Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
27Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tarbiyah Islamiyah Dan Madrasah Hasan Al-Banna

Tarbiyah Islamiyah Dan Madrasah Hasan Al-Banna

Ratings: (0)|Views: 477 |Likes:
Published by Dian Saputra
Semoga Allah SWT memberkati mereka.....
Semoga Allah SWT memberkati mereka.....

More info:

Published by: Dian Saputra on Jul 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/28/2013

pdf

text

original

 
DR. YUSUF AL QARDHAWY
ا اا  رو
 
(PENDIDIKAN ISLAM DANMADRASAH HASAN AL-BANNA)
Alih bahasa:
Prof. H. Bustami A. GaniDrs. Zainal Abidin Ahmad.
Cetakan pertama - 1980 (Bulan Bintang)
KATA PENGANTAR
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.Segala puji dan syukur bagi Allah Tuhan seru semesta alam, yang telah menurunkanagama Islam menjadi petunjuk bagi bani insan. Salawat dan salam sejahtera bagi junjungan kita Nabi Muhammad SAW, Rasul Allah akhir zaman, bagi keluarganya,sahabatnya dan mereka yang mengikuti sunnahnya sampai hari kemudian.Kemudian daripada itu, berkat taufik dan hidayah dari Allah SWT, kami telah dapatmenyelesaikan terjemahan buku
 At-Tarbiyah al-Islamiyah wa Madrasah Hasan Al- Banna
ke dalam bahasa Indonesia.Maksud kami dengan menterjemahkan buku yang sangat bernilai ini ialah menyebar-luaskan seperangkat sistem dan metode pendidikan dan pengarahan yang pernahditerapkan dalam sejarah agama dan umat Islam untuk memantapkan kembali nilai-nilaiIslam dalam berbagai aspek kehidupan sebagai suatu kebulatan di kalangan umatnya,yang telah bersinggungan dengan berbagai kebudayaan dan peradaban. Sistem danmetode itu pada suatu masa telah mencapai hasil gemilang dalam usaha membina umatyang dengan ikhlas berjuang dan berkorban untuk menegakkan kebenaran agama Allahyang merupakan satu-satunya kebenaran yang mampu mengantarkan manusia kepadakesejahteraan dan kebahagiaan yang menjadi idamannya.Mudah-mudahan terjemahan ini ada manfaat dan faedahnya bagi umat IslamIndonesia yang merupakan mayoritas dari penduduk negara Indonesia yang tercinta ini.Wa billahit taufik wal hidayah.Jakarta, 15 Juni1980. 1 Sya'ban 1400.
Wassalam, Penterjemah.
 
 
PENDAHULUAN
Tidaklah engkau memperhatikan tanah yang gersang lagi tandus lalu Allahmenurunkan hujan menyiraminya, maka ia menjadi subur dan menumbuhkan berbagaimacam tanaman yang indah ?Demikianlah keadaan umat Islam pada pertengahan abad ke empat belas Hijriah dansebelum lahir gerakan Ikhwanul Muslimin. Kekhalifahan sebagai manifestasi tertinggibagi masyarakat di bawah naungan panji akidah Islamiyah hancur berantakan. Negara-negara Islam pecah berkeping-keping, diperebutkan oleh negara-negara penjajah sepertiInggeris, Perancis dan lain-lainnya, sampai-sampai Belanda yang penduduknya hanyabeberapa juta jiwa dapat menguasai Indonesia yang penduduknya kira-kira seratus juta jiwa. Hukum-hukum Islam tidak dipakai lagi dan Al Qur’an mulai ditinggalkan orang.Hukum positif (hasil rumusan manusia), kebiasaan Barat dan peradaban asing menguasaikehidupan kaum muslimin terutama kaum terpelajarnya. Ini adalah sebagai akibatpenjajahan kafir memegang kendali pendidikan, pengarahan dan penanaman pengaruh.Maka lahirlah generasi-generasi yang memakai nama Islam dan mempunyai pemikiranEropa.Kerusakan yang dibawa oleh penjajahan ini menjadi satu dengan kerusakan warisanmasa kemunduran dan keterbelakangan, sehingga keadaan bertambah gawat dan penyakitbertambah parah.Allah yang menjamin akan memelihara kemurnian Al-Qur’an, kelanggengan Islamdan keunggulannya terhadap seluruh agama lain, menghendaki pembaharuan angkatanmuda pemeluk agama ini dan mengembalikan daya hidup ke dalam tubuh umat Islam.Seruan Ikhwanul Muslimin, yang didirikan oleh Hasan Al-Banna, selama lima puluhtahun telah meninggalkan "
bekas
" dan pengaruh di berbagai tempat di dunia Islam dan diluarnya.Saya menulis buku ini bukanlah untuk menguraikan sejarah gerakan IkhwanulMuslimin dan betapa pengaruhnya dalam kehidupan Mesir, negara-negara Arab dandunia Islam. Karena ini adalah tugas yang sangat berat untuk dilakukan oleh seseorangsebagai perorangan, bagaimanapun besar kemampuannya dan cukup fasilitasnya. Hal ituhanya dapat dilakukan oleh umat, yang sampai sekarang belum tampak usahanya ke arahitu, meskipun pukulan yang bertubi-tubi terhadap gerakan itu dalam setiap masa dapatdijadikan sebagian alasan, tetapi hal itu bukan satu-satunya alasan, bagi tidak adanyausaha ke arah itu.Apa yang saya uraikan dalam buku ini adalah mengenai satu segi dari sekianbanyaknya segi gerakan yang besar ini, yaitu segi pendidikan seperti yang dipahami dariajaran Islam oleh Ikhwanul Muslimin dan seperti yang mereka terapkan.Di sini saya tidak mengemukakan hal itu secara mendetail dan menyeluruh, tetapimembatasi diri pada menunjukkan ciri-ciri dan sifat-sifat yang cukup untuk menjelaskanbagaimana pemikiran gerakan itu tentang pendidikan dan usaha-usahanya dalammenerapkannya serta menjadikannya kenyataan yang hidup yang tampak dalam sikap dantingkah laku manusia.Jelas bagi orang yang mengadakan studi atau peninjauan, bahwa gerakan Ikhwanul
 
