Chairudin
M A N A J E M E N Akhlaqul Karimah
Mensyukuri Ni’mat Allah
KADANG-KADANG
adasebagian orang menilaibahwa ni’mat dari Allah itubentuknya hanya berupauang, harta, jabatan danlain sebagainya. Hal inisudah tentu kalau kita lihatmelalui kacamata agamaIslam tdaklah benar, sebabni’mat atau rizki yangdiberikan Allah tidak dalambentuk harta.Pertama kita lihat ni’mat jasmani yang sempurna,sebagaimana firman Allahdalam Al-Qun’an yangartinya :’’sesungguhnya Al-lah menciptakan manusiadalam bentuk yang sem-purna’’. Dari fisik yangdiberikan Allah sudahmerupakan kenikmatansendiri. Contohnya kalaukita sebagai orang tua,kemudian istrinya me-lahirkan , maka bisanya kitaakan bertanya kepadabidan, apakah bayinyasempurna atau tidak. Bilaketahuan sempurna, be-tapa bahagianya hati orangtua.Kemudaian kita waktubaru dilahirkan dalam ke-adaan telanjang dan tidak tahu apa-apa, belum bisamendengar, melihat danbelum memiliki akal. Se-telah beberapa waktulamanya, maka Allah be-rikan penglihatan, pen-dengaran dan akal. Semuaitu merupakan anugrah,merupakan ni’mat dariAlllah yang tentunya haruskita syukuri.Selain hal di atas sehatpun merupakan ni’matyang tidak bisa dinilaidengan uang seberapapunbesarnya. Kalau badan kitasehat makan saja bebas,mau makan sate kambing, jengkol, pete dan lain-lainnya bebas tidak adayang dikhawatirkan. Se-baliknya kalau sakit biar diaorang kaya, maka sepertiorang yang miskin saja.Oleh karena itu ni’atsehat ini harus disyukuriusebab yang mambuat kitasehat itu adalah Allahsubhanahuwata’ala, bukandokter dan lain seba-gainya. Bagaimana kitamensyukuri ni’mat Allah itutidak cukup mengucapkanAlhamdulillah, tapi kitaharus mau menjalankanseluruh perintah Allah danmenjauhi larangan Allah.Belum ni’mat lain sepertiudara yang kita hirup, airharta dan macam-macamni’mat lain yang bersifatkebendaan.Kemudian dalam artiyang luas, kita sebagaibangsa Indonesia dberini’mat yang luar biasa,tanah yang subur, lautandengan penuh kekayaan,namun sayang secaraumum bangsa Indonsesiatidak bersyukur kepadaAllah, bahkan banyak yangmaksiat kepada Allah.Akibatnya kita lihat dimana-mana musibah banjir,longsor, angin puting be-liung, berbagai penyakitmuncul, itu karena di-sebabkan kita sebagaibangsa Indonesia tidak bersyukur, tentunya kitamasih ingat akan firmanAllah yang artinya: ‘’ bilakita bersyukur, maka Allahakan tambah ni’atku, tapibila tidak beryukur, makaadzab ku sangat pedih’’.Mudah-mudahan Allahselalu melindungi kita.***
Pelaksana Konstruksi Dihimbau Jangan Gaptek
PUSPEM
- Walikota Ta-ngerang H. Wahidin Halimmeminta agar seluruh pe-rusahaan perusahaan jasakonsultan dan jasa kons-truksi sebagai rekanan pe-merintah agar terus me-ngembangkan profesionalis-me seiring dengan ke-majuan teknologi saat ini.Hal ini diimplementasikandalam program LPSE yangtelah diterapkan Pemkot Tangerang. Diharapkanseluruh rekanan dapat me-ngikuti sistem tersebutsehingga perencanaan pro-gram Pemkot akan semakintransparan dan cepat.Hal tersebut disampaikanWalikota pada acara pem-binaan penyedia jasa kons-truksi Kota Tangerang ber-tempat di ruang AkhlakulKarimah Pusat Pemerin-tahan (Puspem) Kota Ta-ngerang, Kamis (24/6).Dalam kesempatan ituWH pun berpesan kepadapara rekanan agar dapatmenyediakan ruang terbukahijau dan juga menyediakanpohon. Hal itu dilakukandalam upaya mendukungprogram Pemkot Tange-rang untuk membuat Kota Tangerang Kota yanghijau.Dalam laporannya AsistenII Bidang Ekbang KesmasA.Lutfi melaporkan bahwakegiatan pembinaan pe-nyedia jasa konsultan dankontraktor diikuti oleh se-kitar 61 perusahaan. Lutfimenyatakan bahwa pem-binaan ini dilakukan bagiperusahaan yang telahterikat kontrak denganPemkot Tangerang. Pem-binaan terus akan dilakukandi awal pekerjaan, per-tengahan pekerjaan danakhir pekerjaan. Sehinggahasil akhir proyek terkaitsesuai dengan ketentuandan spesifikasi yang ada dandapat memenuhi harapanmasyarakat.
