Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Materi Syariah Xi Is

Materi Syariah Xi Is

Ratings: (0)|Views: 2,723 |Likes:
Published by susi_n10tangsel
MATERI AJAR AKUNTANSI SYARIAH
PENGERTIAN DAN LANDASAN HUKUM BANK SYARIAH
Pengertian Perbankan menurut pasal 1 butir 1 UU no. 7 tahun 1992 adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Jenis-jenis perbankan menurut pasal 5 UU no. 7 tahun 1992 adalah : • Bank Umum, yaitu adalah bank yang dapat memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. (pasal 1 UU no. 7/1992 tentang perbankan).



























































































































































MATERI AJAR AKUNTANSI SYARIAH
PENGERTIAN DAN LANDASAN HUKUM BANK SYARIAH
Pengertian Perbankan menurut pasal 1 butir 1 UU no. 7 tahun 1992 adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Jenis-jenis perbankan menurut pasal 5 UU no. 7 tahun 1992 adalah : • Bank Umum, yaitu adalah bank yang dapat memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. (pasal 1 UU no. 7/1992 tentang perbankan).



























































































































































More info:

Published by: susi_n10tangsel on Jul 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/24/2013

pdf

text

original

 
MATERI AJARAKUNTANSI SYARIAH
PENGERTIAN DAN LANDASAN HUKUM BANK SYARIAH
Pengertian Perbankan menurut pasal 1 butir 1 UU no. 7 tahun 1992adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuksimpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam rangkameningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Jenis-jenis perbankan menurut pasal 5 UU no. 7 tahun 1992 adalah :
Bank Umum, yaitu adalah bank yang dapat memberikan jasa dalamlalu lintas pembayaran. (pasal 1 UU no. 7/1992 tentang perbankan).
Bank Perkreditan Rakyat, adalah bank yang menerima simpananhanya dalam bentuk deposito berjangka, tabungan dan atau bentuklain yang dipersamakan dengan hal itu (pasal 1 UU no. 7/1992 tentangperbankan).
Dalam Undang-undang nomor 10 tahun 1998 pasal 1 pengertianbank, bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat disempurnakanmenjadi :
Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana masyarakat dalambenutk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam benutk kreditdan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hiduprakyat banyak.Sedangkan pengertian Bank Umum adalah bank yang melaksanakankegiatan usha secara konvensional dan atau “berdasarkan prinsip usahasyariah” yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintaspembayaran.Pengertian Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPR-Syariah) adalah bankyang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atu berdasarkanprinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalm lalulintas pembayaran.
Landasan Hukum Bank Syariah
Undang-undang nomor 7 tahun 1992 tentang perbankandisempurnakan dengan Undang-undang nomor 10 tahun 1998tentang Perubahan Undang-undang nomor 7 tahun 1992 tentangperbankan.
Dengan dikeluarkannya Undang-undang no. 10 tahun 1998, makaPeraturan Pemerintah nomor 72 tahun 1992 dan PeraturanPemerintah nomor 30 tahun 1998 sebagai tindak lanjut dari Undang-undang no. 10 tahun 1998.
 
FUNGSI BANK SYARIAH
Apabila selama ini dikenal fungsi bank konvensional adalah sebagaiintermediary (penghubung) antara pihak yang kelebihan dana danmembutuhkan dana selain menjalankan fungsi jasa keuangan, maka dalamBank Syariah mempunyai fungsi yang berbeda dengan bank konvensional.Fungsi Bank Syariah yaitu manajer inventasi, investor, Jasa keuangan dansocial. Fungsi-fungsi ini dapat diuraikan menjadi berikut :
Manajer Investasi
Salah satu fungsi bank syariah yang sangat penting adalah sebagaimanajer investasi, maksudnya adalah bahwa bank syariah tersebutmerupakan manajer investasi dari pemilik dana yang dihimpun, karenabesar-kecilnya pendapatan (bagi hasil) yang diterima oleh pemilik danayang dihimpun sangat tergantung pada keahlian,kehati-hatian, danprofesionalisme dari bank syariah.
Investor
Bank-bank Islam menginventasikan dana yang disimpan pada banktersebut (dana pemilik bank maupun dana rekening investasi) dengan jenis dan pola investasi yang sesuai dengan syariah. Investasi yangsesuai dengan syariah tersebut meliputi akad Murabahah, sewamenyewa, musyarakah, akad Mudharabah.
 Jasa Keuangan
Dalam menjalankan fungsi ini, bank syariah tidak jauh berbedadengan bank non syariah, seperti misalnya memberikan layanan kliring,transfer, inkaso, pembayaran gaji dan sebagainya, hanya saja yangsangat diperhatikan adalah prinsip-prinsip syariah yang tidak bolehdilanggar. Bank-bank Islam juga menawarkan berbagai jasa-jasakeuangan lainnya untuk memperoleh imbalan atas dasar
agency contract 
atau sewa. Contohnya meliputi
Letter of Guarantee, wiretransfer, Letter of Credits
, dll.
Fungsi Sosial
Konsep perbankan Islam mengharuskan bank-bank Islam memberikanpelayanan social melalui dana Qard (pinjaman kebajikan) atau Zakat dandana sumbangan sesuai dengan prinsip-prinsip IslamSoal :1.Jelaskan pengertian perbankan menurut pasal 5 UU no. 7 tahun19922.Jelaskan arti Bank Umum Konvensional !3.Sebutkan jenis perbankan !
 
4.Sebutkan landasan hukum Bank Syariah !5.Sebutkan dan jelaskan fungsi bank syariah ! 
ALUR OPERASIONAL BANK SYARIAH
Penghimpun danaPenyalur dana
Laporan Laba Rugi 
Dari gambar di atas dapat dijabarkan sbb:1.Dalam penghimpunan dana bank syariah mempergunakan 2prinsip yaitu :
MudharibPembagianHasil UsahaWadiah yad dhamanahBagi hasil labaPrinsip bagi hasilPrinsip jual beliMarginPrinsip ujrohSewaMudharabah Mutlaqah(Investasi tidak terikat)
Poolingdana
PembagianHasil UsahaPendapatan Mudharabah Mutlaqah(Invenstasi tidak terikat)Pendapatan berbasis imbalan(Fee base income)Agen Mudharabah Muqayyadhah(Investasi terikat)Jasa keuangan :-Wakalah-Kafalah-Shar

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Juragan Jati liked this
Heri Yulianto liked this
Cahaya HaTie liked this
Dika Ranger liked this
Nita Aoindiiztha liked this
Abdul Jalil liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->