Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
86Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Filsafat Pendidikan Islam

Makalah Filsafat Pendidikan Islam

Ratings: (0)|Views: 5,647 |Likes:
Published by aaf_Ibad
Test Plat
Test Plat

More info:

Published by: aaf_Ibad on Jul 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/04/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.LATAR BELAKANGMasalah pendidikan adalah merupakan masalah pertama dan mendasar dalam hidup dan kehidupan manusia karena pendidikan merupakan hakekat hidupmanusia. Proses pendidikan berada dan berkembang bersama dengan proses berkembangnya hidup dan kehidupan manusia. Oleh karena itu hendaknya semuamanusia harus mengutamakan pendidikan agar kehidupannya menjadi lebih baik di masa mendatang.Dalam kaitannya dengan masalah pendidikan Islam sebagai ilmu terletak  pada hakekat (ontologi), dasar-dasar (epitemologi) dan kegunaan (aksiologi) dari pendidikan islam itu sebagai suatu kajian ilmu (sains) yang harus dipelajari dandiajarkan agar ilmu pendidikan itu bermanfaat dan berguna untuk membinakehidupan manusia.Pendidikan Islam bersumber pada Al-Qur’an dan hadits adalah untuk membentuk manusia yang seutuhnya yakni manusia yang beriman dan bertaqwakepada Allah SWT dan untuk memelihara nilai-nilai kehidupan sesama manusiaagar dapat menjalankan seluruh kehidupannya sebagaimana yang telahdituntunkan Allah dan Rasul-Nya demi kebahagiaan hidup di dunia dan akhiratdengan kata lain untuk mengembalikan manusia kepada fitrahnya yaitu
1
 
memanusiakan manusia sesuai dengan kehendak Allah SWT yang menciptakan- Nya.Manusia adalah makhluk yang selalu merindukan kesempurnaan. Olehkarena itu dengan segala potensi yang dimilikinya manusia berusaha untuk majudan berkembang untuk mencapai kesempurnaan itu. Manusia setiap saatmembutuhkn ilmu dari manapun datangnya, baik dari lingkungan atau alamsemesta dan juga diperlukan pengaruh dari luar yang oleh Slamet Imam Santosodisebutnya dengan istilah pendidikan.B.RUMUSAN MASALAHDari berbagai penjelasan yang telah diuraikan pada latar belakang di atasdapat dirumuskan suatu permasalahan yang akan menjadi pokok pembahasandalam makalah ini sebagai berikut :
1.
Bagaimanakah tinjauan Ontologi, epistemologi dan Aksiologi dalammemahami pendidikan Islam?2.Bagaimanakah peran pendidikan Islam sehingga dapat dipandang sebagaisuatu ilmu?
2
 
BAB. IIPEMBAHASANTINJAUAN ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI DAN AKSIOLOGI ILMUPENDIDIKAN ISLAMA.Tinjauan OntologiOntologi Ilmu pendidikan islam dalam makalah ini akan membahastentang hakekat dan ruang lingkup Pendidikan Islam sebagai suatu ilmu.Sebelum kita membahas hakekat Pendidikan Islam sebagai suatu ilmuterlebih dahulu kita melihat pengertian pendidikan Islam dari segi bahasa, makakita harus melihat kepada kata arab karena ajaran Islam itu diturunkan dalam bahasa tersebut. Kata pendidikan yang umumnya kita gunakan sekarang dalam bahasa arabnya adalah "tarbiyah" dengan kata kerja "rabba" yang berartimendidik. Pendidikan Islam dalam bahasa arabnya adalah " Tarbiyah Islamiyah".Dalam bentuk kata benda, kata "rabba" ini digunakan juga untuk "Tuhan", karenaTuhan bersifat mendidik, mengasuh, memelihara, bahkan mencipta.
1
3

Activity (86)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
junijingga liked this
Ana Syafitri liked this
m_aziz_25 liked this
Chandra Meilissa liked this
Femy Indara liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->