(imron) 
IIS DPRD Kab. Lombok Barat Kunjungi Kota Tangerang
TANGERANG
- Kabar ten-tang perkembangan dankemajuan Kota Tangerangternyata sampai juga ter-dengar ke Kabupaten Lom-bok Barat, Propinsi NTB.Raihan prestasi tingkatnasional seperti Adipura danpenghargaan WTP yangdiperoleh Kota Tangerangmembuat Ikatan Istri SuaraRakyat (IIS) dari DPRDKabupaten Lombok Baratsengaja berkunjung untuk melakukan studi banding keKota Tangerang, Senin (28/6).Rombongan diterimaoleh Ketua Ikatan IstriAnggota DPRD Kota Ta-ngerang Ny. Herry Ru-mawatine didampingi WakilKetua Hj. Ulfah Karnadi diRuang Badan MusyawarahGedung DPRD Kota Ta-ngerang Jl. Satria Sudirman.Dalam sambutannya Ke-tua Rombongan IIS me-nyampaikan maksud dantujuan kunjungan studibanding ini di antaranyaadalah ingin mengetahuisecara langsung tentangKota Tangerang yang suk-ses meraih berbagai peng-hargaan nasional.Lalu Hj. Ulfah Karnadi punmenggambarkan tentangKota Tangerang secarakeseluruhan di antaranya jumlah penduduk, pem-bangunan ratusan sekolah,program 1.000 Posyandudan berbagai informasiterkait kemajuan kota. “Mereka mengaku men-dengar kesuksesan Kota Tangerang dari suami me-reka para Anggota DPRDKabupaten Lombok Baratyang mengatakan bahwaKota Tangerang itu hebat,” kata Hj. Ulfah.
(imron) 
Pengajuan Raperda inisendiri beriringan denganpengajuan 7 Raperda Kota Tangerang lainnya, di an-taranya Raperda Pajak Dae-rah, Raperda Tata RuangWilayah, Raperda Penyeleng-garaan Administrasi Kepen-
WH:
 Laporan Keuangan Dibuat Bendahara denganTanggung-jawab
PUSPEM
- Walikota H. Wahidin Halim me-nyatakan Bimbingan Teknis Keuangan diLingkungan Pemkot Tangerang dilakukansebagai upaya penataan keuangan agar lebihbaik dan dapat dijadikan sarana meningkatkankompetensi seluruh pelaksana keuangan.Hal tersebut disampaikan walikota saatmembuka acara Bimbingan Teknis Pe-natausahaan dan Akuntansi Keuanganbertempat di ruang Akhlakul KarimahGedung Puspem Kota Tangerang, Rabu (30/6). “Pengelolaan dan laporan keuangan disetiap Satuan Kerja Perangkat Daerah(SKPD) harus disajikan oleh seorangbendahara keuangan secara penuh tang-gung jawab dan bersungguh-sungguhberdasarkan prosedur dan standar akuntansikeuangan daerah.” Hal tersebut, kata walikota, dilakukan dalamrangka menciptakan laporan keuangan yangtransparan seperti yang selama ini dilaksanakanPemkot Tangerang. Untuk itu sebagai seorangbendahara keuangan harus bekerja secaraindependen dan bebas dari intervensi-intervensipihak lain. “Laporan yang disajikan oleh seorangbendahara keuangan pun harus berdasarkankelengkapan-kelengkapan dokumen yangdiperlukan.” Walikota menambahkan bahwa bintek keuangan dapat menghasilkan atau mem-berikan hasil (outcome) dan keuntungan (ben-efit) di setiap SKPD dan seorang bendaharakeuangan dapat menyajikan laporan ke-uangannya tepat waktu.Lalu walikota meminta kepada seluruh kepalaSKPD agar dapat memahami seluruh prosedurdan teknis laporan keuangan karena hal itudiperlukan dalam rangka meneliti dan memeriksalaporan yang telah disajikan oleh seorangbendahara keuangan.Sementara Kepala Dinas Pengelola Ke-uangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Tangrang H. Muhtarom melaporkan bimbinganteknis penatausahaan dan akuntasi keuangandaerah diikuti 90 kasubag keuangan SKPD dan49 staf bendahara keuangan. Kegiatanberlangsung 30 Juni-2 Juli 2010.
