Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
65Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UJI TARIK

UJI TARIK

Ratings: (0)|Views: 3,672 |Likes:
Published by fadli040289

More info:

Published by: fadli040289 on Jul 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/17/2013

pdf

text

original

 
KATA PENGANTAR 
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala berkat dan rahmat yang diberikannya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikanlaporan ini tepat pada waktunya.Adapun judul laporan ini adalah Material Test yang merupakan salah satu tugas praktikum yang dilakukan di laboratorium Teknik Mesin Politeknik Negeri Medan.Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada Bapak SuparminMT, sebagai dosen pembimbing dalam menyelesaikan praktikum ini.Penulis menyedari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi penyempurnaanlaporan ini di masa yang akan datang.Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih dan semoga laporan ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan. 
Medan, Juli 2007Penulis
 
ARMANDO S.NIM. 042301033
 
BAB IPENDAHULUANA. Latar Belakang
Bidang keteknikan, khususnya dalam bidang teknik mesin, pengetahuan bahanteknik merupakan pengetahuan yang sama pentingnya dengan pengetahuan kostruksi.Karena itu, pengetahuan bahan teknik masih belum mencukupi. Pengetahuan itu harus jugadiiringi dengan mengetahui cara menentukan mutu dan mengetahui karasteristik bahanyang dipilih agar sesuai dengan konstruksi.Pemilihan bahan merupakan tahap selanjutnya yang harus dipenuhi, pemilihan bahasering disebut dengan uji material (material test). Material test merupakan pengujianterhadap bahan yang berupa uji tarik (tensile test), dan uji lentur (bending test). Pengjian _pengujian ini biasanya dilakukan pada sebuah mesin yang disebut Tarno Testing Machinedan dapat diganti dengan Servo Pulser Machine.Dalam uji tarik, kekuatan tari dapat ditentukan dengan menarik benda uji sampai putus. Pada uji bending, benda kerja diletakkan pada kedua pasang tool yang telah diganti,dimana benda kerja diletakkansecara horizontal. Kemudian tool dari atas menekan bendakerja sampai terbentuk benda kerja yang lentur atau sampai terbentuk sudut 90.Memalui pengujian – pengujian tersebut (uji tari dan uji lentur ) kita akan mendapat banyak sifat – sifat atau karasteristik material yang dicobakan seperti kekuatan, kekakuan,keuletan dan lain sebagainya.
 
B. Tujuan Percobaan
1. Tujuan instruksional umum
Dapat memahami karasteristik material melalui uji tarik dan uji lentur;
Dapat memahami tentang uji tarik dan uji lentur.2. Tujuan instruksional khusus
Dapat menyebutkan defenisi uji tarik dan uji lentur;
Dapat menerangkan factor factor yang mempengaruhi karasteriatik material;
Dapat menjeaskan prosedur uji tarik dan uji lentur;
Dapat menganalisa hasil uji tarik dan uji lentur;
Dapat mengambil kesimpulan dari pengujian material tersebut.

Activity (65)

You've already reviewed this. Edit your review.
Erick P Simatupang added this note
like
1 thousand reads
1 hundred reads
Sidiq Budhy liked this
Tito Adi Nugroho liked this
Denny Wahyudi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->