Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
11Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kesepakatan Kerja Bersama k

Kesepakatan Kerja Bersama k

Ratings: (0)|Views: 2,695|Likes:
Published by angga_aster

More info:

Published by: angga_aster on Jul 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/06/2011

pdf

text

original

 
KESEPAKATAN KERJA BERSAMA (KKB )ANTARA KOPEGTEL SANGGOLEO DENGANSERIKAT KARYWAN KOPEGTEL (SKKS )
Berdasarkan :1.
 
P
eraturan menteri tenaga Kerja no .
P
er 01/MEN/852.
 
UU no 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan3.
 
Juklat / juknis UU no 13/2003 tetang Ketenagakerjaan4.
 
KepMen no 104/ 2004 tentang waktu kerja lembur dan upah kerja lembur 
MUKADIMAH
1.
 
Kesepakatan Kerja bersama antara Kopegtel sanggoleo dengan Serikat karyawan kopegtel untuk melaksanakan hubungan industrial
P
ancasila dalam rangka menciptakan hubungan kerja yang sesuai , aman ,mantap, tentram dan dinamis ketenagakerjaan dan perbaikan kesejahteraan karyawan kelangsungan usaha,kepastian hak dan kewajiban masing- masing2.
 
Ikut serta membina dan mengembangkan kemampuan dan keterampilan karyawan dalam rangkameningkatkan produktivitas kerja yang pada akhirnya untuk meningkatkan kesejateraan karyawan.
Bab 1 UmumA.
 
Istilah Istilah
D
alam Kesepakatan kerja bersami ini yang dimaksud dengan :1. Ketenagakerjaan adalah segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama, dansesudah masa kerja.2. Tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan/atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat.3. karyawan setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain.4.
P
emberi kerja adalah orang perseorangan, pengusaha, badan hukum, atau badan-badan lainnya yangmempekerjakan tenaga kerja dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain.5.
P
engusaha adalah :a. orang perseorangan, persekutuan, atau badan hukum yang menjalankan suatu perusahaan milik sendiri b. orang perseorangan, persekutuan, atau badan hukum yang secara berdiri sendiri menjalankan perusahaan bukan miliknya;c. orang perseorangan, persekutuan, atau badan hukum yang berada di Indonesia mewakili perusahaansebagaimana dimaksud dalam huruf a dan b yang berkedudukan di luar wilayah Indonesia.6.
P
erusahaan adalah :
 
a .setiap bentuk usaha yang berbadan hukum atau tidak, milik orang perseorangan, milik persekutuan, ataumilik badan hukum, baik milik swasta maupun milik negara yang mempekerjakan pekerja/buruh denganmembayar upah atau imbalan dalam bentuk lain; b.usaha-usaha sosial dan usaha-usaha lain yang mempunyai pengurus dan mempekerjakan orang laindengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain.7.
P
erencanaan tenaga kerja adalah proses penyusunan rencana ketenagakerjaan secara sistematis yangdijadikan dasar dan acuan dalam penyusunan kebijakan, strategi,danpelaksanaan program pembangunanketenagakerjaan yang berkesinambungan.8. Informasi ketenagakerjaan adalah gabungan, rangkaian, dan analisis data yang berbentuk angka yang telahdiolah, naskah dan dokumen yang mempunyai arti, nilai dan makna tertentu mengenai ketenagakerjaan.9.
P
elatihan kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, sertamengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap,dan etos kerja pada tingkat keterampilan dankeahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.10. Kompetensi kerja adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan,keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.11.
P
emagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihandi lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja/buruh yang lebih berpengalaman, dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalamrangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.12.
P
elayanan penempatan tenaga kerja adalah kegiatan untuk mempertemukan tenagakerja dengan pemberikerja, sehingga tenaga kerja dapat memperoleh pekerjaan yangsesuai dengan bakat, minat, dankemampuannya, dan pemberi kerja dapat memperolehtenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhannya.13. tenaga kerja asing adalah warga negara asing pemegang visa dengan maksud bekerjadi wilayah Indonesia.memuat syarat syarat kerja, hak, dan kewajiban para pihak.15. Hubungan kerja adalah hubungan antara pengusaha dengan pekerja/buruh berdasarkanperjanjian kerja, yangmempunyai unsur pekerjaan, upah, dan perintah.16.
P
erjanjian kerja adalah perjanjian antara pekerja/buruh dengan pengusaha ataupemberi kerja yangHubungan industrial adalah suatu sistem hubungan yang terbentuk antara para pelakudalam proses produksi barang dan/atau jasa yang terdiri dari unsur pengusaha,pekerja/buruh, dan pemerintah yang didasarkan padanilai nilai
P
ancasila dan UndangUndang
D
asar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.17. Serikat pekerja/serikat buruh adalah organisasi yang dibentuk dari, oleh, dan untukpekerja/buruh baik di perusahaan maupun di luar perusahaan, yang bersifat bebas,terbuka, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab guna memperjuangkan,membela serta melindungi hak dan kepentingan pkerja/buruh sertameningkatkankesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya.18. Lembaga kerja sama bipartit adalah forum komunikasi dan konsultasi mengenai halhalyang berkaitandengan hubungan industrial di satu perusahaan yang anggotanyaterdiri dari pengusaha dan serikat pekerja/serikat buruh yang sudah tercatat instansiyang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan atau unsur  pekerja/buruh.19. Lembaga kerja sama tripartit adalah forum komunikasi, konsultasi dan musyawarahtentang masalahketenagakerjaan yang anggotanya terdiri dari unsur organisasipengusaha, serikat pekerja/serikat buruh, dan pemerintah.20.
P
eraturan perusahaan adalah peraturan yang dibuat secara tertulis oleh pengusahayang memuat syarat syaratkerja dan tata tertib perusahaan.21.
P
erjanjian kerja bersama adalah perjanjian yang merupakan hasil perundingan antaraserikat pekerja/serikat buruh atau beberapa serikat pekerja/serikat buruh yang tercatatpada instansi yang bertanggung jawab di
 