(imron) 
Pemkot Tangerang Ajukan 8 Raperda kepada DPRD Kota Tangerang
Kota Sehat Perlu Kawasan Tanpa Rokok 
TANGERANG – Menciptakan lingkungan Kota Tangerang yang sehat, Pemkot Tangerang mengajukan rancangan peraturan daerah (Raperda) Kawasan Tanpa Rokok ke DPRD Kota Tangerang dalam rapat paripurna di gedung wakil rakyat itu, Senin (28/6).
dudukan, Raperda RestribusiPelayanan Persampahan,Raperda Ijin Usaha Dagang,dan Raperda Toko Modern.
KOTA BENTENG 
meng-informasikan sebenarnyalarangan merokok sudahmulai dilakukan Pemkot Tangerang di sejumlah fa-silitas umum yang ada diPusat pemerintahan Kota Tangerang sejak beberapabulan lalu berdasar suratedaran Walikota Tangerangkepada pegawai negeri sipildi Kota Tangerang.Namun, larangan me-rokok yang dimaksudkanuntuk menciptakan ling-kungan Kota TangerangSehat harus diatur dalamsebuah peraturan daerahsehingga bisa berlaku efektif kepada semua warga dikawasan-kawasan publik diKota Tangerang. Tentu saja,pemberlakuan masih me-nunggu Raperda Kawasan Tanpa Rokok ini disahkanDPRD menjadi Perda dandisosialisasikan terlebih da-hulu.Fraksi Golkar DPRD Kota Tangerang melalui jurubicaranya Hapipi menyatakanfraksinya menghargai upayaPemkot dalam menyusunRaperda Kawasan Tanpa Ro-kok yang bermanfaat dalammembebaskan fasilitas-fa-silitas publik seperti rumah-sakit, kawasan pendidikan,mall jauh dari asap rokok. “Untuk itu, Fraksi Golkarmeminta Pemkot untuk melakukan kajian yang men-dalam sehingga Perda ininantinya dapat betul-betulefektif,” katanya.Hal senada diuatarakan 6fraksi DPRD Kota Tangeranglainnya. Mereka menilaidengan Perda Kawasan Tanpa Rokok, maka ka-wasan-kawasan publik men- jadi terbebas dari racun asaprokok, yang pada gilirannyaakan mampu menciptakanlingkungan sehat bag wargaKota Tangerang.Walikota H. Wahidin Halimsendiri dalam menerapkanlarangan merokok di kantorpemerintahan dan lingku-ngan sekolah melalui suratedarannya telah berhasilmenciptakan lingkungankantor dan sekolah yangsehat. Walikota memangsempat mengultimatum bilaada pegawai dan kalanganpendidik merokok di ling-kungan kantor dan sekolahakan ditindaknya.Para pegawai dan ka-langan pendidik sendiri me-mang menyadari kebiasaanmerokok adalah tidak me-nyehatkan dan cenderungpemborosan, sebab itularangan merokok kepadamereka dipatuhi. Kini, pem-kot berupaya agar kebiasaanburuk merokok pun bisadiperluas sampai ke ling-kungan RS, pusat perbe-lanjaan, dan kawasan publik lainnya.
