Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
23Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Guru Sebagai Supervisi

Guru Sebagai Supervisi

Ratings: (0)|Views: 5,144|Likes:
Published by jil_lovely

More info:

categoriesTypes, Resumes & CVs
Published by: jil_lovely on Jul 10, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/09/2013

pdf

text

original

 
GURU SEBAGAISUPERVISI
Disusun guna memenuhi tugas individu mata kuliah ProfesiKependidikan 1
Disusun Oleh:REZA NUR C.PK7408138
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS SEBELAS MARETSURAKARTA2010
 
BAB IPENDAHULUANA.LATAR BELAKANG MASALAH
Supervisi pendidikan dalam pelaksanaannya perlu dilakukan secaradinamis yaitu supervisi yang aktif, kreatif, dan banyak inisiatif. Seorangsupervisor seperti kepala sekolah, perlu memahami setiap individu yangdibinanya. Pemahaman terhadap individu ini merupakan strategi bagisupervisor dalam aktivitas mempengaruhi, mengarahkan, dan memotivasiindividu agar mencapai produktivitas yang diharapkan. Dalam pendidikan, produktivitas adalah konsep yang menghubungkan keluaran dan masukan.Pelaksanaan supervisi yang dilakukan secara intensif oleh kepala sekolahdan guru yang merupakan komponen utama dalam pelaksanaan pendidikanakan berdampak pada peningkatan kinerja secara optimal dari sumber dayayang ada dalam sistem pendidikan. Dengan aktivitas supervisi yang dilakukanoleh kepala sekolah secara intensif akan membentuk budaya kerja berkualitasdan kondusif. Aktivitas supervisi secara intensif antara lain dapat dilakukandengan cara mengamati perilaku dan kinerja, mengakui kinerja yang unggul,dan memberi umpan balik segera. Ini berarti kepala sekolah sebagai seorangsupervisor bertanggung jawab di dalam memberdayakan berbagai sumber daya yang ada dalam sistem pendidikan semaksimal mungkin untuk mencapai produktivitas pendidikan yang diharapkan. Dengan koefisien lulusan sebesar 1,00 atau mencapai 100%, dapat dijadikan sebagai salah satu indikator bahwakepala sekolah telah berhasil mengelola berbagai sumber daya yang terkait didalam sistem pendidikan tersebut.
B.RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah yang penulis gunakan sebagai acuan dalam penulisanmakalah ini adalah :1.Apakah pengertian supervise pendidikan ?2.Bagaimanakah peranan guru dalam pelaksanaan supervise pendidikan ?
 
3.Bagaimanakah implementasi guru sebagai supervisor ?
C.TUJUAN PENULISAN
Tjuan yang penulis harapkan setelah terselesaikannya makalah ini adalah :1.Mengetahui pengertian supervisi pendidikan.2.Mengetahui hubungan supervisi dengan manajemen sekolah.3.Mengetahui prinsip-prinsip dalam supervise pendidikan.4.Mengetahui peranan guru dalam pelaksanaan supervisi pendidikan.5.Mengetahui seperti apakah implementasi guru sebagai supervisor.

Activity (23)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dian Brt liked this
Erni Agustini liked this
Mhd Sukron liked this
Izoel Pohan liked this
Teh Arsya liked this
maladinartj liked this
keysakamilah liked this
abu khoir liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->