 bidang ketenagakerjaan dengan pengusaha,atau beberapa pengusaha atau perkumpulan pengusaha yangmemuat syarat syaratkerja, hak dan kewajiban kedua belah pihak.22.
P
erselisihan hubungan industrial adalah perbedaan pendapat yang mengakibatkanpertentangan antara pengusaha atau gabungan pengusaha dengan pekerja/buruh atauserikat pekerja/serikat buruh karena adanya perselisihan mengenai hak, perselisihankepentingan, dan perselisihan pemutusan hubungan kerja serta perselisihan antarserikat pekerja/serikat buruh hanya dalam satu perusahaan.23. Mogok kerja adalah tindakan pekerja/buruh yang direncanakan dan dilaksanakansecara bersama-samadan/atau oleh serikat pekerja/serikat buruh untuk menghentikanatau memperlambat pekerjaan.24.
P
enutupan perusahaan (lock out) adalah tindakan pengusaha untuk menolakpekerja/buruh seluruhnya atausebagian untuk menjalankan pekerjaan.25.
P
emutusan hubungan kerja adalah pengakhiran hubungan kerja karena suatu haltertentu yang mengakibatkan berakhirnya hak dan kewajiban antara pekerja/buruh danpengusaha.26. Anak adalah setiap orang yang berumur dibawah 18 (delapan belas) tahun.27. Siang hari adalah waktu antara pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00.28. 1 (satu) hari adalah waktu selama 24 (dua puluh empat) jam.29. Seminggu adalah waktu selama 7 (tujuh) hari.30. Upah adalah hak pekerja/buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uangsebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja/buruh yangditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjiankerja, kesepakatan, atau peraturanperundang undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja/buruh dankeluarganya atassuatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah atau akan dilakukan.31, Kesejahteraan pekerja/buruh adalah suatu pemenuhan kebutuhan dan/atau keperluanyang bersifat jasmaniahdan rohaniah, baik di dalam maupun di luar hubungan kerja,yang secara langsung atau tidak langsung dapatmempertinggi produktivitas kerjadalam lingkungan kerja yang aman dan sehat.32.
P
engawasan ketenagakerjaan adalah kegiatan mengawasi dan menegakkanpelaksanaan peraturan perundangundangan di bidang ketenagakerjaan.33. Menteri adalah menteri yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan.
B.
 
PIHAK ± PIHAK YANG MENGADAKAN KESEPAKATAN
Adapun pihak ± pihak yang mengadakan kesepakatan kerja bersama adalah sbb:1.
 
 Nama perusahaan :
Kopegtel Sanggole Kendari
 Alamat perusaahn : Jl Ayani no 8 Kendari
D
iwakili oleh : Ketua , Sekretaris dam B
P
Koperasi Telkom kendari2.
 
 Nama Serikat
P
ekerja :
Serikat Karywan Kopegtel Sanggoleo
 Alamat sarikat : Jl anawai lr oheo Kel anawai wuawua Kendari
D
iwakili oleh : Ketua, Sekretaris SKKS
D
AN ANGGOTAC.
 
Tujuan Kesepakatan Kerja Bersama (KKB )dibuat bertujuan :Kesepakatan kerja bersama paling sedikit memuat :a. hak dan kewajiban pengusaha; b. hak dan kewajiban Karyawan;c. jangka waktu dan tanggal mulai berlakunya perjanjian kerja bersama; dan

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ananda Christine liked this
mayanovi liked this
hilariuskemit liked this
mgatru liked this
zuebsmg liked this
joyodul liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->