Muslimin sejak permulaannya telah membangun
 Madrasah Teladan
bagi pendidikanIslam yang benar-benar berhasil. Masalah penting yang telah diwujudkannya ialahmembentuk generasi muslim yang baru, yang memahami Islam dengan tepat dan bekerjauntuk dirinya dan keluarganya serta berjuang menegakkan agama Allah, merealisirajarannya dan mempersatukan umatnya.
Faktor-faktor Yang Mendukung Keberhasilan
1.
 
l. Iman yang tak tergoyahkan bahwa pendidikan adalah satu-satunya jalan untuk merubah masyarakat, membentuk pemimpin dan mewujudkan cita-cita.Pemimpin gerakan itu, Hasan Al-Banna, menyadari bahwa pendidikan itu jalannya panjang dan kesulitannya banyak. Hanya sedikit orang yang sabarmenempuh jalannya yang panjang dan kesulitannya yang banyak, yaitu orangyang berkemauan keras. Tetapi Hasan Al Banna yakin pula bahwa pendidikan itusatu-satunya jalan yang dapat menyampaikannya kepada tujuan dan tidak ada jalan lain lagi. Itulah jalan yang ditempuh oleh Nabi SAW untuk membentuk generasi teladan yang diridhai Tuhan, yang tidak pernah disaksikan bandingannyaoleh dunia. Mereka inilah yang melaksanakan pendidikan bagi berbagai bangsadan mengarahkannya kepada kebenaran dan kebaikan.2.
 
Rencana pendidikan mempunyai tujuan tertentu, langkah-langkah yang jelas,sumber yang terang, bagian-bagian yang saling mendukung, dengan sistemberaneka ragam dan ditegakkan atas filsafat yang jelas, digali dari ajaran Islambukan dari ajaran lainnya.3.
 
Suasana kebersamaan yang positif, yang dibina oleh jamaah. Hal itu akanmembantu setiap anggotanya untuk hidup secara Islam, melalui sugesti, contohteladan, persamaan perasaan dan tindakan. Manusia menjadi lemah bilamenyendiri dan menjadi kuat dengan jamaahnya. Jamaah merupakan kekuatanuntuk menegakkan kebaikan dan ketaatan serta merupakan perisai terhadapkejahatan dan maksiat. Dalam hadits tersebut :
 ا  ا  
"Penolongan Allah diberikan kepada jamaah "
إو ا  ا آ ا 
"
Serigala hanya memakan kambing yang tersisih dari kawanannya
"4.
 
Pemimpin yang mendidik dengan bakat, ilmu dan pengalamannya yangdianugerahkan kepadanya kekuatan iman yang luar biasa, membekas pada setiaphati orang yang berhubungan dengannya, melimpah dari hatinya ke hati orang-orang di sekitarnya. Dia seperti dinamo yang dari kekuatannya hati mereka diisidengan "
kekuatan
." Kata-kata bila keluar dari hati langsung masuk ke hati parapendengarnya tanpa permisi, tetapi bila keluar hanya dari lidah makapengaruhnya tidak akan melampaui telinga. Orang yang memiliki hati yanghiduplah yang dapat mempengaruhi pendengar dan pengikutnya. Sedangkanorang yang mempunyai hati yang mati tidaklah mampu menghidupkan hati oranglain. Sebab orang yang tidak memiliki sesuatu tidak dapat memberikannya kepadaorang lain dan wanita yang tidur tidak sama dengan wanita yang kehilangan anak.5.
 
Adalah sejumlah pendidik yang ikhlas, kuat dan terpercaya yang meyakini jalanyang dibentangkan oleh pimpinan. Mereka mempunyai pengaruh terhadap murid-muridnya dan mereka ini menjadi pendidik-pendidik bagi generasi sesudahnya,

Activity (27)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ari Usman liked this
reckyhs700 liked this
Pondok Busana liked this
rodzul87 liked this
Akira Naqh Bunda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->