(imron) 
 
Th.VIII/Pekan 3/ Rajab 1431 HTh.VIII/Pekan 1/ Juli 2010 M
Edisi 19
Kelurahan Peduli Informasi
3-KOTA KITA
 KOTA BENTENG 
Ditunggu RT/RW LS
Dasuki tengah mengantarkan koran KOTA BENTENG ke rumah pengurus RT/RW di Larangan Selatan. (iwan) 
LARANGAN
– Bagi Dasuki(35 tahun), pegawai hon-orer Pemkot Tangerangyang bertugas di KantorKelurahan Larangan Se-latan (LS), pendistribusianmingguan
KOTA BENTENG 
menjadi salah satu yangharus segera dilakukan-nya. “Karena koran ini di-tunggu-tunggu para pe-ngurus RT-RW di La-rangan Selatan,” katanya,Kamis (24/6). Sebab itu,ketika koran itu datangke kantor kelurahan, diayang dipercaya lurahuntuk mendistribusikan-nya segera mengirim-kannya kembali ke parapengurus RT/RW.Menurutnya pengurusRT/RW di wilayahnyakebanyakan orang-orangsibuk karena bekerja dilokasi yang jauh, namunmereka membutuhkaninformasi Kota Tangeranglewat koran
KOTA BEN- TENG.
“Saya usahakanmengirim koran ke rumahRT/RW, bila orangnya tidak ada di tempat, maka sayaberi pesan agar koran bisadisampaikan kepada orang-nya.” Sebab itu, dia akanmerasa prihatin bila adakelurahan yang tidak tang-gap mendistribusikan koran
KOTA BENTENG 
ke RT/RW. Sikap itu, kata dia,secara tidak langsung telahmenghambat informasi. “Sesibuk-sibuknya kitakalau menganggap peker- jaan mengantarkan koranini amanah, maka kita harusmenyampaikanya...” tu-turnya mantap.
(iwan) 
Siap DitertibkanPerusahaan Tak ber-IMB& Langgar Sempadan
PUSPEM
- Tindakan tegas berupa penghentiankegiatan perusahaan siap diterapkan Pemkot Tangerangkepada perusahaan yang tidak memiliki IMB danmelanggar garis sempadan jalan (GSJ), garis sempadansungai (GSS), atau melanggar peraturan lainnya.Demikian rekomendasi Rapat Koordinasi PimpinanPemkot Tangerang yang dipimpin Asisten TataPemerintahan Pemkot Tangerang H. Rahmat Hadisbersama Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH),Satpol PP, Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT),Bagian Hukum, perwakilan kecamatan, dan kelurahandi ruang Rapat BPPT Gedung Puspem, Jumat (25/6).Dalam rapat itupun dibahas tindak-lanjut hasilpantauan dan inventarisasi lapangan yang dilakukandinas terkait, di antaranya didapati 27 bangunanperusahaan belum memiliki IMB dan 49 bangunanperusahaan melanggar garis sepadan.Selain itu ada dua perusahaan yang saat ini dibawahpengawasan BPLH, yaitu perusahaan pencelupan celana jeans CV CC yang disinyalir membuang limbah tanpa ijinsehingga mengganggu masyarakat sekitar dan telahmendapat surat peringatan 1 dan bengkel pembuatanpagar besi CV KL yang melanggar garis sempadan, tidak memiliki IMB, menyalahi peruntukan bangunan, danmenimbulkan polusi. “Perusahaan-perusahaan itu perlu diberikan shock therapy sebagai pelajaran bagi perusahaan-perusahaanlain, sehingga ke depannya perusahan-perusahaan lainlebih memperhatikan kelestarian lingkungan,”ujarRahmat Hadis.
