Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
63Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Pendahuluan BPH

Laporan Pendahuluan BPH

Ratings: (0)|Views: 3,215 |Likes:
Published by Rus Ikuyz
Pengetahuan itu hak setiap orang
Pengetahuan itu hak setiap orang

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Rus Ikuyz on Jul 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/15/2013

pdf

text

original

 
LP BPH (Benigna Prostat Hipertropi)
 
BPH (Benigna Prostat Hipertropi)
Pengertian
 Hipertropi Prostat adalah hiperplasia dari kelenjar periurethral yang kemudian mendesak  jaringan prostat yang asli ke perifer dan menjadi simpai bedah. (Jong, Wim de, 1998).Benigna Prostat Hiperplasi ( BPH ) adalah pembesaran jinak kelenjar prostat, disebabkanoleh karena hiperplasi beberapa atau semua komponen prostat meliputi jaringan kelenjar / jaringan fibromuskuler yang menyebabkan penyumbatan uretra pars prostatika (Lab / UPFIlmu Bedah RSUD dr. Sutomo, 1994 : 193).
Etiologi
 Penyebab terjadinya Benigna Prostat Hipertropi belum diketahui secara pasti. Tetapi hanya 2faktor yang mempengaruhi terjadinya Benigne Prostat Hypertropi yaitu testis dan usia lanjut.Ada beberapa teori mengemukakan mengapa kelenjar periurethral dapat mengalamihiperplasia, yaitu :Teori Sel Stem (Isaacs 1984)Berdasarkan teori ini jaringan prostat pada orang dewasa berada pada keseimbangan antara pertumbuhan sel dan sel mati, keadaan ini disebut steady state. Pada jaringan prostat terdapatsel stem yang dapat berproliferasi lebih cepat, sehingga terjadi hiperplasia kelenjar  periurethral.Teori MC Neal (1978)Menurut MC. Neal, pembesaran prostat jinak dimulai dari zona transisi yang letaknya sebelah proksimal dari spincter eksterna pada kedua sisi veromontatum di zona periurethral.
Anatomi Fisiologi
 Kelenjar proatat adalah suatu jaringan fibromuskular dan kelenjar grandular yang melingkariurethra bagian proksimal yang terdiri dari kelnjar majemuk, saluran-saluran dan otot polosterletak di bawah kandung kemih dan melekat pada dinding kandung kemih dengan ukuran
 
 panjang : 3-4 cm dan lebar : 4,4 cm, tebal : 2,6 cm dan sebesar biji kenari, pembesaran pada prostat akan membendung uretra dan dapat menyebabkan retensi urine, kelenjar prostatterdiri dari lobus posterior lateral, anterior dan lobus medial, kelenjar prostat berguna untuk melindungi spermatozoa terhadap tekanan yang ada uretra dan vagina. Serta menambahcairan alkalis pada cairan seminalis.
Patofisiologi
 Menurut Mansjoer Arif tahun 2000 pembesaran prostat terjadi secara perlahan-lahan padatraktus urinarius. Pada tahap awal terjadi pembesaran prostat sehingga terjadi perubahanfisiologis yang mengakibatkan resistensi uretra daerah prostat, leher vesika kemudiandetrusor mengatasi dengan kontraksi lebih kuat.Sebagai akibatnya serat detrusor akan menjadi lebih tebal dan penonjolan serat detrusor kedalam mukosa buli-buli akan terlihat sebagai balok-balok yang tampai (trabekulasi). Jikadilihat dari dalam vesika dengan sitoskopi, mukosa vesika dapat menerobos keluar di antaraserat detrusor sehingga terbentuk tonjolan mukosa yang apabila kecil dinamakan sakula danapabila besar disebut diverkel. Fase penebalan detrusor adalah fase kompensasi yang apabila berlanjut detrusor akan menjadi lelah dan akhirnya akan mengalami dekompensasi dan tidak mampu lagi untuk kontraksi, sehingga terjadi retensi urin total yang berlanjut padahidronefrosis dan disfungsi saluran kemih atas.
Tanda dan Gejala
 
y
 
Hilangnya kekuatan pancaran saat miksi (bak tidak lampias)
y
 
Kesulitan dalam mengosongkan kandung kemih.
y
 
Rasa nyeri saat memulai miksi/
y
 
Adanya urine yang bercampur darah (hematuri).
omplikasi
 
y
 
Aterosclerosis
y
 
Infark jantung
y
 
Impoten
y
 
Haemoragik post operasi
y
 
Fistula
y
 
Striktur pasca operasi & inconentia urine

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->