Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
55Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rangkuman - sistem pernapasan

Rangkuman - sistem pernapasan

Ratings: (0)|Views: 5,589 |Likes:
Published by devinasafira

More info:

Published by: devinasafira on Jul 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/12/2013

pdf

text

original

 
A.SISTEM PERNAFASAN PADA MANUSIA
1.Organ-Organ Pernafasan Pada Manusia
a. Hidung
Hidung terdiri dari lubang hidung, rongga hidung, dan ujungrongga hidung. Rongga hidung banyak memiliki kapilerdarah, dan selalu lembap dengan adanya lendir yangdihasilkan oleh mukosa. Didalam hidung udara disaring daribenda-benda asing yang tidak berupa gas agar tidak masukke paru-paru. Selain itu udara juga disesuaikan suhunyaagar sesuai dengan suhu tubuh.
b.Faring
Faring merupakan ruang dibelakang rongga hidung, yangmerupakan jalan masuknya udara dsri ronggs hidung. Padaruang tersebut terdapat klep (epiglotis) yang bertugasmengatur pergantian perjalanan udara pernafasan danmakanan.
c. Laring
Laring/pangkal batang tenggorokan / kotak suara. Laringterdiri atas tulang rawan, yaitu jakun, epiglotis, (tulangrawan penutup) dan tulang rawan trikoid (cincin stempel)yang letaknya paling bawah. Pita suara terletak di dindinglaring bagian dalam.
d.Trakhea
 Trakea atau batang tenggorokan merupakan pita yangtersusun atas otot polos dan tulang rawan yang berbentukhurup ’C’ pada jarak yang sangat teratur. Dinding trakeatersusun atas tiga lapisan jaringan epitel yang dapatmenghasilkan lendir yang berguna untuk menangkap danmengembalikan benda-benda asing ke hulu saluranpernafasan sebelum masuk ke paru-paru bersama udarapenafasan.
e. Bronkus
Merupakan cabang batang tenggorokan yang jumlahnyasepasang, yang satu menuju ke paru-paru kiri dan yangsatunya menuju paru-paru kanan. Dinding bronkus terdiriatas lapisan jaringan ikat, lapisan jaringan epitel, otot polosdan cincin tulang rawan. Kedudukan bronkus yang menujukekiri lebih mendatar dari pada ke kanan. Hal inimerupakan salah satu sebab mengapa paru-paru kananlebih mudah terserang penyakit.
 f.
Bronkiolus
1
 
Bronkeolus merupakan cabang dari bronkus, dindingnyalebih tipis dan salurannya lebih tipis. Bronkeolusbercabang-cabang menjadi bagian yang lebih halus.
g.Alveolus
Saluran akhir dari saluran pernafasan yang berupagelembung-gelembung udara. Dinding aleolus sanat tipissetebal silapis sel, lembap dan berdekatan dengan kapiler-kapiler darah. Adanya alveolus memungkinkan terjadinyaluasnya daerah permukaan yang berperan penting dalampertukaran gas. Pada bagian alveolus inilah terjadipertukaran gas-gas O
2
dari udara bebas ke sel-sel darah,sedangkan perukaran CO
2
dari sel-sel tubuh ke udara bebasterjadi.
h.Paru-paru
Paru-paru terletak dalam rongga dada dibatasi oleh ototdada dan tulang rusuk, pada bagian bawah dibatasi olehotot dafragma yang kuat. Paru-paru merupakan himpunanadari bronkeulus, saccus alveolaris dan alveolus. Diantaraselaput dan paru-paru terdapat cairan limfa yang berfungsiuntuk melindungi paru-paru pada saat mengembang danmengempis. Mengembang dan mengempisnya paru-parudisebabkan karena adanya perubahan tekana rongga dada.
Paru-paru kanan
 – 
berlobus tiga
 – 
Bronkus kanan bercabang tiga
Paru-paru kiri
 – 
berlobus dua
 – 
Bronkuis kiri bercabang dua
 – 
Posisinya lebih mendatar Dibungkus oleh lapisan
 pleura
yang berfungsi menghindarigesekan saat bernafas
2.
Mekanisme Pernafasan Manusia.Pernafasan pada manusia dapat digolongkan menjadi 2,yaitu:
a.Pernafasan dada
Pada pernafasan dada otot yang erperan penting adalahotot antar tulang rusuk. Otot tulang rusuk dapat dibedakanmenjadi dua, yaitu otot tulang rusuk luar yang berperandalam mengangkat tulang-tulang rusuk dan tulang rusukdalam yang berfungsi menurunkan atau mengembalikantulang rusuk ke posisi semula. Bila otot antar tulang rusukluar berkontraksi, maka tulang rusuk akan terangkat
2
 
sehingga volume dada bertanbah besar. Bertambahbesarnya akan menybabkan tekanan dalam rongga dadalebih kecil dari pada tekanan rongga dada luar. Karenatekanan uada kecil pada rongga dada menyebabkan aliranudara mengalir dari luar tubuh dan masuk ke dalam tubuh,proses ini disebut proses ’inspirasi’Sedangkan pada proses espirasi terjadi apabila kontraksidari otot dalam, tulang rusuk kembali ke posisi semuladanmenyebabkan tekanan udara didalam tubuh meningkat.Sehingga udara dalam paru-paru tertekan dalam ronggadada, dan aliran udara terdorong ke luar tubuh, proses inidisebut ’espirasi’.
b.Pernafasan peru
Pada pernafasan ini otot yang berperan aktif adalah ototdiafragma dan otot dinding rongga perut. Bila ototdiafragma berkontraksi, posisi diafragma akan mendatar.Hal itu menyebabkan volume rongga dada bertambahbesar sehingga tekanan udaranya semakin kecil.Penurunan tekanan udara menyebabkan mengembangnyaparu-paru, sehingga udara mengalir masuk ke paru-paru(inspirasi).
B.SISTEM PERNAFASAN PADA HEWAN
1.
Pernafasan Pada Hewan Invertebrata
a.Protozoa
Sebagian besar pernafasan oleh hewan-hewan protozoadilakukan secara difusi. Oksigen (O
2
) dan karbon dioksida(CO
2
) yang terlarut dalam air, keluar masuk secara difusimelalui membran sel.Pada protozoa, masuknya oksigen dengan difusimenembus membran sel dan menuju sitoplasma. Difusidan gerakan sitoplasma mengantarkan oksigen (O
2
) kemitokondria. Oksigen digunakan untuk memecah senyawaorganik sehingga menghasilkan energi, air dankarbondioksida (CO
2
). Ketika oksigen berdifusi kedalamtubuh dan karbondioksida ke luar tubuh, oksigen (O
2
)dalam air habis dengan cepat dan begitu pula padakarbondioksida (CO
2
) tertimbun dengan cepat.Pada paramaecium silianya membantu pernafasan.Dengan pergerakan silianya air disekitarnya akanbergerak dan berarti membantu penyediaan oksigen.
b.Porifera
3

Activity (55)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
adambitor1713 liked this
Yosepha Stephani liked this
bibit28 liked this
Agoes Swagger liked this
Ira Nurpialawati liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->