(imron) 
Urus AktaKependudukan Jangan Pakai Calo
TANGERANG
- Kepala Bidang Catatan Sipil DinasKependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Abdulrahman menghimbau warga yangakan mengurus akta kependudukan tidak perlumenggunakan jasa calo sehingga pengurusannyamenelan biaya cukup besar. “Mengurus melalui calo pun waktunya pun tidak ada kepastiannya,” katanya, belum lama ini. “Lebihbaik datang sendiri ke pusat pelayanan, sehinggabiaya yang dikeluarkan lebih murah sesua ketentuandan waktunya relatif cepat,” tambahnya.Saat ini Disdukcapil terus mensosialisasikanpengurusan akta kependudukan ke kecamatan-kecamatan yang ada di Kota Tangerang. ‘’Untuk sementara ini kita telah melakukan sosialisasi di 5kecamatan. Saya berharap dengan adanyasosialisasi ini masyarakat dapat memahamipelayanan yang sesungguhnya,” kata Ab-durrahman.Sementara Mulyanto, Kepala Bidang Pe-ngendalian Kependudukan Disdukcapil, men- jelaskan saat ini pihaknya tengah memberidispensasi terhadap akta kelahiran dan KTP secaramudah. Untuk akta kelahiran dibawah tahun 2006dapat dilakukan di Kantor Dukcapil, jika kelahirandi atas tahun 2006 maka prosesnya dapat dilakukandi pengadilan.
(imron) 
Apel Jatiuwung AjangPenyampaian Informasi
JATIUWUNG
– Setiap harinya bagi para staf di Kecamatan Jatiuwung menjadi kewajibanuntuk mengikuti apel pagi yang dipimpin camatatau sekretaris kecamatan (sekcam) dihalaman kantor kecamatan itu.Dalam apel inilah biasanya Camat Dahlanatau Sekcam Agus Henra memang banyak menyampaikan informasi terkini tentangkebijakan Pemkot Tangerang ataupun pro-gram Kecamatan Jatiuwung. Sehingga tentusaja staf yang tak mengikuti apel akanketinggalan informasi.Misalnya apel Kamis (24/6) pagi, CamatDahlan yang memimpin apel menerangkanmeskipun penilaian Adipura telah selesai, bukanberarti pelaksanaan K-3 tidak lagi dilaksanakandi Jatiuwung. “Telah menjadi kebijakankecamatan kegiatan K-3 terus dilakukandengan tujuan menciptakan budaya bersih.” Sebab itu, camat mengharapkan agaraparatur Kecamatan Jatiuwung untuk tetapmenggelar K-3, termasuk merembeskan danmengajak warga Jatiuwung untuk tetapmenjaga K-3 di wilayahnya masing-masing.Lalu disinggung pula soal upaya penagihanPBB. Jika tahun lalu Jatiuwung mendapatpenghargaan karena lunas PPBB cepat, tahunlalu kurang bagus. Sebab itu, tim penagih PBBagar meningkatkan kinerjanya. Diingatkan pulaagar para lurah terus mengontrol daerah-daerah rawan banjir, jangan sampai banjirmenyengsarakan warga.
(wawan) 
Disampaikan Kepala BPLH Hj. Roostiwie dalam Bintek PPLH
Setiap Perusahaan Wajib IPAL
TANGERANG - Seiring tekad Pemkot Tangerang mewujudkan lingkungan yang bersih, hijau, sehat dan nyaman, Badan PengendaliaLingkungan Hidup (BPLH) Kota Tangerang menggelar Bimbingan Teknis Pengendalian dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (Bintek PPLH) bagi Perusahaan di Meeting Hall Pondok Selera 2, Selasa (29/6).
