Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
10. Serat Dan Kulit

10. Serat Dan Kulit

Ratings: (0)|Views: 1,125 |Likes:
Published by Eko Nopianto

More info:

Published by: Eko Nopianto on Jul 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2012

pdf

text

original

 
Komoditas serat dan kulit 
10. KOMODITAS SERAT DAN KULIT
A.SERAT
Serat adalah suatu jenisbahanberupa potongan-potongankomponen yang membentuk jaringanmemanjang yang utuh. Contohserat yang paling sering dijumpai adalah serat padakain. Serat dapatdigolongkan menjadi dua jenis yaitu serat alami dan serat sintetis(serat buatan manusia). Serat sintetis dapatdiproduksisecara murahdalam jumlah yang besar. Namun demikian, serat alami memilikiberbagai kelebihan khususnya dalam hal kenyamanan.Saat ini, serat alam mulai mendapatkan perhatian yang seriusdari para ahli material komposit karena :Serat alam memiliki kekuatan spesifik yang tinggi karena seratalam memiliki berat janis yang rendah.Serat alam mudah diperoleh dan merupakan sumber daya alamyang dapat diolah kembali, harganya relatif murah, dan tidakberacun.Produk-produk yang berasal dari serat sintetis seperti serat polyesteruntuk tekstil, polypropilene untuk plastik, semuanya berasal dariminyak bumi yang merupakan bahan yang suatu saat akan menipiscadangannya (bahan non renewable).
Serat Alam
Serat alami adalah serat yang diproduksi oleh tumbuh-tumbuhan,hewan, dan prosesgeologis. Serat alami dapat digolongkan sebagaiberikut :
Serattumbuhan/seratpangan; biasanya tersusun atasselulosa, hemiselulosa, dan terkadang mengandung pulalignin. Serat tumbuhan digunakan sebagai bahan pembuat kertas dan tekstil.Serat ini juga penting bagi nutrisi manusia.
Seratkayu, berasal dari tumbuhan berkayu.
114
 
Komoditas serat dan kulit 
Serathewan, umumnya tersusun atasproteintertentu. Contoh dari serat hewan yang dimanfaatkan oleh manusia adalah seratsutradan buludomba(wol).
Seratmineral, umumnya dibuat dariasbestos. Saat ini asbestos adalah satu-satunya mineral yang secara alami terdapat dalambentuk serat panjang.
Kapas
Kapas adalah sebuahseratlembut yangtumbuh di sekitar bijitanaman kapas. Serat inikemudian digulung menjadibenangdandigunakan untuk membuattekstilhalus. Kapasmerupakan tanaman yang berharga karenahanya sekitar 10% dari berat kasar hilang dalam pemrosesan. Ketikalilin,protein, dll disingkirkan, sisanya adalahpolimeralami dari selulosamurni. Selulosa ini teratur sedemikian rupa sehinggamemberikan sifat kekuatan, durabilitas, daya serap yang unik.
Rami
Rami (
Boehmeria nivea
) merupakan tanamantahunan berbentuk rumpun. Kulit kayunya dapatmenghasilkan serat panjang yang sangat kuat danmengkilap. Batang tumbuh dari rhizoma yangberbentuk ramping dan dapat mencapai tinggi 2,5m, dengan diameter batang 1,2-2,0 cm. Serat rami merupakan salahsatu bahan baku tekstil dengan cara dicampur dengan serat kapasatau poliester. Dibandingkan dengan kapas, serat rami lebih kuatsehingga banyak dimanfaatkan untuk bahan pakaian atauperlengkapan militer. Untuk dapat menjadi benang, serat rami perludipintal dengan mesin khusus karena termasuk serat panjang,
115
 
Komoditas serat dan kulit 
sehingga kurang cocok bila menggunakan mesin pemintal kapas yangberserat pendek. Biasanya serat rami dipotong pendek dan dipintalmenjadi benang, sehingga keistimewaan serat rami menjadiberkurang.Serat rami merupakan serat yang kuat dan tahan lama. Oleh karenaitu, serat rami menempati urutan nilai teratas di antara serat-seratalam nabati yang ada. Menurut Scruggs dan Smith (2003), serat ramimempunyai sifat yang baik, yaitu berwarna sangat putih berkilau, tidakberubah warna dan tidak berkerut oleh sinar matahari, higroskopis,dan mudah kering. Serat rami merupakan salah satu bahan bakutekstil yang pemakaiannya dapat dicampur dengan serat kapas ataupolyester. Selain itu, serat rami juga dapat dimanfaatkan sebagaibahan gorden, handuk, campuran wol, dan kain tenda. Buxton danGreenhalgh (1989) dan Tu Shikun (1992) menyatakan bahwa seratrami juga dapat digunakan untuk terpal, kaus lampu tekan, uangkertas, dan kertas sigaret. Oleh sebab itu, tanaman itu dapatdikembangkan semakin luas dan prospeknya sangat cerah (Riyadi,1991). Rami menghasilkan serat tekstil yang berasal dari Witbatangnya dan banyak dari wilayah Jawa yang sesuai untukpengembangan rami. Bahkan salah satu varietas atau klon unggulanIndonesia berasal dari Pujon, Batu Malang, yang terkenal dengan namaklon Pujon 10.
Kenaf 
 Tanaman kenaf menghasilkan serat yangberasal dari kulit batangnya. Keistimewaantanaman kenaf ini dapat tumbuh dalam keadaantergenang/banjir, sehingga mendapat julukantanaman primadona di lahan banjir. Pada waktubanjir, jika tanaman semusim lain mati, tinggaltanaman kenaf yang mampu memberikan
116

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nurul Hanifah liked this
Taufan Opan liked this
W Kusuma Wardani liked this
Erica Fitri liked this
Atin Ateu liked this
Ria Arni Fajriah liked this
Ain Rock Stard liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->