Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MANSUR arman UTS

MANSUR arman UTS

Ratings: (0)|Views: 420|Likes:
Published by Poema Anandana

More info:

Published by: Poema Anandana on Jul 12, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2012

pdf

text

original

 
 
TUGAS UAS MANSURTA
PEMETAAN TOPOGRAFI DI DAERAH PRAYA, LOMBOK TENGAHNUSA TENGGARA BARAT
LALU ARMAN JAYADI06.25.014INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANGFAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN2009
 
 
PENDAHULUAN
 Peta topografi 
adalah suatu peta yang memperlihatkan unsur – unsur alam dan buatan manusia diatas permukaan bumi dengan skala tertentu melalui proyeksi tertentu.,sehingga peta topografi dapat digunakan sebagai peta dasar untuk pembuatan peta – Peta topografi bersifat umum, sebab penyajian merupakan semua unsur yang ada di permukaan bumi peta lain.
Peta ini juga digunakan sebagai sarana perencanaanumum untuk suatu pekerjaan perencanaan pengembangan wilayah yangcakupannya sangat luas.
Survey Topografi dilaksanakan dengan tujuan untuk memetakan daerah besertasituasi disekitarnya sehingga dapat memberikan informasi yang jelas mengenai obyek-obyek yang ada di permukaan Bumi.Tujuan dari survey Topografi ini adalah untuk mengetahui keadaan situasi dan posisinya didaerah tepi pantai Gresik yang nantinya akan dapat dimanfaatkan sebagai peta informasi atau peta lainnya.
A.Spesifikasi Teknis Pekerjaan
Didalam pembuatan peta topografi, dalam hal ini pengukuran dilakukandidaerah Praya, Lombok Tengah, dengan luas 500 ha. Ada beberapa metode pengukuran yang akan dilakukan, antara lain :
1.
Pengamatan dilakukan dengan menggunakan Global Positioning Sistem(GPS), dengan menggunakan metode diferensial.2.Pengukuran Kerangka Kontrol-KKH (Kerangka Kontrol Horisontal)-KKV (Kerangka Kontrol Vertikal)
3.
Pengukuran situasi (detail)4.Prosesing Data dan Pelaporan
 
 
1.
Pengamatan GPS
Didalam menentukan titik kontrol, dilakuakn pengamatan dengan menggunakanGPS. Disini Kerangka Kontrol Horizontal Utama diukur dengan menggunakan GPSType Geodetic yang diikatkan dengan Titik Kontrol Nasional Bakosurtanal. Metodeyang digunakan adalah dengan menggunakan metode secara diferensial.Pada penentuan posisi secara diferensial, posisi suatu titik ditentukan relatif terhadap titik lainnya yang telah diketahui koordinatnya. Secara ilustratif metode penentuan posisi ini ditunjukkan seperti gambar berikut ini.Pada metode diferensial, yang kadang kala dinamakan metode penentuan posisirelatif, dengan mengurangkan data yang diamati oleh dua Receiver GPS pada waktuyang bersamaan, maka beberapa jenis kesalahan dan bias dari data dapat dieliminasiatau dereduksi. Pengeliminasian dan pereduksian ini akan meningkatkan akurasi dan presisi data, dan selanjutnya akan meningkatkan tingkat akurasi dan presisi dari posisi yang diperoleh. Sebagai contoh hasil pada gambar dibawah ini, yangmerupakan hasil penentuan posisi diferensial dengan menggunakan data pseudorange kode C/A

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Salman Al Parisi liked this
Akram Hasan liked this
Thoma Jaya liked this
slamdo liked this
Bobby Rifki liked this
Ferry Natahara liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->