Kepala BPLH Kota Ta-ngerang Hj. Roostiwie saatmembuka acara bintek yang diikuti 30 perwakilanperusahaan itu, menga-takan tujuan kegiatan iniuntuk mensosialisasikantindakan persuasif danpreventif, serta pende-katan teknologi dalammewujudkan lingkunganyang bersih dan sehat. “Produk bersih dan ramahlingkungan ini untuk men-cegah terjadinya pen-cemaran lingkungan.” Sebab itu, Roostiwiemembahkan agar ke-30perusahaan terdiri dariperusahaan produksi ma-kanan, karton box, phar-masi, tekstil, keramik, sertarumah sakit, harus ber-upaya mengikuti pence-rahan terkait diterapkannyaUU No. 32/2009 tentangPengelolaan LingkunganHidup.Berdasarkan UU ini, katadia, ditekankan setiapperusahaan harus memilikiinstalasi pengolahan limbah(IPAL). Sanksi hukumnyasangat berat bagi yangtidak mematuhi aturan ini.Hal ini juga sejalan denganPerda No. 2 Tahun 2009tentang Pengelolaan danPerlindungan LingkunganHidup. Untuk itu, semuakomponen termasuk pe-laku industri mempunyaikewajiban dan tanggung jawab terhadap perubahanlingkungan. “Masyarakat saat inisangat responsif terhadapperubahan lingkungan se-kitar. Termasuk dalam skalakecil seperti perubahanwarna air selokan,” ujarRoostiwie sambil mene-kankan bahwa hal ini tentusaja harus dicermati secarabijak dan menjadi tanggung jawab bersama.
(imron) 
 IPAL Jadi Syarat Terbitnya IPLC 
30 Perusahaan Sepakati Jaga LH
TANGERANG
– Menindaklanjutikomitmen Pemkot Tangeranguntuk menciptakan Kota Ta-ngerang yang berwawasan ling-kungan hidup, sebanyak 30perwakilan perusahaan pesertaBintek PPLH pun menandatanganiKesepakatan Peningkatan KualitasLingkungan Hidup.Mereka sepakat untuk bersama-sama menjaga dan meningkatkankualitas lingkungan seiring dengankomitmen Pemkot Tangerang.Diharapkan dengan kesepakatanitu, bukan hanya 30 perusahaansaja yang mau lebih peduli terhadapkelestarian lingkungan hidup, tetapiperusahaan-perusahaan lainnya. Toh, perundang-undangan danperaturan daerahnya telah siapuntuk menjaga pelestarian ling-kungan tersebut.
(imron) 
TANGERANG
- Terkait pentingnyaIPAL, maka mulai tahun 2010setiap perusahaan yang akanmengurus ijin pembuangan limbahcair (IPLC) harus terlebih dahulumemenuhi persyaratan kepe-milikan IPAL. “Kalau IPAL-nya
nggak 
bagus,
 
tidak bisa dikeluarkan IPLC-nya,” tegas Agus Prasetyo, KepalaBidang Pengawasan dan Pe-negakan Hukum LingkunganBPLH Kota Tangerang, Selasa(29/6).Ditambahkan kepemilikan IPALperusahaan pun kini mulai di-tingkatkan standar pengukur-annya, bukan hanya denganmengukur debit volume limbahnyasaja, tetapi lebih detil mencakup jenis limbah dan indeks badanpenerima limbah.
(imron)H. Rahmat Hadi
Gapokwan Batujaya Panen PerdanaSayuran Bibit Distanak
Gapokwan Batu Jaya ketika menanam bibit di lahan mereka. (irfan) 
BATUCEPER 
– Panen pertama telah dinikmatiGabungan Kelompok Wanita Tani (Gapokwan)Kelurahan Batujaya, Kecamatan Batuceper,setelah mendapat bantuan bibit dan pupuk dari Dinas Petanian Kota Tangerang. “Panen Kangkung, Bayam dan Cesim,masing-masing 20 kg dibagikan saja kepadaanggota dan kader PKK,” kata Hj. Ratna, KasiePemerintahan Kelurahan Batujaya, Selasa(29/6).Dijelaskannya lahan seluas setengah hektarmilik H. Abbas di wilayah RT 01/06 telahdisewa sebagai percobaan tanam oleh 15anggota Gapokwan Batu Jaya. “Hasil inimenjadi motivasi anggota Gapokwan untuk terus membudayakan kebiasaan bertani.” Waktu tanam hingga panen denganmenggunakan pupuk kompos organik ternyata lebih cepat dari yang diperkirakan. “Biasanya 20 hari baru bisa dipanen, ternyatabaru 15 hari kami sudah bisa memanen-nya.” 
(irfan) 

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yohanes Casmadi liked this
sit1rare liked this
shabarullah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->