Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Filsafat

Pengertian Filsafat

Ratings: (0)|Views: 416 |Likes:
Published by bhy2

More info:

Published by: bhy2 on Jul 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2013

pdf

text

original

 
Pengertian FilsafatSecara etimologis kata filsafat dalam bahasa Yunani adalah philosophia, yaitugabungan dari dua kata philia atau philen yang berarti cinta atau mencintai dan sophosyang berarti kebijaksanaan. Sementara dalam bahasa Inggris, filsafat berasal dari kata philosophy yang bisa diartikan sebagai mencintai kebajikan.Secara terminologis, dalam Kamus Filsafat (Loren Bagus, 1996:42) dijelaskan beberapa pengertian pokok tentang filsafat menurut kalangan filosof, yaitu: Pertama,filsafat merupakan upaya spekulatif untuk menyajikan suatu pandangan sistematik serta lengkap tentang suatu realitas; Kedua, merupakan upaya melukiskan hakikatrealitas akhir dan dasar serta nyata; Ketiga, filsafat merupakan upaya menentukan batas-batas dan jangkauan dari pengetahuan baik itu tentang sumber, hakikat,,keabsahan, dan nilainya; Keempat, penyelidikan kritis atas pengandaian-pengandaiandan pernyataan-pernyataan yang diajukan oleh berbagai bidang pengetahuan;Keenam, filsafat merupakan disiplin ilmu yang berupaya untuk membantu melihat apayang dikatakan dan untuk mengatakan apa yang dilihat.Endang Saifuddin Anshari (1987: 83) mengutip pernyataan Al Farabi bahwa pengertian filsafat adalah ilmu tentang alam yang maujud dan bertujuan menyelidikihakikat yang sebenarnya.Sementara menurut Immanuel Kant (Suriasumantri, 2001: 2) mengartikan filsafatsebagai dasar segala pengetahuan yang mencakup ke dalam empat persoalan:1. Apakah yang dapat diketahui ?2. Apakah yang boleh kita kerjakan?3. Sampai di manakah penghargaan kita?4. Apakah yang dinamakan manusia?Sedangkan Sumarno, Karimah, dan Damayani dalam buku Filsafat dan EtikaKomunikasi (2004: 13-14) pengertian filsafat dapat dibedakan menjadi:1. Filsafat sebagai suatu sikap. Filsafat merupakan sikap terhadap kehidupan dan alamsemesta. Bagaimana manusia yang berfilsafat dalam menyikapi hidup dan alamsekitarnya.2. Filsafat sebagai suatu metoda. Berfilsafat artinya berpikir secara reflektif, yakni berpikir dengan memerhatikan unsure di belakang objek yang menjadi pusat pemikirannya.3. Filsafat sebagai kumpulan persoalan. Befilsafat artinya berusaha untuk memecahkan persoalan-persoalan hidup.4. Filsafat merupakan sistem pemikiran. Socrates, Plato, atau Aristoteles merupakantokoh filsafat yang menghasilkan sistem pemikiran yang menjadi acuan dalammenjawab persoalan, sebagai metode, dan cara bersikap kenyataan.
 
5
. Filsafat merupakan analisis logis. Filsafat berarti berbicara tentang bahasa dan penjelasan makna-makna yang terkandung dalam kata dan pengertian. Hampir setiapfilsuf memakai metode analisis untuk menjelaskan arti istilah dan pemakaian bahasa.6. Filsafat merupakan suatu usaha memperoleh pandangan secara menyeluruh.Filsafat mencoba menggabungkan kesimpulan-kesimpulan dari berbagai macam ilmuserta pengalaman manusia menjadi suatu pandangan dunia yang menyeluruh.Sementara Muntasyir dan Munir (2002: 3) memberikan klasifikasi pengertian tentangfilsafat, sebagai berikut :1. Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepercayaan terhadap kehidupan dan alamyang biasanya diterima secara tidak kritis (arti informal).2. Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikapyang sangat kita junjung tinggi (arti formal).3. Filsafat adalah usaha untuk mendapatkan gambaran keseluruhan. Artinya filsafat berusaha untuk mengombinasikan hasil bermacam-macam sains dan pengalamankemanusiaan sehingga menjadi pandangan yang konsisten tentang alam (artispekulatif).4. Filsafat adalah analisis logis dari bahasa serta penjelasan tentang arti kata dankonsep. Corak filsafat yang demikian ini dinamakan juga logosentris.
5
. Filsafat adalah sekumpulan problema yang langsung, yang mendapat perhatiandari manusia dan yang dicarikan jawabannya oleh ahli-ahli filsafat.Mazhab FilsafatDalam realitasnya, filsafat terbagai ke dalam beberapa mazhab. Kemunculan mazhabini terutama berada di abad pertengahan sebagai konsekuensi dari munculnyagolongan-golongan pemikir yang sepaham dengan teori, ajaran, bahkan aliran tertentuterhadap tokoh-tokoh filsafat atau filsuf. Mazhab-mazhab dalam filsafat terbagai atasrasionalisme, positivisme, empirisme, idealisme, pragmatisme, fenomenologi, daneksistensialisme.Rasionalisme muncul pada abad ke-17 dan tokoh yang dikenal dalam mazhab iniadalah Rene Descrates (1
5
96-16
5
0) yang memopulerkan ungkapan cogito ergo sumyang berarti aku berpikir maka aku ada. Menurut Descrates, manusia memilikikebebasan dalam berkehendak oleh karena itu manusia dapat merealisasikankebebasannya tersebut dan kebebasanlah yang merupakan cirri khas kesadaranmanusia yang berpikir. Mazhab ini menekankan metode filsafatnya pada rasionalitasdan sumber pengetahuan yang dapat dipercaya adalah rasio atau akal. Metodededuktif menjadi metode yang popular dalam mazhab ini. Metode tersebutmenggunakan pola penalaran dengan mengambil kesimpulan dari suatu yang umumuntuk diterapkan kepada hal-hal yang khusus.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Cuan Boxer liked this
wusti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->